Mubadalah.id – Ada persoalan yang muncul dalam fiqh ketika seorang istri harus bekerja di luar rumah dan meninggalkan keluarganya. Para ahli fiqh sepakat bahwa apabila itu terjadi, maka dia (istri) haruslah mendapat izin suaminya.
Dia tidak boleh meninggalkan suaminya begitu saja. Pelanggaran atas kewajiban ini (izin) dapat dipandang sebagai nusyuz (tidak taat/tidak setia).
Nusyuz dapat mengakibatkan hilangnya hak nafkah bagi istri, kecuali jika nafkah yang diberikan oleh suami benar-benar tidak mencukupi kebutuhannya.
Para ahli fiqh juga berpendapat bahwa hak nafkah bagi istri menjadi hilang, apabila ia keluar rumah (untuk bekerja) tanpa izin suaminya, meskipun dia (suami) sejak semula sudah menyatakan kesediaannya menerima perempuan yang bekerja itu menjadi istrinya.
Pandangan ini berbeda dengan keputusan pengadilan Mesir yang menyatakan bahwa dia (istri) tetap berhak atas nafkahnya. Ini menurutnya adalah akibat logis dari kesediaanya mengawini perempuan yang pekerja.
Menurut para ahli fiqh klasik, seorang istri dibolehkan meninggalkan rumah, meskipun tanpa izin suaminya, jika keadaan benar-benar darurat (memaksa).
Ibnu Hajar al-Haitami ketika dimintai fatwanya mengenai istri yang ingin belajar, bekerja dan sebagainya, apakah dia boleh keluar rumah tanpa izin suaminya, menjawab:
“Ya, dia boleh keluar rumah tanpa izin suaminya untuk kondisi-kondisi yang darurat. Seperti takut rumahnya roboh, kebakaran, tenggelam, takut terhadap musuh atau untuk keperluan mencari nafkah karena suami tidak memberikannya dengan cukup atau juga karena keperluan keagamaan seperti istifta (belajar, bertanya tentang hukumhukum agama) dan semacamnya”.
Pandangan Jainuddin al-Malibari
Sejalan dengan pandangan ini adalah catatan Jainuddin al-Malibari dalam kitabnya yang cukup populer Fath al-Ma’un. Ia mengatakan bahwa seorang istri boleh keluar dari rumahnya tanpa mereka katakan sebagai istri yang nusyuz untuk hal-hal sebagai berikut:
Pertama, jika rumahnya akan roboh. Kedua, jiwa atau hartanya terancam oleh penjahat atau maling. Ketiga, mengurus hak-haknya di pengadilan.
Keempat, belajar ilmu-ilmu fardhu ‘ain atau untuk keperluan istifta (meminta fatwa) karena suaminya bodoh. Kelima, untuk mencari nafkah seperti berdagang atau mencari sedekah pada orang lain atau bekerja selama suaminya tidak bisa menafkahinya. []