• Login
  • Register
Minggu, 11 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Siapa Berkata Apa

Farha Ciciek: KDRT Aib yang Justru Harus Dilaporkan

Mubadalah Mubadalah
23/09/2021
in Siapa Berkata Apa
0
KDRT adalah aib

KDRT adalah aib

134
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) telah lama menjamur di seantero dunia, termasuk dunia Islam. Di Pakistan, Maroko, Saudi Arabia, Malaysia, Mesir, tak terkecuali Indonesia. Tindak kekerasan berbentuk penganiayaan terhadap istri sudah seperti cerita biasa. Apakah KDRT adalah aib?

“Aku tidak menyukai laki-laki yang urat lehernya membengkak karena marah kepada istrinya”.

Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Azriana, menyatakan kasus yang paling banyak dilaporkan oleh korban perempuan adalah KDRT dan kekerasan seksual. Dari data yang terkumpul di tahun 2015, jenis kekerasan terhadap perempuan yang paling menonjol sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni KDRT yang mencapai angka 11.207 kasus atau 69% dari total keseluruhan. Di ranah KDRT, tercatat kekerasan fisik sebanyak 4.304 kasus (38%), kekerasan seksual 3.325 kasus (30%), psikis sebanyak 2.607 kasus (23%), dan ekonomi sebanyak 971 kasus (9%).

Ironisnya, selain adat, tafsir agama seringkali dipakai sebagai unsur pembenaran. Mengapa demikian?

Farha Ciciek, M.Si., Mantan Direktur Rahima yang kini menjadi pengasuh/fasilitator Komunitas Belajar Tanoker Jember, menyebutkan sebab-sebab mengapa KDRT masih banyak terjadi. Sebab utamanya adalah karena masih timpangnya relasi laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Sehingga di dalam rumah tangga, istri adalah sepenuhnya milik suami yang selalu harus berada dalam kontrol suami. Jika istri “keliru”, maka suami bisa berbuat apa saja agar istri “kembali ke jalan yang benar”, meskipun harus menggunakan kekerasan.

Faktor lainnya yaitu masyarakat yang tidak selalu menganggap KDRT sebagai persoalan sosial tapi lebih sebagai persoalan pribadi. Mereka enggan bertindak kalau melihat perlakuan KDRT karena takut dianggap “ikut campur” rumah tangga orang lain. Juga orang tua yang masih membesarkan anak laki-lakinya dengan ajaran bahwa laki-laki harus kuat, berani dan tanpa ampun. Yang ketika dewasa, para lelaki ini merasa benar saat melakukan kekerasan kepada istrinya. Serta pemahaman yang keliru terhadap ajaran agama yang menganggap bahwa lelaki boleh menguasai perempuan. Tafsiran semacam ini mengakibatkan pemahaman turunan bahwa agama juga membenarkan suami melakukan apapun terhadap istri dalam rangka “mendidik”.

Baca Juga:

Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

Perempuan di Ruang Domestik: Warisan Budaya dan Tafsir Agama

Masyarakat perlu sadar bahwa KDRT bukanlah masalah individu atau korban saja, tapi juga masalah sosial. Mereka seharusnya lebih peduli dan mengupayakan tindakan konkrit untuk mengatasinya. Termasuk si korban sendiri. Banyak korban yang enggan menngungkapkan tindak KDRT yang dialaminya karena merasa malu atau takut.

Telah banyak lembaga yang memberi perhatian khusus kepada masalah kekerasan terhadap perempuan, seperti Women’s Crisis Center (Pusat Pelayanan Perempuan Korban Kekerasan) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang tersebar di berbagai kawasan di Indonesia. Rumah Sakit dan pihak kepolisian juga telah mengembangkan bagian pelayanan khusus perempuan korban kekerasan.

Apakah Islam cukup peduli terhadap masalah ini?

Rasulullah Saw. sangat menaruh perhatian terhadap persoalan perempuan, termasuk masalah KDRT. Tercatat sebanyak 70 orang perempuan datang mengadu kepadanya perihal perlakuan kasar yang mereka terima dari suami-suami mereka. Bersabdalah beliau, “Para suami itu bukanlah yang terbaik di antara kalian”. Di riwayat yang lain, Nabi bersabda, “Aku tidak menyukai laki-laki yang urat lehernya membengkak karena marah kepada istrinya”.

Maka, jika dirimu dianiaya  suamimu, ungkapkanlah. KDRT adalah aib itu tidak benar. Sebagaimana yang dilakukan kaum istri di Madinah, juga Ummu Habibah ra. Islam telah memberikan jalan kepadamu untuk menuntut keadilan. Jangan ragu untuk mempermasalahkannya. Itu sesuatu yang sah dan tidak dilarang agama. Yang dilarang agama adalah menggunjing persoalan rumah tangga dengan tujuan yang tidak jelas. Bersuaralah!

 

Sumber: Keluarga Sakinah, Kesetaraan Relasi Suami Istri (Rahima, 2008)

Tags: KDRTKDRT laporkanperempuanstop kekerasan terhadap perempuan
Mubadalah

Mubadalah

Portal Informasi Popular tentang relasi antara perempuan dan laki-laki yang mengarah pada kebahagiaan dan kesalingan dalam perspektif Islam.

Terkait Posts

Sosok Nyai Hj. Hindun Anisah; Sosok Ulama Perempuan

Sosok Nyai Hj. Hindun Anisah; Sosok Ulama Perempuan

30 Desember 2022
Visi Gus Dur tentang Islam, Demokrasi, dan HAM

Visi Gus Dur tentang Islam, Demokrasi, dan HAM

24 Desember 2022
Kunci Sukses Berbisnis Bersama Pasangan

Kunci Sukses Berbisnis Bersama Pasangan

27 Oktober 2022
Hakikat Pernikahan Menurut Islam

Hakikat Pernikahan Menurut Islam Bukan Soal Kepemilikan

27 Oktober 2022
Menjamak Shalat Saat Resepsi Pernikahan

Bolehkah Menjamak Shalat Saat Resepsi Pernikahan?

21 Oktober 2022
Adab Menggelar Resepsi Pernikahan

Niat dan Adab Menggelar Resepsi Pernikahan Menurut Islam

21 Oktober 2022
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bekerja adalah

    Bekerja adalah Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak
  • Bekerja adalah Ibadah
  • Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis
  • Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?
  • Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version