• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Pandemi Covid-19 dan Kebangkrutan Hakiki

Ada makna kebangkrutan lain yang mestinya lebih dikhawatirkan generasi bangsa. Ialah kebangkrutan secara moral dan agama

Thoah Jafar Thoah Jafar
10/01/2022
in Hikmah
0
Qadha Puasa, dan Praktik Kesalingan dalam Fikih Mubadalah

Qadha Puasa, dan Praktik Kesalingan dalam Fikih Mubadalah

275
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pandemi covid-19 telah berimbas ke mana-mana. Tidak cuma kesehatan, melainkan juga secara ekonomi dan keuangan. Ada banyak perusahaan yang dilaporkan gulung tikar selama 2020 hingga 2021. Dari bisnis skala besar hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai keluhan yang nyaris sama, yakni mengaku berat berakrobat di tengah keharusan pembatasan mobilitas warga demi mencegah penularan wabah.

Dampak lanjutannya, tak sedikit pabrik dan kantor-kantor mengambil opsi pengurangan buruh maupun karyawan lewat pemutusan hubungan kerja (PHK). Sebagai bentuk efisiensi, pesangon pun belum tentu dibayar penuh.

Lengkaplah sudah. Bangkrut, katanya.

Tetapi, benarkah istilah ‘bangkrut’ seperti itu tepat didefinisikan sebagai akhir dari segala-galanya? Bukankah jatuh bangun dalam bisnis, usaha, dan menggeluti mata pencaharian adalah sesuatu yang niscaya dan biasa? Dan tidakkah peluang untuk terus bertahan, bangkit, dan maju selalu ada selama nyawa masih dikandung badan?

Ya, bangkrut secara ekonomi masih bisa diikhtiari untuk pulih kembali. Apalagi, peningkatan angka kasus penularan covid-19 yang disebut-sebut sebagai faktor utamanya sudah mulai kian reda. Asalkan punya semangat, harapan, serta doa, semua itu bisa diambil hikmah sebagai pengalaman dan pelajaran berharga. Bismillah.

Baca Juga:

Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

Kisah Rumi, Aktivis, dan Suara Keledai

Hari Kemenangan dan 11 Bulan Kemudian

Doa Rasulullah dan Ulama Salih di Akhir Ramadan

Melampaui Kebangkrutan

Ada makna kebangkrutan lain yang mestinya lebih dikhawatirkan generasi bangsa. Ialah kebangkrutan secara moral dan agama. Multi dampak pandemi covid-19 juga merambah hingga ke ruang paling personal ini. Seseorang bisa tampak begitu rapuh dan limbung hingga merusak sisi psikologis dan berbuntut problem-problem sosial.

Contoh itu bisa dibaca dari beberapa sumber berita yang mengabarkan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) meningkat selama pandemi covid-19. Dan sebagian besar korbannya adalah perempuan yang lekat dengan streotipe kerja-kerja domestik. Efek penurunan geliat ekonomi yang menimpa sang suami, berujung pada pelampiasan tak masuk akal di ranah rumah tangga.

Inilah makna kebangkrutan yang sebenarnya. Kondisi ini muncul di kala seseorang sudah tak bisa lagi mampu mengendalikan diri dan berpikir secara tenang, sehat, dan normal. Ia melulu beranggapan bahwa sukses gagal ditentukan oleh faktor  x alias terbiasa mencari kambing hitam.

Orang-orang seperti ini cenderung mendekati status kebangkrutan total. Betapa tidak, kondisi ekonomi dan problematika hidup lainnnya yang semestinya bisa ditenangkan, diuraikan, bahkan dimotivasi kembali di lingkup keluarga paling inti, justru ia rusak sendiri hingga menjadikan tak ada lagi tempat berpijak, tak ada lagi dukungan, hingga menambah keruwetan konflik yang kian bertumpuk dan tak berkesudahan.

Kebangkrutan ini dimulai dari keroposnya bangunan moral dan agama dalam menjalani prinsip hidup. Kebangkrutan ini pun bisa melanda siapa saja. Itu makanya, kebangkrutan moral, bisa saja diidap oleh seseorang yang sudah tampak saleh dari sisi spiritual.

Islam mencegah kebangkrutan diri

Berperilaku baik kepada orang lain adalah pokok ajaran Islam. Semakin tinggi jiwa kemanusiaan seseorang, kian luhur pula derajat keimanan itu bisa ternilai. Sedangkan lingkup orang lain yang paling dekat adalah keluarga. Orang-orang yang masih gampang bermain kasar kepada istri, anak, dan orang tua sudah bisa disebut sebagai orang-orang yang telah memunggungi ajaran-ajaran agama.

Islam mengamanatkan seluruh anggota keluarga agar memiliki sikap sabar dan tidak mudah marah, tidak saling menyalahkan, menghakimi, terlebih melakukan tindak kekerasan. Saling memahami adalah kebaikan paling paripurna dalam sebuah relasi. Jika tidak, pondasi keluarga akan mudah runtuh, hingga kemudian tinggal menunggu waktu pecahnya keluarga menjadi cerai berai, berantakan.

Amanat Islam mengenai pentingnya menjaga moral diri demi menghindari kebangkutan hakiki ini sebagaimana yang telah didawuhkan Nabi Muhammad Saw;

اَلْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَ اْلأِثْمُ مَا حَاكَ فِى صَدْرِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاس

“Kebajikan adalah akhlak yang mulia. Adapun dosa yaitu apa yang engkau gelisahkan di hatimu dan engkau tidak suka kalau ada orang yang mengetahuinya.”

Berlaku baik di ruang rumah tangga yang personal adalah akhlak mulia. Sementara berbuat kasar adalah aib yang pelaku sendiri sudah barang tentu akan menyembunyikannya dari publik. Sebab, ia tahu dan sadar, telah mengalami kebangkrutan paling hakiki. []

Tags: BeragamaHikmahKebangkrutanPandemi Covid-19
Thoah Jafar

Thoah Jafar

Pengasuh Ponpes KHAS Kempek Cirebon

Terkait Posts

KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat Perempuan

Dalil Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jam Masuk Sekolah

    Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kursi Lipat dan Martabat Disabilitas
  • Jalan Tengah untuk Abah dan Azizah
  • 7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT
  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID