• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Rekontruksi Peran Gender dalam Tradisi Sahur

Mari jadikan Ramadan ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali pandangan kita terhadap peran gender dalam berbagai aspek kehidupan

Aditya Firmansyah Aditya Firmansyah
14/03/2024
in Personal
0
Tradisi Sahur

Tradisi Sahur

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ramadan menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya terbatas pada umat Muslim saja yang merayakannya. Tetapi juga banyak non-Muslim sangat antusias dalam menyambut bulan suci yang di dalamnya banyak kegiatan momental tersebut. Salah satu di antaranya adalah momen sahur.

Tradisi sahur adalah momen di mana umat muslim makan dan minum sebelum memulai puasa. Mulai dari setelah dibunyikannya tanda imsak sampai terdengar lantunan adzan maghrib, tanda buka puasa sudah tiba.

Saat waktu sahur, kalian pasti tidak asing mendengar marbot atau penjaga masjid membangunkan penduduk untuk melaksanakan sahur. Ia menggunakan toa masjid sampai seluruh penduduk mendengar. Tidak henti-hentinya, banyak marbot yang mencoba untuk berkreasi menggunakan kata-kata yang unik dalam mempersuasi penduduk. Tujuannya  agar tertarik lalu segera untuk bangun dari tidurnya. Lebih-lebih dapat menghibur dan melahirkan tanda tawa bagi penduduk.

Bias Gender

Sayangnya, dalam praktik itu, upaya marbot untuk membangunkan tidak selamanya mulus. Masih banyak marbot-marbot masjid yang masih terbelenggu dalam budaya patriarki, sehingga terdapat makna bias gender yang terkandung dalam kata-kata yang ia ucapkan dalam membangunkan sahur tersebut.

Misalnya, kalian pernah mendengar marbot masjid berkata begini dalam membangunkan sahur di masjid,

Baca Juga:

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

Tafsir Sakinah

Islam Menolak Kekerasan, Mengajarkan Kasih Sayang

“Bagi ibu-ibu yang sudah bangun untuk bisa segera untuk memasak, karena waktu imsak akan dikumandangkan beberapa menit lagi..”

Dalam ucapan marbot tersebut, seakan-akan tugas memasak untuk sahur, utamanya pekerjaan masak itu sendiri masih sering mereka anggap sebagai pekerjaan yang seharusnya dan hanya dilakukan oleh perempuan.

Pandangan seperti ini tidaklah sepenuhnya tepat. Jika kita melihat peradaban yang semakin inklusif membuka diri terhadap baik laki-laki atau perempuan dalam menjalankan hak yang sama. Sekarang sudah banyak kita temukan perempuan karir ataupun sebaliknya laki-laki yang bekerja dalam ranah domestik. Sebenarnya tidak ada perbedaan atau ketimpangan dalam sebuah profesi. Semuanya mulia dalam mensejahterakan kehidupan bersama keluarga.

Rekonstruksi Peran Perempuan

Dalam konteks ini, penting untuk merekontruksi pandangan marbot masjid yang masih terbelenggu pada budaya patriarki terhadap peran perempuan. Perempuan tidak sebagai pelayan dapur sehingga banyak pekerjaan dapur yang seharusnya dan hanya boleh perempuan lakukan. Laki-laki juga punya tanggung jawab dan partisipasi terhadap itu.

Hakikatnya, antara laki-laki (baca: suami) dan perempuan (baca: istri) tidak memiliki pekerjaan mutlak. Sehingga pekerjaan itu hanya boleh dilakukan oleh salah satu entitas tersebut. Tapi keduanya memiliki bagian integral dalam menjaga kebersamaan dan keharmonisan dalam menjalankan unsur-unsur kehidupan secara bersama. Termasuk dalam menyediakan hidangan sahur.

Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip kesetaraan gender dalam Islam. Di mana Islam mengajarkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam menjalankan perintah agama. Dalam konteks sahur, sekali lagi baik laki-laki maupun perempuan memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan hidangan sahur, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyadari bahwa memasak untuk sahur, utamanya pekerjaan memasak sendiri, bukanlah pekerjaan yang harus perempuan pikul sendiri. Peran marbot masjid dalam membangunkan untuk sahur adalah bagian dari kontribusi masjid untuk menjaga kesejahteraan penduduk dalam menjalankan ibadah puasa. Namun sepatutnya kata-kata yang terkandung untuk membangunkan sahur tidak bias gender atau dapat mendiskriminasi salah satu gender tertentu.

Dengan demikian, mari kita jadikan Ramadan tahun ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali pandangan kita terhadap peran gender dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam tradisi sahur. Semoga dengan pemahaman yang lebih baik tentang kesetaraan gender dalam Islam, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan adil bagi semua umat. []

 

Tags: GenderislamKesetaraanramadanTradisi Sahur
Aditya Firmansyah

Aditya Firmansyah

Mahasiswa Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peminat kajian keislaman dan gender. Bisa disapa di ig: aditiyul_

Terkait Posts

Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Beda Keyakinan

    Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID