• Login
  • Register
Minggu, 2 April 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Pemikiran Buya Husein Bercorak Post-Tradisionalis

Fachrul Misbahudin Fachrul Misbahudin
29/03/2019
in Aktual
0
Pemikiran Buya Husein yang bercorak Post-Tradisionalis

Sekretaris Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU KH. Marzuki Wahid

40
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalahnews.com,- Buku terbaru KH. Husein Muhammad merupakan karya yang mencoba menafsirkan, reinterpretasi, kontekstualisasi, dan rekonstruksi pemahaman atas teks-teks keagamaan. Menariknya buku ini mengajak pembaca untuk tidak meninggalkan teks, tetapi teks sebagai basis epistemologi.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU KH. Marzuki Wahid, MA ketika menyampaikan materi pada acara bedah buku “Islam Tradisional Yang Terus Bergerak” di Aula lantai 2 kampus 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Senin, 25 Maret 2019.

“Buya Husein masa mudanya adalah masa tuanya, dan masa tuanya adalah masa mudanya. Itu yang saya sebut pemikiran Buya Husein memiliki corak post-tradisionalis,” kata Kang Jek, panggilan akrabnya.

Ia menilai, Buya Husein betul-betul menyelami Islam tradisionalis, bukan hanya di permukaannya saja, tetapi sampai ke dalam. Melalui buku ini, Buya Husein mengajak pembaca untuk maju tanpa meninggalkan teks. Hal ini berbeda dengan orang-orang modernis.

“Buya Husein pernah mengatakan bagaimana kita maju tanpa meninggalkan teks. Karena selama ini banyak orang pengen maju, modern, progresif lalu menyalahkan teks. Teks ini disalahkan,” kata Kang Jek.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja
  • Bagaimana al-Qur’an Berbicara Mengenai Gender?
  • Bibit Kekerasan Simbolik di Lembaga Pendidikan
  • Merayakan Kehadiran Laki-laki Baru

Baca Juga:

Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja

Bagaimana al-Qur’an Berbicara Mengenai Gender?

Bibit Kekerasan Simbolik di Lembaga Pendidikan

Merayakan Kehadiran Laki-laki Baru

Jika masih menyalahkan teks, lanjut dia, artinya orang itu sudah sangat terbelakang. Hal ini berbeda dengan orang tradisionalis. Justru Buya Husein tidak menyalahkan teks, tetapi turats dijadikan sebagai basis epistemologi.

Menurutnya, buku ini mengulas bagaimana Buya Husein melihat pesantren secara anatomis, geneologis dan kitab kuning. Buya Husein dalam bukunya menjelaskan bahwa kitab kuning itu kelebihan yang dimiliki pesantren.

“Menurut saya cukup membantu, (karena) buku ini menjelaskan bagaimana memahami pesantren,” ungkapnya.

Sebab, Kang Jek melihat di pesantren banyak menyediakan beberapa literatur tentang peradaban keislaman yang dulunya sangat luar biasa. Namun, Kang Jek mengingatkan agar memahami kitab kuning tidak secara tekstualis, karena hal itu akan mengembalikan kezumudan.

“Zumud artinya tidak bergerak, tidak maju, karena itu adalah konstruksi masa lalu. Nah Buya Husein banyak mengkritik soal ini. Pesantren masih diperlukan sebagai basis, tetapi kalau itu-itu (tekstualis) saja, maka tidak akan berkembang,” jelasnya.

Selain itu, Buya Husein merupakan kiai pesantren yang berbasis epistimologi dan berani menghadapi isu-isu gender, pluralisme, demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai tantangan.

“Dia (Buya Husein) pernah mengatakan bahwa kita tidak bisa menolak demokrasi. Tidak bisa menolak HAM, juga tidak bisa menolak gender dan seterusnya. Karena ini zamannya, peradabannya seperti ini,” tegasnya.

Buya Husein adalah sosok yang ahli bidang keilmuan, keislaman dan pesantren yang berani merespon isu-isu tersebut. Sebab, Buya Husein menemukan koesistensi antara Islam dengan isu-isu kontemporer ini.

“Semoga pemikiran-pemikiran Buya Husein terus menghadirkan Islam solihun likulli zamanin wa makan  (Islam yang relevan sesuai dengan tempat dan waktu). Dimana Islam itu hadir,” tutupnya.

Untuk diketahui, Majelis Mubadalah ke-19 yang digelar Yayasan Fahmina dan Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir (IAT) Pascasarjana UIN Walisongo itu diikuti puluhan mahasiswa dan para dosen. (RUL)

Tags: Buya HuseinGenderhamislam tradisionalkontekstualLakpesdammajelis mubadalahpesantrenpost-tradisionalisUIN Walisongo
Fachrul Misbahudin

Fachrul Misbahudin

Biasa disapa akrab dengan panggilan Arul, lulusan S1 Ekonomi Syariah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, tukang masak di gunung, tapi lebih banyak diam, mendengarkan dan menulis.

Terkait Posts

Puasa Dalam Perspektif Psikologi

Puasa Dalam Perspektif Psikologi dan Pentingnya Pengendalian Diri

28 Maret 2023
Perempuan Ngaji

Jogan Ramadhan Online: Pengajian Khas Perspektif dan Pengalaman Perempuan

27 Maret 2023
Zakat Perempuan Korban Kekerasan

Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

20 Maret 2023
Aman Indonesia

AMAN Indonesia Terpilih sebagai Inisiator Program Berkelanjutan pada RAN PE Awards 2023

15 Maret 2023
P2GP haram

Tindakan P2GP yang Membahayakan Tanpa Alasan Medis Hukumnya Haram

9 Maret 2023
sampah

Musyawarah Keagamaan KUPI Tetapkan Hukum Pembiaran Sampah yang Mengancam Perempuan Adalah Haram

9 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Kehilangan Sosok Ayah

    Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah Harus Menjadi Tujuan Bersama, Suami Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah Adalah Sarana untuk Melakukan Kebaikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ini Jumlah Mahar Pada Masa Nabi Muhammad Saw
  • Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri
  • Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya
  • Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan
  • Menikah Harus Menjadi Tujuan Bersama, Suami Istri

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist