• Login
  • Register
Kamis, 3 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Cara Mengatasi Perselisihan di Keluarga Menurut Buya Hamka

Salah satu penyebab utama perselisihan dalam keluarga Indonesia di era modern adalah adanya perbedaan nilai dan pandangan antar generasi

Moh. Nailul Muna Moh. Nailul Muna
05/10/2024
in Keluarga
0
Perselisihan Keluarga

Perselisihan Keluarga

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang menjadi fondasi masyarakat. Namun, di era modern, dinamika keluarga Indonesia mengalami perubahan yang signifikan, terutama terkait dengan perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi. Perubahan-perubahan ini mempengaruhi pola interaksi, nilai-nilai, serta cara pandang antaranggota keluarga, yang kerap memicu perselisihan.

Perselisihan di Keluarga

Perselisihan di keluarga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor: Pertama, perbedaan generasi dan nilai. Salah satu penyebab utama perselisihan dalam keluarga Indonesia di era modern adalah adanya perbedaan nilai dan pandangan antar generasi. Generasi tua, yang cenderung memegang teguh nilai-nilai tradisional, sering kali berbenturan dengan generasi muda yang lebih terbuka terhadap perubahan dan pengaruh global.

Kedua, tekanan ekonomi dan kesejahteraan. Biaya hidup yang semakin tinggi, tekanan untuk mencapai stabilitas keuangan, dan tuntutan karier dapat menyebabkan stres dalam rumah tangga. Dalam banyak kasus, tekanan ekonomi ini menyebabkan perdebatan tentang tanggung jawab finansial, pembagian pekerjaan rumah tangga, hingga keputusan besar terkait investasi atau pengeluaran keluarga.

Ketiga, pengaruh teknologi dan media sosial. Teknologi dan media sosial memberikan pengaruh besar terhadap dinamika keluarga modern. Penggunaan gadget yang berlebihan dan ketergantungan pada media sosial sering kali mengurangi interaksi langsung antar anggota keluarga, yang menyebabkan jarak emosional.

Media sosial juga menjadi arena di mana banyak anggota keluarga, terutama generasi muda, mendapatkan pandangan hidup yang berbeda. Di mana terkadang bertentangan dengan pandangan yang dipegang oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya. Selain itu, masalah seperti kecanduan internet, cyberbullying, dan paparan terhadap konten negatif dapat memperburuk konflik keluarga.

Baca Juga:

Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

Boys Don’t Cry: Membongkar Kesalingan, Menyadari Laki-laki Juga Manusia

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

Peran Ibu dalam Kehidupan: Menilik Psikologi Sastra Di Balik Kontroversi Penyair Abu Nuwas

Sosok Buya Hamka

Buya Hamka mempunyai nama asli Haji Abdul Malik Karim Amarullah lahir di Sumatera barat pada hari Ahad 17 Februari 1908 M. Ia terlahir dari keluarga yang taat beragama. Ayahnya Bernama Haji Abdul Karim Amarullah merupakan sosok ulama yang pernah menimba ilmu di Makkah.

Pendidikan Buya Hamka tidaklah tinggi. Terhitung sejak usia 8 hingga 15 tahun ia bersekolah di sekolah Thawalib Parabek Padang. Di sana, ia belajar tentang fiqih, nahwu, sharaf, manthiq, bayan dll. Pendidikan pada saat itu masih berbentuk sistem klasikal tanpa adanya bangku, meja dan papan tulis.

Ia terkenal bukan hanya sebagai sosok ulama, namun juga sebagai sastrawan dan juga wartawan. Kepiawaian Hamka di bidang tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol saja. Namun memang dibarengi dengan karya dan pengalaman yang ia miliki.

Sebagai sosok muslim yang terpelajar, ia berupaya menjadi tokoh pembaharu dalam berbagai aspek kehidupan umat muslim, semisal melakukan pembaharuan pendidikan Islam yang ia terapkan melalui Masjid Al-Azhar di mana bangunan tersebut bukan hanya menjadi institusi keagamaan, namun juga sebagai lembaga sosial.

