Mubadalah.id – Islam telah Nabi Muhammad Saw uraikan dalam lima hal fondasi (rukun) merupakan jalan, cara, atau metode bagi manusia yang telah percaya atau beriman kepada Tuhan. Nabi Muhammad Saw memang hanya menyebutkan lima hal saja, karena lima hal itu adalah pokok atau fondasi.
Akan tetapi, pembuktian kesetiaan dan ketundukan kepada-Nya, tentu jauh lebih banyak dari itu. Seluruh bentuk kesetiaan dan pengabdian kepada Tuhan yang berdimensi lahiriah adalah syari’ah. Semuanya pada akhirnya harus mengacu pada “Syahadat Tauhid”, atau kalimat ikhlas, yakni “La Ilaha Illallah”.
Syahadat, kesaksian kepada Tuhan Yang Esa, sesungguhnya merupakan sesuatu yang intrinsik pada setiap diri manusia. Ia bersifat primordial dan telah tertanam dalam relung-relung hati manusia yang paling dalam. Ia telah ada sebelum manusia pertama dilahirkan.
Ketika manusia masih dalam bentuk potensi untuk mewujud menjadi manusia faktual dan eksistensial. Tuhan bertanya: “Alastu bi rabbikum” (Bukankah Aku Tuhanmu?). Potensi manusia itu menjawab: “Bala” (Benar sekali, Engkaulah satu-satunya Tuhanku).
Ikrar perjanjian primordial tersebut mengandung implikasi-implikasi dan refleksi-refleksi besar dan luas: moral, intelektual, dan spiritual.
Ikrar kesaksian bahwa Tuhan (Allah) adalah satu dan tidak ada sesuatu apapun yang lain yang menyekutui-Nya bukanlah sekadar pernyataan verbal individual semata. Melainkan juga seruan untuk menjadikan ke-Esa-an itu sebagai basis utama bagi pembentukan tatanan sosial-ekonomi-politik-kebudayaan masyarakat manusia.
Dimensi Individual
Pada dimensi individual, Syahadat Tauhid berarti doktrin pembebasan manusia dari segala bentuk belenggu perbudakan dalam artinya yang luas, perbudakan manusia atas manusia, perbudakan diri atas benda-benda dan atas segala bentuk kesenangan-kesenangan diri, kebanggaan diri, kebesaran diri, kebenaran diri, dan kesombongan diri. Sikap-sikap dan tindakan tersebut sama dengan menyaingi, menyekutukan dan menantang Tuhan.
Kalimat “Ia illaha” (tidak ada tuhan) merupakan pernyataan penolakan atau penegasian terhadap segala hal yang diagungkan, dipuja atau disembah.
Semua bentuk pengagungan terhadap diri sendiri atau terhadap benda-benda dan yang lain sama artinya dengan menuhankan diri sendiri atau benda-benda atau yang lain itu. Cara-cara seperti ini oleh al-Qur’an sebagai kesesatan dan menyesatkan. Ia juga dinyatakan sebagai bentuk penyekutuan terhadap Tuhan.
Dalam waktu yang sama kesaksian Tauhid: “illa Allah” (kecuali Allah) berarti mengukuhkan bahwa hanya Allah sendiri dan satu-satunya yang memiliki kebesaran, kekuasaan, dan kebenaran itu.
Sebuah hadits qudsi menyebutkan: “al-‘Izz izari wa al-kibriya ridaiy fa man naza’ani minhuma syai’an ‘adzdzabtuhu” (Kebesaran dan kekuatan adalah pakaian-Ku dan kesombongan adalah selendang-Ku. Siapa yang menantang-Ku, Aku akan menghukumnya). []