Mubadalah.id – Pagi, 24 Maret 2023, Aliansi PTRG menggelar serial suluh yang sudah masuk diskusi ketiga. Tema yang diangkat menarik “Profil Gender: Data Pembuka Mata Untuk Kebijakan Perguruan Tinggi Responsif Gender”.
Di sesi diskusi, seorang peserta mengirim pesan pertanyaan. Bagaimana caranya membaca profil gender (yang lebih banyak berisi data pilah) dengan perspektif gender? Bagaimana memastikan bahwa regulasi yang dihasilkan dari pembacaan profil gender sudah adil gender?
Pertanyaannya sederhana, tetapi jawabannya sulit. Sungguh. Mengapa? Karena perspektif gender adalah satu pisau hanya bisa kita pakai jika penggunanya benar-benar memiliki sensitivitas. Dan sensitivitas itu haruslah kita uji terus-menerus.
Membaca pertanyaan itu di chatbox zoom, ingatan saya tetiba melayang ke Chimamanda Ngozi Adiche yang menulis sebuah buku kecil berjudul A Feminist Manisfesto. Buku kecil ini yang dengan sangat baik juga sederhana menjelaskan bagaimana pentingnya perspektif gender—yang hasilnya tidak akan pernah dimiliki oleh pendekatan lain.
Menelisik Pemikiran Chimamanda
Chimamanda, kalau tidak salah ingat, menggambarkan dua orang suami istri kelas bawah yang bersama-sama berjuang mendapatkan haknya atas upah layak. Mereka berdua berdemonstrasi menuntut hak bersama dengan buruh laki-laki dan perempuan lainnya yang bernasib serupa. Pada cerita itu kita bisa melihat bahwa di ruang publik (pabrik) laki-laki dan perempuan dari kelas bawah rentan mengalami ketidakadilan.
Namun, Saudara, apa kaya Chimamanda? Ketika sepasang suami istri itu pulang ke rumah, suamilah “atasan” dari istri—yang tadi sama-sama berjuang bersama menuntut keadilan. Pulang dari demonstrasi, si istri memasak, merapikan rumah, mengurus anak, sementara si suami asik sendiri dengan rokok dan pikirannya. Padahal, keduanya sama-sama mencari nafkah sebagai buruh di siang hari.
Tanpa perspektif gender, kata Chimamanda, kita tidak akan pernah tahu ketimpangan yang terjadi pada pasangan buruh tadi. Masyarakat menormalkan beban ganda bagi perempuan. Mencari nafkah sekaligus menjadi penanggung jawab utama dalam urusan rumah tangga. Sementara laki-laki terbebas dari urusan domestik.
Seberapa pun laki-laki tertindas di luar rumah, ketika ia kembali ke dalam rumah, ia adalah raja. Oleh karena itu, perspektif perempuan haruslah terus menerus diinsafi bukan hanya menjadi sebuah perspektif atau pendekatan semata. Ia harus juga menelusup jauh ke dalam relung kemanusiaan setiap orang.
Memastikan Keadilan Gender
Lalu bagaimana caranya untuk memastikan bahwa perspektif atau cara pandang kita terhadap sesuatu itu sudah adil gender? Caranya mudah. Kita bisa melihat dengan detail, apakah ada salah satu pihak dari dua jenis kelamin, terutama perempuan, mengalami ketidakadilan—yang kalau dalam pandangan Nur Rofiah—dalam pengalaman sosial dan pengalaman biologisnya.
Oleh karenanya, setiap angka (data) tak boleh kita biarkan begitu saja tanpa pemaknaan dengan perspektif gender, termasuk adalah profil gender. Profil gender tidak semata-mata hanya sebatas angka dan data pilah berbasis jenis kelamin dari semua unsur yang ada di perguruan tinggi atau wilayah, tetapi juga harus kita ketahui relasi kuasanya yang ia miliki.
Mengapa? Sebab, hal-hal yang privat memiliki hubungan yang sangat erat dengan ruang publik. Misalnya, dosen-dosen yang mampu memproduksi pengetahuan, seperti melalui buku, jurnal, riset, atau posisi-posisi strategis di perguruan tinggi umumnya adalah laki-laki. Kenapa? Karena selepas mengajar di kampus, laki-laki punya banyak waktu untuk mengembangkan kapasitasnya. Sementara dosen perempuan harus kembali berkutat dengan tugas-tugas domestik yang tak pernah selesai dikerjakan.
Pun kita juga harus melihat bahwa ruang publik juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam pengambilan keputusan privat seseorang. Contohnya apa? Lha, kok bisa? Bisa, bahkan sangat bisa. Pada beberapa kasus, banyak perempuan yang memilih untuk tidak memiliki anak karena regulasi yang tidak adil di ruang kerjanya.
Misalnya, bagaimana tempat kerja yang punya kebijakan memutus kontrak karyawan jika hamil atau memiliki anak karena dianggap mengganggu produktifitas. Bahkan di iklan lowongan kerja, tak jarang kita melihat kriteria yang tercantumkan adalah “single”, padahal status single ini tidak memiliki pengaruh pada kompetensi pekerjaan. []