• Login
  • Register
Sabtu, 24 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Membincang Konsep Mother Earth dalam Islam

Dalam tradisi nusantara, terdapat istilah “ibu pertiwi” yang merujuk pada makna bumi sebagai tempat hidup, tumbuh, serta berlindung

Ahmad Asrof Fitri Ahmad Asrof Fitri
16/08/2022
in Publik
0
Mother Earth

Mother Earth

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Narasi tentang mother earth yang biasa diterjemahkan menjadi ibu bumi, sudah ada semenjak lama dalam berbagai literature dari beragam budaya dunia. Dalam tradisi nusantara, terdapat istilah “ibu pertiwi” yang merujuk pada makna bumi sebagai tempat hidup, tumbuh, serta berlindung. Layaknya seorang ibu yang mengasihi anak-anaknya, bumi juga memberikan hampir seluruh kebutuhan manusia sejak lahir hingga meninggal dunia.

Dalam kebudayaan Yunani Kuno, kita kenal istilah Dewi Gaia. Sementara menurut kepercayaan Hindu, terdapat Dewi Bhumi. Dua tradisi tersebut secara lebih gamblang menggunakan sebutan “dewi” yang dalam bahasa Sansekerta bernama “devi” dan mempunyai makna ratu, dewa wanita, putri, dan yang mulia. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah dalam kajian keislaman juga terdapat konsep ibu bumi (mother earth)?

Penyebutan bumi (earth) dalam bahasa Arab juga dengan ardh. Secara gramatikal, lafazh ardh sendiri terkategorikan sebagai kata muannats (perempuan), sehingga menggunakan kata ganti (dhomir) hiya untuk munfashil, dan haa untuk muttashil.

Kata ardh dan derivasinya Al-Qur’an gunakan sebanyak 279 kali dalam bentuk ma’rifat dengan variasi bentuk berupa lafazh al-ardh, ardhuLlah, dan ardhu yang berkedudukan sebagai munada mufrad ma’rifat, sementara dalam bentuk nakirah 1 kali dengan lafazh ardhin.

Tafsir tentang ayat “ibu bumi”

Di antara sekian banyak ayat tersebut, yang secara implisit berhubungan dengan konsep mother earth ialah surat Hud ayat 61. Adapun maksud ayat ini adalah sebagai berikut:

… هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ (61)

Baca Juga:

Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

Konservasi Lingkungan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ekosistem Masa Depan

Tamasya “Wisata” Kota Sampah dan Pandangan Kritis Seyyed Hossein Nasr

Membaca Ensiklik Katolik Laudato Si’ Menggunakan Perspektif Mubadalah

“…Dia telah menciptakan kalian dari bumi dan menjadikan kalian pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat dekat (rahmat-Nya) dan memperkenankan (doa hamba-Nya).”

Kedekatan makna “ardh” sebagai ibu bumi (mother earth) semakin nampak jelas apabila kita membaca Tafsir Ibnu Katsir. Penjelasan Imam Ibnu Katsir dalam menguraikan makna surat Hud ayat 61 tersebut dapat kita lihat sebagaimana narasi berikut:

هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الأرْضِ أي: ابتدأ خلقكم منها، )من الأرض التي( خلق منها أباكم آدم

“Makna ayat ‘Dia telah menciptakan kalian dari bumi’ yaitu Allah memulai penciptaan kalian dari bumi (dari saripati tanah) yang dari bumi (saripati tanah) itulah Dia menciptakan ayah kalian, Adam.”

Makna Al-ardh sebagai Penciptaan Manusia

Meski ayat tersebut memakai kata al-ardh sebagai muasal penciptaan manusia. Akan tetapi makna yang paling dekat dengan lafazh tersebut adalah saripati tanah, yang menjadi asal mula Nabi Adam tercipta. Namun, perlu kita ingat, secara esensinya, tanah merupakan unsur utama dalam bumi. Sehingga secara tidak langsung, bisa kita katakan bahwa Nabi Adam Allah ciptakan dari bumi.

Ulasan lebih gamblang mengenai makna “ardh” sebagai ibu bumi dalam surat Hud ayat 61 di atas  Imam Fakhruddin Ar-Razi sampaikan dalam Tafsir Mafatih Al-Ghaib (juz 8, hlm. 431). Imam Ar-Razi menjelaskan dengan redaksi:

أن الكل مخلوقون من صلب آدم، وهو كان مخلوقاً من الأرض. وأقول: هذا صحيح لكن فيه وجه آخر وهو أقرب منه، وذلك لأن الإنسان مخلوق من المني ومن دم الطمث، والمني إنما تولد من الدم، فالإنسان مخلوق من الدم، والدم إنما تولد من الأغذية، وهذه الأغذية إما حيوانية وإما نباتية، والحيوانات حالها كحال الإنسان، فوجب انتهاء الكل إلى النبات وظاهر أن تولد النبات من الأرض، فثبت أنه تعالى أنشأنا من الأرض.

“Setiap manusia tercipta dari tulang sulbi Adam, sementara Adam diciptakan dari bumi (saripati tanah). Saya berpendapat, hal ini memang betul, namun terdapat sudut pandang lain yang lebih tepat, yaitu manusia tercipta dari mani dan dari darah haid. Mani sendiri pada dasarnya diproduksi oleh (tubuh manusia yang mayoritas dialiri) darah. Maka, bisa dikatakan, bahwa manusia itu diciptakan dari darah. Sementara itu, darah tercipta dari makanan-makanan yang dikonsumsi, baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Status hewan mirip seperti manusia (yang sama-sama mengonsumsi makanan untuk metabolisme tubuh, termasuk memproduksi darah dan zat-zat lain). Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa semuanya bersumber dari tumbuhan, sedangkan tumbuhan itu sendiri tumbuh dari bumi. Dengan demikian, jelaslah makna ayat bahwa Allah SWT menciptakan kita dari bumi.”

Pemaparan dari dua mufassir tersebut mengindikasikan bahwa kesadaran para ulama akan posisi bumi sebagai unsur utama penyokong kehidupan manusia, telah ada sejak lama, jauh sebelum terjadinya degradasi lingkungan. Bahkan, dalam narasi Imam Fakhruddin Ar-Razi, terdapat korelasi yang erat antara bumi, tanaman, dan manusia. Bumi menjadi “ibu”, tempat tersemainya sumber pangan, yang kemudian menyebabkan manusia dapat hidup dan tumbuh berkecukupan. []

 

 

 

Tags: Ibu BumiIbu PertiwiIsu LingkunganKeadilan EkologisPerubahan Lingkungan
Ahmad Asrof Fitri

Ahmad Asrof Fitri

Alumni Pesantren Mahasiswa Al-Muayyad Windan Sukoharjo. Saat ini, selain mengajar, juga aktif melakukan penelitian dan menulis buku. Aktivitasnya dapat diikuti di Instagram: @a.asrof.fitri

Terkait Posts

Ulama perempuan Indonesia

Bulan Kebangkitan: Menegaskan Realitas Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

24 Mei 2025
Kekerasan

Kasus Pelecehan Guru terhadap Siswi di Cirebon: Ketika Ruang Belajar Menjadi Ruang Kekerasan

24 Mei 2025
Memahami Disabilitas

Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

23 Mei 2025
Peran Aisyiyah

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

20 Mei 2025
Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

20 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Umat Bertanya Ulama Menjawab

    Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin: Telaah Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membaca Bersama Obituari Zen RS: Karpet Terakhir Baim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Belajar Keberanian dari Ummu Haram binti Milhan…!!!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Filosofi Santri sebagai Pewaris Ulama: Implementasi Nilai Islam dalam Kehidupan Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bulan Kebangkitan: Menegaskan Realitas Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjembatani Agama dan Budaya: Refleksi dari Novel Entrok Karya Oky Madasari
  • Bulan Kebangkitan: Menegaskan Realitas Sejarah Ulama Perempuan Indonesia
  • Kasus Pelecehan Guru terhadap Siswi di Cirebon: Ketika Ruang Belajar Menjadi Ruang Kekerasan
  • Self Awareness Ala Oh Yi Young di Resident Playbook
  • KB: Ikhtiar Manusia, Tawakal kepada Allah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version