• Login
  • Register
Kamis, 3 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Perempuan Bukan Sekadar Oposisi bagi Laki-Laki

Feminisme tidak bekerja dalam kerangka persaingan, melainkan untuk mewujudkan kesalingan antara laki-laki dan perempuan agar keduanya bisa hidup berdampingan secara adil.

Rizki Eka Kurniawan Rizki Eka Kurniawan
23/03/2021
in Personal
0
Perempuan

Perempuan

123
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Perang antara laki-laki dan perempuan sama tuanya dengan perang antar kelas. Hampir di sepanjang sejarah peradaban manusia, isu-isu mengenai kesetaraan gender selalu menjadi topik panas yang pernah habis diperbincangkan. Dominasi kaum laki-laki terhadap peran sosial, politik, hukum, dan ekonomi membuat kaum laki-laki menjadi kaum superior yang memegang kunci pembangun peradaban dan menjadikan perempuan hanya sebagai korban dari setiap prodak yang diciptakan oleh laki-laki.

Perempuan hanya bisa menikmati, namun tidak bisa berkreasi menciptakan sesuatu sendiri. Hampir di semua aspek kehidupan, segala sesuatu merupakan produk dari laki-laki. Bahkan nilai-nilai hukum dan norma yang berlaku di masyarakat selalu dibuat berdasarkan sudut pandang laki-laki. Peran perempuan untuk mencipta sangat terbatas dan sedikit memegang peranan penting. Secara tidak langsung, patriarki memaksa perempuan untuk mengalah dan menyerahkan dirinya untuk diekploitasi.

Dominasi kaum laki-laki memberikan ancaman bagi kebebasan perempuan untuk berekspesi secara utuh sebagai manusia. Acaman tersebut memberikan tekanan psikis yang mengakibatkan ketidaknyamanan yang mendorong perempuan untuk melakukan perlawanan.

Perlawanan tersebut terlihat dari banyaknya aliran gerakan feminisme yang lahir di seluruh dunia, mulai dari: Ekofeminisme, Feminisme agama, Feminisme-anarki, Feminisme Cyborg, Feminisme faham pemisahan, Feminisme individualis, Feminisme liberal, Feminisme Marxisme, Feminisme psikoanalisis, Feminisme radikal, Feminisme sosialis dan masih banyak lagi aliran feminisme yang tak mungkin saya sebutkan satu per satu pada tulisan ini.

Dalam tulisan ini kita akan mencoba mengkaji gerakan feminisme menggunakan perspektif psikoanalisis, secara alamiah semenjak lahir manusia dibekali mekanisme pertahanan (deface mechanism) untuk melindungi pikiran, diri, dan ego dari kecemasan atau pun sangsi sosial. Anna Freud membagi deface mechanism menjadi lima mekanisme utama: represi, regresi, proyeksi, pembentukan reaksi, dan sublimasi.

Baca Juga:

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

Feminisme sendiri terlahir karena tekanan dan ketidakadilan yang dialami oleh perempuan akibat sitem partiarki yang membudaya, membuat perempuan merasa tersisihkan dan hanya dijadikan sebagai subordinat. Ketidaknyamanan perempuan atas perlakuan masyarakat partriarki memunculkan refleks alami berupa perlawanan untuk merenggut kembali kebebasan. Refleks perlawanan tersebut terjadi akibat adanya mekanisme pertahanan yang tertanan dalam alam bawah sadar manusia, sehingga perlawanan perempuan melalui gerakan feminisme pun tak terhindarkan!

Namun yang dibicarakan oleh Anna Freud mengenai lima mekanisme utama adalah mekanisme yang berlaku secara personal, bukan mekanisme yang berlaku secara kolektif. Hal ini tidak bisa kita pakai untuk mengurai mekanisme pertahanan kaum perempuan secara kolektif yang selama bertahun-tahun hidup dalam ancaman superioritas laki-laki.

Pembentukan reaksi yang ditunjukkan kaum perempuan lebih rumit dari sekedar prilaku obsesif yang berlawanan, yang dicontohkan dengan cinta dialami sebagai formasi reaksi melawan kebencian. Ketidakterimaan perempuan terhadap superioritas laki-laki yang berlebihan memunculkan reaksi perlawanan yang agresif dan obsesif sehingga terjadi penyimpangan-penyimpangan pada nilai-nilai awal dari feminisme.

Feminisme yang seharusnya bersifat non-kompetitif dalam arti bukan persaingan untuk menjadi dominan antara laki-laki dan perempuan melainkan kolaborasi antara keduanya dalam masyarakat yang berkeadilan. Adanya miskonsepsi terhadap feminisme membuat dipandang sebagai gerakan yang menganggap laki-laki sebagai musuh yang harus dikalahkan. Laki-laki yang memiliki superioritas dilawan oleh perempuan yang membangun superioritasnya sendiri yang mencoba meruntuhkan supremasi laki-laki.

Menggunakan superioritas sebagai senjata untuk melawan superioritas tak akan menyelesaikan permasalahan malah hanya akan menambah permasalahan dan mengakibatkan persaingan ketat antara laki-laki dan perempuan—persaingan yang ketat membuat peperangan antar kedua jenis kelamin semakin brutal dan merusak keduanya.

Sebab di antara keduanya baik laki-laki maupun perempuan memiliki kebutuhan yang tak bisa mereka cukupi sendiri. Keduanya diciptakan untuk saling melengkapi dan memenuhi agar di antara keduanya bisa saling mewarnai satu sama lain. Sebagaimana al-Qur’an sebutkan dalam surah Q.S. Al-Baqarah ayat 187:

“…istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.”

Keduanya ibarat pakaian yang saling menutupi kelemahan satu sama lain dan saling memberikan kenyamanan, kehangatan dan perlindungan di kehidupan. Laki-laki dan perempuan sama-sama saling membutuhkan. Feminisme tidak bekerja dalam kerangka persaingan, melainkan untuk mewujudkan kesalingan antara laki-laki dan perempuan agar keduanya bisa hidup berdampingan secara adil. Untuk bisa mendapatkan kesamaan hak sebagaimana hak-hak yang diperoleh oleh laki-laki, perempuan tidak harus menjadi oposisi bagi laki-laki.

Feminisme harus bisa melampaui naturalisme dan esensialisme kehidupan. Tujuan feminisme tidak sebatas untuk membebaskan perempuan dari belenggu patriarki, lebih dari itu. Tujuan feminisme yang sebenarnya adalah untuk membuat laki-laki dan perempuan saling memanusiakan satu sama lain. Sebab Kemanusiaan lebih penting dari pada gender! []

 

Tags: feminismegerakan perempuankeadilanKemanusiaaKesetaraanlaki-laki
Rizki Eka Kurniawan

Rizki Eka Kurniawan

Lahir di Tegal. Seorang Pembelajar Psikoanalisis dan Filsafat Islam

Terkait Posts

Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Humor Seksis

Tawa yang Menyakiti; Diskriminasi Gender Di Balik Humor Seksis

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Wahabi Lingkungan

    Ironi: Aktivis Lingkungan Dicap Wahabi Lingkungan Sementara Kerusakan Lingkungan Merajalela

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Boys Don’t Cry: Membongkar Kesalingan, Menyadari Laki-laki Juga Manusia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Demianus si ‘Manusia Pembalut’ dan Perlawanan terhadap Tabu Menstruasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?
  • Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu
  • Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID