Mubadalah.id – Alam memberi manfaat banyak kepada manusia. Sekalipun alam nampak kecewa, ia akan tetap memberi. Memberi teguran, setidaknya. Baru-baru ini kabar menggembirakan viral bersumber dari wilayah Kudus, salah satu sudut kabupaten di Jawa Tengah. Sebuah praktik toleransi terpotret menggetarkan dalam sebuah foto. Seorang muslimah korban banjir terlihat sedang melakukan ruku’ dalam shalatnya di ruangan gereja yang khas dengan ornamen salibnya.
Viralnya potret-potret epic semacam ini biasanya berlangsung secara singkat dan setelah sampai pada titik euforianya, dipastikan akan lenyap begitu saja. Tapi mari kita tilik barang sebentar value apa yang disuguhkan dari keviralan ini.
Fenomena lahirnya sikap toleransi ditengah himpitan keadaan itu nyata adanya serta bisa dibuktikan oleh siapa saja. Tentu bagi mereka yang mau saja. Dalam kasus viral ini, bisa dibayangkan. Bagaimana mungkin pemangku gereja atau jamaahnya melarang muslimah menunaikan shalat di gerejanya sedang kondisi mengharuskan semuanya berjalan demikian. Semua itu tentu mengalir saja. Berjalan secara natural. Yang menyebut-nyebut itu sebagai sebuah toleransi tentulah interpretasi dari pihak di luar mereka.
Sekali lagi, semesta memang dipekerjakan Tuhan dengan sangat hebat. Melalui alam-lah, manusia kadang dipaksa untuk berbuat kebaikan termasuk didalamnya arena memupuk pertumbuhan sikap toleransi. Sayangnya, apa memang perlu alam marah dahulu lantas manusia baru bertindak?
Banyak dari kita yang sebenarnya mempraktikkan toleransi natural ini dalam kehidupan sehari-hari. Berapa banyak dari kita memiliki teman non-muslim yang kemudian meninggalkan sejenak aturan hitam-putih hukum mengucapkan selamat natal. Bukankah secara otomatis kita akan mengucapkan selamat natal kepada teman kita yang non-muslim itu?
Apakah kita sempat berpikir hukum dosa atau tidak saat itu? Jika disuruh memilih, tentu pilihannya jatuh pada lebih baik mengucapkan selamat natal dibanding harus bersikap diam, dingin, tidak menyapa. Apa kabar pertemanan kita dihari-hari setelah kejadian tidak mengucap selamat natal itu? Disinilah etika kemanusiaan tepo sliro yang diajarkan agama perlu dijalankan.
Sikap toleran dengan demikian merupakan fitrah atau potensi yang ada pada setiap diri manusia. Selayaknya fitrah baik lain dalam diri manusia seperti fitrah suci, fitrah tunduk, potensi-potensi semacam ini tetap perlu diasah. Hal ini juga berlaku untuk sikap toleran.
Permasalahannya selama ini adalah banyak yang tidak mau mencoba atau bahkan menutup diri dalam menumbuhkan sikap toleran yang sudah menjadi modal awal yang diberikan Tuhan kepada manusia. Jika tidak pernah diasah, potensi toleran dalam diri manusia ini tentu akan terkikis.
Pemuka agama yang berbicara toleransi, tentulah mereka-mereka yang pernah dihadapkan langsung dengan realitas kemajemukan atau dalam bahasa popular dikenal dengan pluralitas. Sebagai contoh pemuka-pemuka agama seperti Prof. Nadirsyah Hosen yang bersinggungan langsung dengan masyarakat non-muslim Australia, maka tidak mengherankan jika produk pemikiran dan gerak lakunya tentu tidak lepas dari koridor toleransi agama dan kemanusiaan.
Tidak harus pemuka agama yang pernah tinggal di dunia sekuler, banyak contoh pemuka-pemuka agama daerah yang menjunjung tinggi toleransi ditengah masyarakat Indonesia yang plural. diantara pemuka agama tersebut adalah Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan). Bagaimana Habib Luthfi sangat menghormati pemuka agama lain dengan duduk bersama mengadakan forum-forum lintas agama untuk saling berbagi ilmu.
Tulisan ini hanya ingin menekankan bahwa toleransi bukan lagi sebuah wacana yang berputar-putar dalam imajinasi tidak bisa termanifestasi dalam laku sehari-hari. Bahwa toleransi adalah produk keluaran dunia Barat yang penuh dengan proyek-proyek konspirasi tersembunyi. Berhenti mendengungkan toleransi jika tidak disertai dengan aksi.
Seseorang bisa merasakan toleransi hanya jika ia terjun langsung. Mendapati pengalaman mempraktikkan toleransi secara langsung. Bagaimana seorang yang terhimpit kesulitan bencana alam masih saja harus ditanya apa agamanya? Setelah dicecar pertanyaan itu lantas dialihkan bantuannya karena sebab jawaban agamanya itu. Tentu tidak demikian, bukan? Inilah toleransi.
Bagaimana seorang yang tinggal di negeri orang bersandingan dengan tetangga beda agama tidak saling menyapa, tidak saling mengucapkan selamat di hari-hari besar masing-masing sedang keluarga mereka berada jauh di sana. Hanya ada tetangga yang bisa disapa. Alangkah sepi dunia, mereka menghabiskan hari-hari di negeri orang hanya dengan mengurung diri melewatkan momen bahagia menyambut hari besar agama.
Keluarlah, berbagi kebahagiaan dengan yang lainnya. Sampaikan pada mereka yang bukan golongan kita bahwa toleransi saling memahami itu indah. Bukankah mereka yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dalam kemanusiaan? (Ali bin Abi Thalib). []