• Login
  • Register
Selasa, 17 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hukum Syariat

Kehendak Bebas dan Pengalaman Perempuan

Imam Nakhai Imam Nakhai
04/09/2020
in Hukum Syariat
0
166
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mungkin sebagian penafsir akan bertanya, mengapa Allah mengurusi Perempuan yang sedang menyusui, nafkah khusus saat menyusui dan saat menyapihnya? Bukankah menyusui itu hal kecil, yang tidak perlu ada di dalam al Qur’an yg agung dan suci itu?

Mungkin saja pertanyaan itu lahir dari laki laki seperti saya yg tidak pernah mengalami bagaimana perempuan menyusui. Sekalipun kita laki laki membahasakan bagaimana beratnya perempuan menyusui dengan bahasa sehebat apapun, tetap saja kita tidak mengalaminya.

Namun, tidak bagi Allah. Pastilah Allah mengetahui bagaimana beratnya beban perempuan ketika menyusui. Sebab itulah Allah mengapresiasi dan mengabadikannya Dalam al Qur’an. Bagi Allah Perempuan yang menyusui berhak untuk mendapatkan “rizqi dan busana” tambahan yang layak selain “nafkah” sehari hari lainnya. Allah berfirman:
وَٱلۡوَ ٰ⁠لِدَ ٰ⁠تُ یُرۡضِعۡنَ أَوۡلَـٰدَهُنَّ حَوۡلَیۡنِ كَامِلَیۡنِۖ لِمَنۡ أَرَادَ أَن یُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَۚ وَعَلَى ٱلۡمَوۡلُودِ لَهُۥ رِزۡقُهُنَّ وَكِسۡوَتُهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ

Perempuan yang memiliki putra putri wajib menyusuinya dua tahun sempurna, bagi yang ingin menyempurnakan susuan. Dan bagi ayah wajib memberikan “rizqi dan busana” dengan kelayakan.

Rizqi dan busana di sini berbeda dengan “nafqah” yang harus diberikan sekalipun tidak dalam kondisi menyusui. Banyak Suami tidak menyadari bahwa ia diwajibkan oleh Allah untuk memberi rizqi dan busana tambahan saat istri sedang menyusui. Mungkin membaca ayat ini, lewat begitu saja. Sebab umumnya laki laki, jika tidak seluruhnya, tidak mengalami proses menyusui sebagaimana perempuan. Berbeda ketika membaca ayat poligami, pasti ia merenungkannya sekalipun sejenak.

Baca Juga:

Tambang Nikel dan Masa Depan yang Terancam di Raja Ampat

Melihat Istri Marah, Benarkah Suami Cukup Berdiam dan Sabar agar Berpahala?

Nabi Saw Memuliakan dan Menolak Semua Tindakan Kekerasan Terhadap Perempuan

Multitasking itu Keren? Mitos Melelahkan yang Membebani Ibu Rumah Tangga

Sebab itu, memahami, menafsirkan dan merasakan makna al Qur’an, wajib mendengarkan “suara dan pengalaman perempuan”. Sebab “makna menyusui” sebagaimana disebut al Qur’an itu berada di dalam pengalaman perempuan.
Bahkan al Qur’an, juga menegaskan bahwa keputusan apakah ingin “menyapih” atau tidak haruslah didasarkan atas “kehendak”, bukan sembarang kehendak, tapi kehendak yang berangkat dari “kerelaan hati” dan pertimbangan musyawarah.

Kehendak saja tidak cukup, tapi kehendak yang “an taradhin wa tasyawurin”. Allah berfirman:
فَإِنۡ أَرَادَا فِصَالًا عَن تَرَاضࣲ مِّنۡهُمَا وَتَشَاوُرࣲ فَلَا جُنَاحَ عَلَیۡهِمَاۗ
Jika keduanya (suami istri) berkehendak atas dasar kerelaan dan musyawarah maka tiada dosa/beban bagi keduanya.
Menarik membaca ayat ini, mengapa urusan menyapih aja kok perlu didasarkan atas kehendak yang kehendak itu didasarkan pada saling rela hati dan permusyawaratan? Kayak bahas Undang undang aja? Wong undang undang saja ada yang tiba tiba diputuskan tanpa musyawarah.

Lagi lagi ini mungkin pertanyaan laki laki. Namun jika mendengar suara dan pengalaman perempuan bisa jadi menyusui dan menyapih adalah soal kehidupan. Kehidupan perempuan.

Mengapa kehendak harus didasarkan pada “taradhin” dan “tasyawur”? Sangat mungkin, karena bisa jadi salah satu suami istri berkehendak tetapi kehendak itu lahir dari tekanan keadaan dan keterpaksaan, apalagi kehendak istri yang umumnya didasarkan pada kehendak suami.

Jadi, pesan al Qur’an sangat luar bisa, yaitu bahwa persoalan kerumahtanggaan harusnya diputuskan atas dasar kehendak yang didasarkan pada “saling rela” dan “saling musyawarah”. Pengalaman perempuan juga penting menjadi konteks pemaknaan ayat, karena Allah sendiri mendengar suara perempuan dan mengapresiasi pengalaman perempuan itu sendiri. Wallahu A’lam. []

Imam Nakhai

Imam Nakhai

Bekerja di Komnas Perempuan

Terkait Posts

Perempuan sosial

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

10 Mei 2025
Sunat Perempuan

Sunat Perempuan dalam Perspektif Moral Islam

2 Mei 2025
Metode Mubadalah

Beda Qiyas dari Metode Mubadalah: Menjembatani Nalar Hukum dan Kesalingan Kemanusiaan

25 April 2025
Kontroversi Nikah Batin

Kontroversi Nikah Batin Ala Film Bidaah dalam Kitab-kitab Turats

22 April 2025
Anak yang Lahir di Luar Nikah

Laki-laki Harus Bertanggung Jawab terhadap Anak Biologis yang Lahir di Luar Nikah: Perspektif Maqasid Syari’ah

25 Maret 2025
Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

18 Maret 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kesalehan Perempuan

    Kesalehan Perempuan di Mata Filsuf Pythagoras

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tragedi Perkosaan Massal Mei 1998 itu Nyata !!!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bagaimana Mewujudkan Perkawinan yang Kokoh dan Penuh Kasih Sayang?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pearl Eclipse: Potret Keberanian Perempuan Dalam Bela Negara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Melihat lebih Dekat Tradisi Sasi: Kearifan Lokal yang Melestarikan Laut Raja Ampat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Tambang Nikel dan Masa Depan yang Terancam di Raja Ampat
  • Melihat Istri Marah, Benarkah Suami Cukup Berdiam dan Sabar agar Berpahala?
  • Nabi Saw Memuliakan dan Menolak Semua Tindakan Kekerasan Terhadap Perempuan
  • Multitasking itu Keren? Mitos Melelahkan yang Membebani Ibu Rumah Tangga
  • Melihat lebih Dekat Tradisi Sasi: Kearifan Lokal yang Melestarikan Laut Raja Ampat

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID