Mubadalah.id – Mengerikan! Seorang santri meninggal dunia dengan kondisi babak belur sekujur badan setelah sebelumnya dirundung (dibully) oleh sesama santri yang menjadi teman-temannya. Mengapa perundungan mematikan itu justru terjadi di Pesantren? Dan bagaimana kita bisa mencegah perundungan di pesantren?
Lembaga pendidikan yang nota bene mengajarkan keluhuran ilmu dan akhlak. Percaya atau tidak, tapi itulah faktanya. Sebagai orang yang juga pernah menjadi santri yang belajar dan mukim di Pesantren, perilaku perundungan sangat mungkin terjadi.
Dewasa ini perkembangan Pesantren begitu pesat. Mulai dari Pesantren yang kumuh dan minim fasilitas sampai Pesantren yang megah dan full fasilitas. Pesantren yang tidak menarik iuran kepada santrinya sama sekali, sampai Pesantren yang biayanya mahal luar biasa.
Pesantren yang santrinya puluhan, sampai Pesantren yang ribuan bahkan puluhan ribu. Inilah perkembangan Pesantren yang kompleks yang mesti menjadi perhatian para pemangku kebijakan dan umumnya masyarakat.
Ragam Latar Belakang Santri
Sependek pengalaman saya, yang dulu pernah belajar dan mukim di Pesantren salaf (Pesantren yang konsen pada fikih dan ilmu alat dengan basis pembelajaran kitab kuning). Para santri berdatangan dari berbagai daerah, latar belakang dan karakter.
Ada santri yang tidak bawa bekal sama sekali sampai santri yang serba ada, semuanya kita jumpai. Santri yang pendiam sampai santri yang petakilan dan bandel luar biasa. Bahkan hukuman cambuk, dijemur, diguyur air kotoran, dicukur sembarangan, dll, sama sekali tidak membuatnya jera.
Lebih daripada itu, selain menjadi santri, saya pernah menjadi pengurus Pesantren yang tugasnya mengawasi para santri. Pernah memarahi santri, menghukumnya dengan cambuk, gundul sembarangan dan lain sebagainya. Lalu, sebetulnya dari mana perundungan itu bermula?
Biasanya bermula dari kerumunan para santri yang tengah asyik bercanda bahkan sampai keterlaluan. Ejek-ejekan dengan sebutan nama yang tidak patut, ejek-ejekan orang tua, dst, sampai kemudian langgeng menjadi bulan-bulanan. Tidak jarang juga bermula dari perilaku ghashab (meminjam barang tanpa izin pemiliknya), apakah karena santri tersebut kita anggap pelit atau alasannya lainnya.
Bagaimana Mendeteksi Perundungan?
Dulu saat masih di Pesantren memang hampir tidak pernah merasa bahwa perundungan itu sesuatu yang membahayakan. Saya dan teman-teman di Pesantren hampir selalu menganggapnya sebagai guyonan dan humor saja.
Sangat sulit mendeteksi mana yang asli guyonan dan mana yang mengarah pada perundungan. Bagi santri, aktivitas guyon dan “gasakan” adalah cara lain untuk menghibur diri setelah penat dengan menumpuknya aktivitas di sekolah formal dan pengajian di Pesantren.
Dulu, saya hanya punya semacam kebijakan yang saya anggap diperlukan mendesak tetapi tidak pengasuh izinkan. Misalnya saya terpaksa membuat aturan sendiri atas kesepakatan para santri komplek soal kebolehan membawa hand phone, itu pun dengan syarat yang ketat, hanya boleh mereka pakai manakala di sekolah formal.
Dan segera mereka kembalikan ke kepala komplek setelah kembali ke Pesantren untuk dikumpulkan dan diberikan keesokan harinya lagi dan demikian seterusnya.
Waktu itu juga saya terpaksa membolehkan para santri untuk bermain play station. Yakni salah satu pelanggaran berat yang telah Pesantren tetapkan. Itu pun lagi-lagi saya bolehkan dengan konsekuensi apabila ketahuan, untuk tidak membangkang kalau kemudian langsung kami hukum. Termasuk mengajak para santri sebulan sekali untuk semacam liburan atau rekreasi alam.
Pola Pengasuhan dan Pengawasan
Sulit sekali saya pikir untuk bagaimana mencegah praktik perundungan di Pesantren. Untuk sekadar upaya mencegahnya tentu peran pengasuh sangat sentral. Pola pengasuhan santri dewasa ini sudah tidak lagi efektif menggunakan kekerasan fisik. Pengasuh juga mesti sering-sering mengecek keberadaan para santri secara langsung.
Para pengurus atau dewan asatidz juga demikian, agar konsep pengawasan santrinya diperkuat kemampuan dan wawasannya. Sungguh menjadi pengurus Pesantren itu berat luar biasa, mereka harus mengurusi diri sendiri sekaligus para santri yang jumlahnya tidak sedikit. Sementara di saat yang sama para pengurus tidak menerima upah.
Pola pengasuhan dan pengawasan santri dewasa ini mesti kreatif. Tingkat kebosanan para santri di Pesantren sangat mungkin dirasakan mengingat jadwal belajar yang sangat padat. Oleh karena itu aktivitas berkebun, belajar wirausaha, keterampilan, olahraga, rekreasi, curhat santri, dan lain sebagainya sangat mereka butuhkan.
Ala kulli hal, saya sangat berduka atas meninggalnya santri yang dirundung secara membabi-buta. Semoga ia mendapat kebaikan dari Allah. Dan kasus ini menjadi pelajaran bagi Pesantren-pesantren di seluruh Indonesia. Wallahu a’lam. []