Mubadalah.id – Pandemi covid-19 telah berimbas ke mana-mana. Tidak cuma kesehatan, melainkan juga secara ekonomi dan keuangan. Ada banyak perusahaan yang dilaporkan gulung tikar selama 2020 hingga 2021. Dari bisnis skala besar hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai keluhan yang nyaris sama, yakni mengaku berat berakrobat di tengah keharusan pembatasan mobilitas warga demi mencegah penularan wabah.
Dampak lanjutannya, tak sedikit pabrik dan kantor-kantor mengambil opsi pengurangan buruh maupun karyawan lewat pemutusan hubungan kerja (PHK). Sebagai bentuk efisiensi, pesangon pun belum tentu dibayar penuh.
Lengkaplah sudah. Bangkrut, katanya.
Tetapi, benarkah istilah ‘bangkrut’ seperti itu tepat didefinisikan sebagai akhir dari segala-galanya? Bukankah jatuh bangun dalam bisnis, usaha, dan menggeluti mata pencaharian adalah sesuatu yang niscaya dan biasa? Dan tidakkah peluang untuk terus bertahan, bangkit, dan maju selalu ada selama nyawa masih dikandung badan?
Ya, bangkrut secara ekonomi masih bisa diikhtiari untuk pulih kembali. Apalagi, peningkatan angka kasus penularan covid-19 yang disebut-sebut sebagai faktor utamanya sudah mulai kian reda. Asalkan punya semangat, harapan, serta doa, semua itu bisa diambil hikmah sebagai pengalaman dan pelajaran berharga. Bismillah.
Melampaui Kebangkrutan
Ada makna kebangkrutan lain yang mestinya lebih dikhawatirkan generasi bangsa. Ialah kebangkrutan secara moral dan agama. Multi dampak pandemi covid-19 juga merambah hingga ke ruang paling personal ini. Seseorang bisa tampak begitu rapuh dan limbung hingga merusak sisi psikologis dan berbuntut problem-problem sosial.
Contoh itu bisa dibaca dari beberapa sumber berita yang mengabarkan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) meningkat selama pandemi covid-19. Dan sebagian besar korbannya adalah perempuan yang lekat dengan streotipe kerja-kerja domestik. Efek penurunan geliat ekonomi yang menimpa sang suami, berujung pada pelampiasan tak masuk akal di ranah rumah tangga.
Inilah makna kebangkrutan yang sebenarnya. Kondisi ini muncul di kala seseorang sudah tak bisa lagi mampu mengendalikan diri dan berpikir secara tenang, sehat, dan normal. Ia melulu beranggapan bahwa sukses gagal ditentukan oleh faktor x alias terbiasa mencari kambing hitam.
Orang-orang seperti ini cenderung mendekati status kebangkrutan total. Betapa tidak, kondisi ekonomi dan problematika hidup lainnnya yang semestinya bisa ditenangkan, diuraikan, bahkan dimotivasi kembali di lingkup keluarga paling inti, justru ia rusak sendiri hingga menjadikan tak ada lagi tempat berpijak, tak ada lagi dukungan, hingga menambah keruwetan konflik yang kian bertumpuk dan tak berkesudahan.
Kebangkrutan ini dimulai dari keroposnya bangunan moral dan agama dalam menjalani prinsip hidup. Kebangkrutan ini pun bisa melanda siapa saja. Itu makanya, kebangkrutan moral, bisa saja diidap oleh seseorang yang sudah tampak saleh dari sisi spiritual.
Islam mencegah kebangkrutan diri
Berperilaku baik kepada orang lain adalah pokok ajaran Islam. Semakin tinggi jiwa kemanusiaan seseorang, kian luhur pula derajat keimanan itu bisa ternilai. Sedangkan lingkup orang lain yang paling dekat adalah keluarga. Orang-orang yang masih gampang bermain kasar kepada istri, anak, dan orang tua sudah bisa disebut sebagai orang-orang yang telah memunggungi ajaran-ajaran agama.
Islam mengamanatkan seluruh anggota keluarga agar memiliki sikap sabar dan tidak mudah marah, tidak saling menyalahkan, menghakimi, terlebih melakukan tindak kekerasan. Saling memahami adalah kebaikan paling paripurna dalam sebuah relasi. Jika tidak, pondasi keluarga akan mudah runtuh, hingga kemudian tinggal menunggu waktu pecahnya keluarga menjadi cerai berai, berantakan.
Amanat Islam mengenai pentingnya menjaga moral diri demi menghindari kebangkutan hakiki ini sebagaimana yang telah didawuhkan Nabi Muhammad Saw;
اَلْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَ اْلأِثْمُ مَا حَاكَ فِى صَدْرِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاس
“Kebajikan adalah akhlak yang mulia. Adapun dosa yaitu apa yang engkau gelisahkan di hatimu dan engkau tidak suka kalau ada orang yang mengetahuinya.”
Berlaku baik di ruang rumah tangga yang personal adalah akhlak mulia. Sementara berbuat kasar adalah aib yang pelaku sendiri sudah barang tentu akan menyembunyikannya dari publik. Sebab, ia tahu dan sadar, telah mengalami kebangkrutan paling hakiki. []