• Login
  • Register
Rabu, 9 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah

Muhammad Abduh: Jika Nafsun Wahidah adalah Adam, Maka Adam yang Mana?

Baik laki-laki maupun perempuan esensi mereka sama, sama-sama berasal dari sari pati tanah dan air.

Leni Nur Azizah Leni Nur Azizah
30/09/2023
in Personal
0
Nafsun wahidah

Nafsun wahidah

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Banyak kalangan masyarakat mengartikan kata Nafsun wahidah adalah Adam. Hal tersebut berimbas pada munculnya sterotipe bahwa perempuan adalah makhluk kedua.

Bahkan, dunia melihat perempuan sebagai makhluk yang lemah. Hal tersebut menjadikan perempuan tersingkirkan di ruang publik.

Padahal, dalam al-Qur’an tidak pernah membedakan manusia berdasarkan jenis kelaminnya. Akan tetapi Allah SWT melihat  dari bagaimana hatinya mampu tertaut untuk selalu beribadah kepada Allah SWT.

Begitu pula seharusnya manusia memandang antar perempuan dan laki-laki setara dalam kehidupan bermasyarakat.

Penciptaan Perempuan

Perempuan selalu identik dengan kedudukannya sebagai makhluk yang tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Akan tetapi, sebenarnya al-Qur’an tidak pernah mengatakan demikian.

Baca Juga:

Melampaui Batasan Tafsir: Membebaskan Narasi Gender dalam Islam Menurut Mernissi dan Wadud

Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

Merebut Tafsir: Ketika Daya Dukung Sosial bagi Anak Melemah

Fikih Disabilitas dan Narasi Inklusif

Al-Qur’an hanya menceritakan tentang bagaimana Iblis bertinggi hati merasa sombong akan keberadaannya. Sehingga menumbuhkan rasa iri yang menghantarkan Adam dan Hawa keluar dari surga.

Cerita yang masyhur dari proses penciptaan manusia kiranya ada empat bagian: Pertama, penciptaan Adam dari tanah. Kedua, penciptaan Hawa dari tulang rusuk Adam.

Ketiga, penciptaan Isa tanpa adanya seorang ayah baik secara hukum maupun biologis. Keempat, penciptaan manusia secara menyeluruh, terbentuknya manusia secara biologis dari ayah dan ibunya.

Dalam keempat peristiwa tentang penciptaan manusia, hal yang paling kontroversial adalah tentang penciptaan hawa. Diskusi tentang apakah Hawa diciptakan dari adam atau diciptakan dari tanah sama seperti Adam itu sendiri.

Nafsun Wahidah Bukanlah Adam

Muhammad Abduh salah satu mufasir penulis kitab Tafsir Al-manar menafsirkan bagaimana penciptaan hawa dalam al-Qur’an surat an-Nisa ayat 1:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. an-Nisa ayat 1).

Menurut pendapat Abduh, makna lafadz “nafsun wahidah” bukanlah Adam. Hal ini dapat dilihat dari kalimat berikutnya, yaitu “wa bathth minhumâ rijâl kathîr wa nisâa”, yang tidak memberikan arti yang spesifik (nakirah).

Jika “nafsun wahidah” adalah Adam. Maka seharusnya kalimat berikutnya ialah “wa bathth minhumâ jâmi‘ al-rijâl wa al-nisâ'”, yang memberikan arti yang spesifik (ma‘rifah). Menurut pendapatnya, arti dari ayat tersebut  tidak menyebutkan jenis yang spesifik.

Karena panggilan (khitâb) yang ada dalam ayat tersebut ditujukan kepada semua manusia yang tidak semuanya mengetahui Adam.

Ide yang menyatakan bahwa perempuan berasal dari tulang rusuk laki-laki muncul dari konsep yang terdapat dalam “Perjanjian Lama”, yang kemudian terdampar dalam hadis-hadis dan mempengaruhi pemahaman umat Islam.

Nafsun Wahidah Menurut Faqihuddin Abdul Kodir

Banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan manusia. Penciptaan manusia yang tidak membeda-bedakan antara laki-laki maupun perempuan. Apalagi menyatakan bahwa perempuan berasal dari tulang rusuk laki-laki. Serta tidak menunjukan bahwa Nafsun Wahidah adalah laki-laki.

Seperti contoh, Ayat yang menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan manusia dari air.  Penjelasan tersebut salah satunya terdapat dalam Qur’an Surat al-Anbiya ayat 30:

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Allah SWT menciptakan manusia dari unsur tanah dalam Qur’an surat al-Hijr ayat 26:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.”

Serta ayat yang menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan perempuan dari hasil proses biologis reproduksi manusia. Penjelasan tersebut terdapat dalam Qur’an surat al-Mu’minum ayat 14:

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ

الْخَالِقِينَ

“Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.”

Ayat-ayat tersebut, tidak ada satupun yang menjelaskan bahwa Hawa berasal dari tulang rusuk Adam.

Kata nafsun wahidah adalah sebuah kiasan atau majaz. Sehingga terciptanya Ma’ruf dalam hubungan relasi antara laki-laki dan perempuan karena keduanya setara. Keduanya berperan sebagai Subjek.

Makna Kata Nafs wâhidah

Nafsun wahidah adalah wujud nyata awal mula penciptaan perempuan dari jiwa yang satu, bukan laki-laki maupun perempuan.

Baik laki-laki maupun perempuan esensi mereka sama, sama-sama berasal dari sari pati tanah dan air. Oleh karena itu, Nafsun wahidah bukanlah Adam, karena baik al-Qur’an maupun Hadits, keduanya tidak memuat pemaknaan Nafsun wahidah adalah Adam.

Abduh juga banyak mengutip riwayat-riwayat lain yang berkaitan dengan Adam-Adam itu dalam al-Manâr, tapi itu tidak berarti bahwa ia setuju dengan pendapat itu. Semua riwayat itu diungkap dalam rangka mendukung pendapatnya bahwa nafsun wahidah bukanlah Adam. []

 

 

Tags: AdamAyat Penciptaan ManusiaMerebut TafsirMuhammad Abduhnafs wahidahPenciptaan Perempuan
Leni Nur Azizah

Leni Nur Azizah

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu al-Qur'an dan Tafsir UIN Walisongo Semarang

Terkait Posts

Pernikahan Tradisional

Sadar Gender Tak Menjamin Bebas dari Pernikahan Tradisional

8 Juli 2025
Menemani dari Nol

From Zero to Hero Syndrome: Menemani dari Nol, Bertahan atau Tinggalkan?

7 Juli 2025
Sejarah Ulama Perempuan

Mencari Nyai dalam Pusaran Sejarah: Catatan dari Halaqah Nasional “Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia”

7 Juli 2025
Hidup Tanpa Nikah

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

5 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Nikah Massal

    Menimbang Kebijakan Nikah Massal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menggugat Batas Relasi Laki-Laki dan Perempuan di Era Modern-Industrialis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sejarah Ulama Perempuan yang Membisu dalam Bayang-bayang Kolonialisme Ekonomi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Intoleransi di Sukabumi: Ketika Salib diturunkan, Masih Relevankah Nilai Pancasila?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengrusakan Retret Pelajar Kristen di Sukabumi, Sisakan Trauma Mendalam bagi Anak-anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perjanjian Pernikahan
  • Sadar Gender Tak Menjamin Bebas dari Pernikahan Tradisional
  • Kemanusiaan sebagai Fondasi dalam Relasi Sosial Antar Manusia
  • Menanamkan Jiwa Inklusif Pada Anak-anak
  • Meruntuhkan Mitos Kodrat Perempuan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID