Mubadalah.id – Beberapa teks Hadis di bawah ini bisa menunjukkan kepada kita berapa jumlah mahar yang pernah ada pada masa Nabi Saw dan tercatat dalam kitab-kitab Hadis. Salah satunya adalah dalam Shahih al-Bukhari:
Dari sahabat Sahl bin Sad al-Sa’idi r.a berkata: Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw pernah berkata kepada seorang laki-laki, “Menikahlah! sekalipun (dengan mahar) berupa cincin dari besi.” (Shahih al-Bukhari, no. 5205).
Dari Ashim bin Ubaidillah, dari Abdullah bin Amir bin Rabi’ah, dari ayahnya (seorang sahabat bernama Amir bin Rabi’ah r.a) bercerita tentang seorang perempuan yang menikah dengan sepasang sandal.
Nabi Muhammad Saw menegaskan kepada perempuan tersebut, “Apakah kamu rela untuk menikah dengan mahar sepasang sandal saja?.”
Perempuan itu menjawab, “Ya, saya rela dan saya terima.” Kata Amir, pernikahan ini kemudian dibolehkan dan disahkan Nabi Muhammad Saw. (Sunan al-Tirmidzi, no. 1137).
Dalam Musnad karya Imam Ahmad, sahabat Jabir bin Abdullah r.a berkata: bahwa Rasulullah Saw bersabda, Jika ada seorang laki-laki menikahi perempuan dengan memberi mahar berupa makanan sebanyak cakupan dua telapak tangan. Maka nikahnya sah.” (Musnad Ahmad, no. 15052).
Ada catatan juga tentang jumlah mahar keluarga Nabi Saw yang terdiri dari berbagai riwayat. Ada riwayat yang menyatakan 400 dirham, ada yang menyatakan 480 dirham, dan ada juga yang menyatakan 500 dirham.
Bisa jadi jumlah ini berbeda antara satu orang keluarga, putri atau istri Nabi Saw dengan anggota keluarga yang lain.
Jumlah ini berarti dua kali lipat dari nisab zakat. Jika sekarang nisab zakat kita konversi. Maka nilainya sekitar 85 gram emas, berarti mahar keluarga Nabi Muhammad Saw ketika itu sekitar 170-210 gram emas.
Pandangan Ulama Fikih
Mayoritas ulama fikih berpendapat bahwa jumlah minimal mahar adalah harta apa pun yang memiliki nilai (ekonomis) di pasaran, misalnya cincin besi atau sepasang sandal yang bisa dijual.
Beberapa ulama fikih, seperti Ibn Hazm (w. 456 H/ 1064 M), berpandangan bahwa mahar bisa berupa apa pun selama diterima oleh pihak mempelai perempuan, termasuk satu biji gandum.
Semua ulama fikih sepakat tidak memberikan batasan tertinggi mahar. Selama calon suami bersedia dan rela dengan nilai mahar yang diberikan. Namun, nilai mahar yang baik adalah yang moderat dan tidak memberatkan pihak laki-laki. []