• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja

Seberapa pun laki-laki tertindas di luar rumah, ketika ia kembali ke dalam rumah, ia adalah raja. Oleh karena itu, perspektif perempuan haruslah terus menerus diinsafi bukan hanya menjadi sebuah perspektif atau pendekatan semata

Aida Nuril Aida Nuril
27/03/2023
in Personal
0
Profil Gender

Profil Gender

799
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pagi, 24 Maret 2023, Aliansi PTRG menggelar serial suluh yang sudah masuk diskusi ketiga. Tema yang diangkat menarik “Profil Gender: Data Pembuka Mata Untuk Kebijakan Perguruan Tinggi Responsif Gender”.

Di sesi diskusi, seorang peserta mengirim pesan pertanyaan. Bagaimana caranya membaca profil gender (yang lebih banyak berisi data pilah) dengan perspektif gender? Bagaimana memastikan bahwa regulasi yang dihasilkan dari pembacaan profil gender sudah adil gender?

Pertanyaannya sederhana, tetapi jawabannya sulit. Sungguh. Mengapa? Karena perspektif gender adalah satu pisau hanya bisa kita pakai jika penggunanya benar-benar memiliki sensitivitas. Dan sensitivitas itu haruslah kita uji terus-menerus.

Membaca pertanyaan itu di chatbox zoom, ingatan saya tetiba melayang ke Chimamanda Ngozi Adiche yang menulis sebuah buku kecil berjudul A Feminist Manisfesto. Buku kecil ini yang dengan sangat baik juga sederhana menjelaskan bagaimana pentingnya perspektif gender—yang hasilnya tidak akan pernah dimiliki oleh pendekatan lain.

Menelisik Pemikiran Chimamanda

Chimamanda, kalau tidak salah ingat, menggambarkan dua orang suami istri kelas bawah  yang bersama-sama berjuang mendapatkan haknya  atas upah layak. Mereka berdua berdemonstrasi menuntut hak bersama dengan buruh laki-laki dan perempuan lainnya  yang bernasib serupa. Pada cerita itu kita bisa melihat bahwa di ruang publik (pabrik) laki-laki dan perempuan dari kelas bawah rentan mengalami ketidakadilan.

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Persoalan Gender dalam Fikih Kesaksian

Wajah Perempuan Bukan Aurat, Tapi Keadilan yang Tak Disuarakan

Bagaimana Gerakan Kesalingan Membebaskan Laki-laki Juga?

Namun, Saudara, apa kaya Chimamanda? Ketika sepasang suami istri itu pulang ke rumah, suamilah “atasan” dari istri—yang tadi sama-sama berjuang bersama menuntut keadilan. Pulang dari demonstrasi, si istri memasak, merapikan rumah, mengurus anak, sementara si suami asik sendiri dengan rokok dan pikirannya. Padahal, keduanya sama-sama mencari nafkah sebagai buruh di siang hari.

Tanpa perspektif gender, kata Chimamanda, kita tidak akan pernah tahu ketimpangan yang terjadi pada pasangan buruh tadi. Masyarakat menormalkan beban ganda bagi perempuan. Mencari nafkah sekaligus menjadi penanggung jawab utama dalam urusan rumah tangga. Sementara laki-laki terbebas dari urusan domestik.

Seberapa pun laki-laki tertindas di luar rumah, ketika ia kembali ke dalam rumah, ia adalah raja. Oleh karena itu, perspektif perempuan haruslah terus menerus diinsafi bukan hanya menjadi sebuah perspektif atau pendekatan semata. Ia harus juga menelusup jauh ke dalam relung  kemanusiaan setiap orang.

Memastikan Keadilan Gender

Lalu bagaimana caranya untuk memastikan bahwa perspektif atau cara pandang kita terhadap sesuatu itu sudah adil gender? Caranya mudah. Kita bisa melihat dengan detail, apakah ada salah satu pihak dari dua jenis kelamin, terutama perempuan, mengalami ketidakadilan—yang kalau dalam pandangan Nur Rofiah—dalam pengalaman sosial dan pengalaman biologisnya.

Oleh karenanya, setiap angka (data) tak boleh kita biarkan begitu saja tanpa pemaknaan dengan perspektif gender, termasuk adalah profil gender. Profil gender tidak semata-mata hanya sebatas angka dan data pilah berbasis jenis kelamin dari semua unsur yang ada di perguruan tinggi atau wilayah, tetapi juga harus kita ketahui relasi kuasanya yang ia miliki.

Mengapa? Sebab, hal-hal yang privat memiliki hubungan yang sangat erat dengan ruang publik. Misalnya, dosen-dosen yang mampu memproduksi pengetahuan, seperti melalui buku, jurnal, riset, atau posisi-posisi strategis di perguruan tinggi umumnya adalah laki-laki. Kenapa? Karena selepas mengajar di kampus, laki-laki punya banyak waktu untuk mengembangkan kapasitasnya. Sementara dosen perempuan harus kembali berkutat dengan  tugas-tugas domestik yang tak pernah selesai dikerjakan.

Pun kita juga harus melihat bahwa ruang publik juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam pengambilan keputusan privat seseorang. Contohnya apa? Lha, kok bisa? Bisa, bahkan sangat bisa. Pada beberapa kasus, banyak perempuan yang memilih untuk tidak memiliki anak karena regulasi yang tidak adil di ruang kerjanya.

Misalnya, bagaimana tempat kerja yang punya kebijakan memutus kontrak karyawan jika hamil atau memiliki anak karena dianggap mengganggu produktifitas. Bahkan di iklan lowongan kerja, tak jarang kita melihat kriteria yang tercantumkan adalah “single”, padahal status single ini tidak memiliki pengaruh pada kompetensi pekerjaan. []

 

 

Tags: GenderkeadilanKesetaraanPerguruan TinggiProfil GenderPusat Studi Gender dan Anak
Aida Nuril

Aida Nuril

Founder Afkaruna dan Peneliti di Rumah Kitab

Terkait Posts

Bangga Punya Ulama Perempuan

Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

20 Mei 2025
Aeshnina Azzahra Aqila

Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

20 Mei 2025
Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version