• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Sastra

The World of The Married: Ironi Perempuan yang Dipaksa Kalah

Cut Novita Srikandi Cut Novita Srikandi
20/05/2020
in Sastra
0
The World of the Married

The World of the Married

77
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

The World of The Married merupakan drama korea yang terbilang sukses menjadi tontonan fenomenal di tengah merebaknya pandemi corona di seluruh dunia. Tidak mengherankan, karena drama ini disebut-sebut telah berhasil mendapatkan rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Korea.

Di Indonesia sendiri, drama ini menjadi topik perbincangan yang hangat oleh sebagian masyarakat yang saat ini tengah menikmati anjuran pemerintah untuk tetap “stay home”. Bagi sebagian besar masyarakat penikmat drama, The World of The Married memiliki sensasi tersendiri karena berhasil mengaduk-aduk emosi penonton, terlebih ceritanya yang terpusat pada permasalahan rumah tangga.

Tema drama ini sebenarnya sederhana, yakni tentang pengkhianatan seorang suami yang berakibat pada hancurnya kebahagiaan rumah tangga yang telah dibina selama lima belas tahun. Tema sederhana ini kemudian menjadi menarik sebab alur cerita dalam setiap episode dibuat menegangkan sehingga mengundang rasa penasaran penontonnya.

Namun, apabila dipandang lebih dalam lagi dengan pespektif gender, ternyata drama ini merepresentasikan perempuan secara ironis. Hampir seluruh tokoh-tokoh perempuan di dalam The World of The Married dipaksa kalah!

Tokoh Utama Ji Sun-woo digambarkan sebagai perempuan cantik, cerdas, cakap sehingga ia diangkat menjadi direktur muda dari sebuah rumah sakit terkenal di kotanya. Tidak sampai di situ, Ji Sun Woo juga digambarkan sebagai istri dan ibu yang sangat memperhatikan keluarganya.

Baca Juga:

Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

Bias Kultural dalam Duka: Laki-laki Tak Boleh Sepi, Perempuan Harus Mengisi

Bukan Tak Mau Menikah, Tapi Realitas yang Tak Ramah

Di tengah kesibukannya sebagai perempuan pekerja, Sun-woo tetap melaksanakan peran gandanya sebagai ibu rumah tangga. Ia tidak melupakan pekerjaan domestiknya seperti memasak, membereskan rumah dan menyetrika baju.

Sun-woo merupakan sosok ideal dari perempuan urban. Akan tetapi ironisnya, sosok yang digambarkan ideal ini tidak memenangkan pertarungan bahkan sampai di akhir cerita. Pada konflik awal drama ini, Sun-woo dikhianati oleh suaminya, tetapi di episode penutup Sun-woo tetap harus menanggung derita atas keputusan yang ia ambil untuk berpisah dari suaminya yaitu kesepian dan kesendirian.

Bahkan, Sun-woo harus kehilangan anak yang sekian lama ia perjuangkan. Ironi yang sama juga berlaku pada tokoh-tokoh perempuan lainnya seperti Yeo Da-kyung, Go Ye-rim, dan Myung-Sook yang juga digambarkan sebagai orang-orang yang kalah di dalam drama ini.

Da-kyung misalnya, yang digambarkan sebagai perempuan yang sangat terobsesi pada suami Sun-woo. Obsesinya membuat Da kyung melakukan segala cara demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Yang menjadi ironis di sini adalah bahwa Da-kyung sebenarnya seorang perempuan cantik, kaya dan pintar tetapi ia malah digambarkan jatuh cinta pada lelaki pengangguran, suami orang pula.

Sementara itu, tokoh lainnya, Go Ye-rim digambarkan sebagai perempuan yang sangat patuh pada suami, ibu rumah tangga yang hidupnya ia dedikasikan untuk melayani dan mengurus sang suami. Namun ironisnya dalam drama ini, ia digambarkan tidak memiliki keturunan dan beberapa kali dikhianati oleh suaminya.

Tokoh lainnya yang juga banyak dibicarakan dalam drama ini adalah Hyun-seo, merupakan perempuan yang berulang kali ia mendapat kekerasan dan pemukulan oleh kekasihnya dan Myung-sook, yang digambarkan sebagai dokter ambisius dan telat menikah sehingga beberapa kali sering dicemoohi di beberapa adegan.

Gambaran-gambaran perempuan yang dipaksa kalah pada The World of The Married seolah telah melegalkan beberapa stigma yang melekat pada kaum perempuan di tengah masyarakat patriarki. Misalnya, stigma mengenai “wanita karir” yang tidak akan pernah bisa menyelamatkan rumah tangganya yang terlihat pada penggambaran tokoh Ji Sun-woo yang harus menelan pil pahit, kehilangan keluarganya.

Atau stigma “perawan tua” yang disebabkan terlalu asyik bekerja yang terlihat pada tokoh Myung-sook yang digambarkan sebagai dokter yang ambisius akan jabatan. Stigma “pelakor” juga muncul di tengah masyarakat saat membicarakan tokoh Da-kyung, terlepas dari hubungannya dengan suami orang atas dasar “suka sama suka”. Stigma “mandul” yang berakibat ketidakharmonisan keluarga juga muncul saat melihat tokoh Go Ye-rim.

Tidak ada satu tokoh perempuan pun dalam drakor  The World of The Married ini yang digambarkan sebagai subjek utuh, mereka selalu dikaitkan pada posisi relasi gendernya dengan laki-laki. Dan jika mereka mencoba untuk keluar dari itu, mereka akan dipaksa kalah (seperti Ji Sun-woo dan Go Ye-rim) atau dihilangkan dari cerita (Da Kyung dan Hyun Seo).

Sedangkan tokoh laki-laki, meskipun tidak menang, tapi di akhir cerita mereka mampu mengatasi masalah dengan sangat baik. Saya sebagai penonton sedikit kecewa karena efek “jera” tidak dimunculkan oleh drama ini.

Ironis sekali melihat tokoh Le Tae-oh yang akhirnya dimaafkan oleh sang istri, kembali merintis karirnya setelah perbuatan dan kejahatan yang telah ia lakukan. Begitu juga dengan Je – hyuk yang mendapatkan kekasih sesuai keinginannya setelah pengkhianatan yang ia lakukan terhadap Go Ye Rim.

Berbagai ketimpangan yang disajikan drama ini (terutama ending cerita) telah menunjukkan ideologi gender teks yang berat sebelah, yaitu melahirkan stigma-stigma perempuan yang dipaksa kalah dalam tatanan masyarakat partiarki. []

Tags: Film KoreapernikahanResensi FilmReview FilmThe World of the Married
Cut Novita Srikandi

Cut Novita Srikandi

Alumni Women Writers Conference Mubadalah tahun 2019, Dosen dan Peneliti Sastra

Terkait Posts

Kapan Menikah

Jangan Tanya Lagi, Kapan Aku Menikah?

29 Juni 2025
Luka Ibu

Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir Bagian II

15 Juni 2025
Abah dan Azizah

Jalan Tengah untuk Abah dan Azizah

8 Juni 2025
Luka Ibu

Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)

1 Juni 2025
Menjadi Perempuan

Menjadi Perempuan dengan Leluka yang Tak Kutukar

25 Mei 2025
Pekerja Rumah Tangga

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

11 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kritik Tambang

    Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh
  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID