Mubadalah.id – Fenomena marital rape masih saja menjadi hal yang aneh bagi sebagian orang. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa di dalam perkawinan mustahil untuk terjadi sebuah pemerkosaan. Istri masih saja dianggap sebagai pelayan suami, sedangkan suami dianggap sebagai orang yang harus dilayani. Pemahaman seperti ini menghasilkan pandangan bias yang dapat merenggut hak-hak perempuan untuk menikmati hubungan seksual dan menjaga kesehatan reproduksinya.
Islam sebagai agama yang menjujung tinggi nilai kemanusiaan sangat memperhatikan kebaikan suami dan istri terlebih dalam hal hubungan seksual. Islam mengakui seksualitas sebagai fitrah manusia yang harus dikelola sebaik-baiknya dengan cara yang baik. Allah SWT dalam Al-Qur’an berfirman: “Mereka (istri) adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka (istri)” (Q.S Al-Baqarah:187). Serta menyuruh untuk bergaul dengan cara yang ma’ruf (Q.S An-Nisa’: 19).
Kedua ayat tersebut secara jelas mengatakan bahwa suami dan istri haruslah bergaul dengan cara yang baik, sebab keduanya adalah pakaian yang berfungsi untuk saling melindungi dan menyenangkan satu sama lain. Dari sini secara jelas menegaskan bahwa Islam melarang adanya pemaksaan hubungan seksual, sebab pemaksaan hubungan seksual akan membawa mudharat bagi keharmonisan keluarga dan kesehatan seksual pasangan.
Untuk menghindari adanya marital rape dalam perkawinan, pasutri perlu memahami konsep seksual consent. Apa itu seksual consent? Seorang pakar seksolog dr. Haekal Anshari menjelaskan seksual consent adalah persetujuan afirmatif yang disampaikan secara sadar, tidak dalam tekanan, tidak dalam ancaman untuk berpartisipasi atau terlibat dalam aktivitas seksual. Segala aktivitas seksual suami istri haruslah dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak, tidak boleh menyakiti satu sama lain dan tidak boleh dengan cara yang dilarang agama.
“Kalau tidak ada kesepakatan, tidak ada seksual consent, maka hubungan seks yang dilakukan, walaupun dilakukan oleh suami istri itu sudah termasuk dalam tindakan pemaksaan, bahkan pelecehan atau pemerkosaan dan tentunya dapat melanggar hukum. Jadi seksual consent itu berbicara tentang memahami dan menghargai pasangan.” Ungkap dr. Haekal Anshari
Seksual consent ini penting dipahami karena walaupun sudah menikah, pasangan bukanlah seperti sebuah benda yang bisa diperlakukan dengan seenaknya. Hubungan seksual yang dipaksakan akan berdampak menyakitkan bagi pasangan, baik itu secara fisik maupun psikis. Tentu cara tersebut melanggar syari’at Islam yang justru menyuruh untuk bergaul dengan cara baik.
Kiai Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku Perempuan Bukan Sumber Fitnah mengatakan suami istri penting untuk saling memerhatikan kondisi pasangan ketika ingin mengajak hubungan seksual. Apakah pasangan sedang dalam keadaan badmood, sakit, lelah atau sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Keduanya harus saling berkomunikasi dan memahami satu sama lain
Penolakan atas ajakan hubungan seksual haruslah dikatakan dengan jelas. Ketika pasangan dengan jelas menolak ajakan seks, sesungguhnya itu bukan sebuah pembangkangan. Begitu juga dengan diamnya, bukan berarti pasangan diam ketika diajak berhubungan seks artinya dia menyetujui ajakan tersebut. Diam juga bukan berarti ia sedang jual mahal. Diam bukan berarti setuju.
Dalam bukunya, KH. Husein Muhammad mengutip pendapat Wahbah az-Zuhaili yang mengatakan bahwa keharusan istri melayani keinginan suami dapat dibenarkan, kecuali dalam keadaan mengerjakan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Penolakan istri juga dapat dibenarkan apabila ia merasa akan dizhalimi oleh suaminya. Jadi, istri seharusnya dapat mengungkapkan keberatannya dan suami seharusnya mau mendengarkan dan mempertimbangkannya.
Dari sini dapat diketahui betapa pentingnya suami dan istri memegang lima pilar perkawinan agar menciptakan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Lima pilar tersebut antara lain mitsaqan ghalidzan (perjanjian kokoh), berpasangan, mua’syarah bil ma’ruf (saling memperlakukan baik), musyawarah atau saling berkomunikasi dan saling ridha. Dalam hal berhubungan seksual, kelima pilar ini diharapkan dapat dipegang teguh sehingga kewajiban dan hak keduanya dapat dijalankan dan diterima dengan baik.
Keduanya harus saling memperlakukan pasangannya dengan penuh cinta kasih serta mempunyai pandangan bahwa pasangan adalah manusia yang punya otoritas atas tubuhnya sendiri. Sehingga di samping kewajibannya untuk memenuhi kebutuhan seksual pasangannya, dia juga punya hak untuk diperlakukan baik dan setara. []