Buya Hamka Berbicara Tentang Syiqāq (Perselisihan)

Buya Hamka memiliki beberapa gagasan penting tentang hak perempuan, antara kain terkait perselisihan syiqāq. Mengenai masalah tersebut, Hamka mengutip ayat berikut:

وَاِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُوْا حَكَمًا مِّنْ اَهْلِهٖ وَحَكَمًا مِّنْ اَهْلِهَا ۚ اِنْ يُّرِيْدَآ اِصْلَاحًا يُّوَفِّقِ اللّٰهُ بَيْنَهُمَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا خَبِيْرًا ٣٥ ( النساۤء/4: 35)

Terjemah:

Jika kamu (para wali) khawatir terjadi persengketaan di antara keduanya, utuslah seorang juru damai dari keluarga laki-laki dan seorang juru damai dari keluarga perempuan. Jika keduanya bermaksud melakukan islah (perdamaian), niscaya Allah memberi taufik kepada keduanya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti. (QS. An-Nisā’ [4]: 35).

Hamka berpendapat bahwa ketika terjadi perselisihan antara suami dengan istri yang tidak dapat terselesaikan lagi oleh kedua bela pihak maka diperbolehkan untuk bercerai. Namun pihak keluarga perlu untuk mempedulikan permasalahan dari keduanya.

Mengenai kasus tersebut, Hamka mengaitkannya dengan (QS. An-Nisa’ [4]: 35). Pada ayat tersebut terdapat redaksi fab’aṣū (kirimkanlah). Makna dari redaksi ini sebenarnya perintah untuk anggota keluarga, masyarakat yang punya wewenang atau hakim untuk menyelidiki apa kemauan dari dua bela pihak.

Dengan demikian, jika kita menemukan adanya keluarga yang berselisih maka harusnya ada penengah yang hadir, bisa dari keluarga, kerabat maupun orang yang mengerti agama dan hukum. Kehadiran mereka bisa menjadi mediator atas perselisihan dari kedua bela pihak.

Unsur kesetaraan juga disuarakan oleh Hamka melalui redaksi fatasrīhun bi iḥsān (berpisah dengan baik). Redaksi tersebut bagi Hamka bermakna adanya keadilan dan kesetaraan dalam bersikap yang harus diberikan oleh hakim baik kepada istri maupun suami (dua-duanya harus di posisikan secara setara dan seimbang). Wallahu A’lam. []

Tags: Buya HamkakeluargaKesalinganKonseling PernikahanPerselisihan KeluargaRelasi
Moh. Nailul Muna

Moh. Nailul Muna

Penulis berasal dari Lamongan. Ia merupakan alumni PBSB S1 UIN Sunan Kalijaga dan LPDP S2 UIN Syarif Hidayatullah dengan jurusan IAT. Latar belakang pendidikan non-formalnya yakni: PP. Matholi’ul Anwar, LSQ Ar-Rahmah, Sirojut Ta'limil Quran, Al-Munawwir, PPA. Nur Medina, dll. Beberapa kajian yang pernah digeluti penulis antara lain, kepesantrenan, Tafsir, Hadis, dan gender yang menjadi tema tesis. Pada saat ini penulis sedang mengabdi di UIN Saizu, UNU Purwokerto dan PESMA An Najah.

Terkait Posts

Marital Rape

Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

2 Juli 2025
Anak Difabel

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

1 Juli 2025
Peran Ibu

Peran Ibu dalam Kehidupan: Menilik Psikologi Sastra Di Balik Kontroversi Penyair Abu Nuwas

1 Juli 2025
Geng Motor

Begal dan Geng Motor yang Kian Meresahkan

29 Juni 2025
Keluarga Maslahah

Kiat-kiat Mewujudkan Keluarga Maslahah Menurut DR. Jamal Ma’mur Asmani

28 Juni 2025
Sakinah

Apa itu Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah?

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Boys Don’t Cry

    Boys Don’t Cry: Membongkar Kesalingan, Menyadari Laki-laki Juga Manusia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ironi: Aktivis Lingkungan Dicap Wahabi Lingkungan Sementara Kerusakan Lingkungan Merajalela

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Demianus si ‘Manusia Pembalut’ dan Perlawanan terhadap Tabu Menstruasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?
  • Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu
  • Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID