Mubadalah.id – Dalam sebuah refleksi akhir sebuah pelatihan tentang mubadalah dan keadilam hakiki, yang diadakan Rahima, bersama sekitar 40-an laki-laki, para kepala KUA dan penghulu kabupaten Tanggamus dan Lampung Timur, 3-4 Desember 2019, ada peserta yang khawatir kepemimpinan perempuan.
“Perempuan jika semakin pintar dan mandiri akan melupakan laki laki, mencampakkan, dan bisa jadi menistakan dan menzaliminya,” tegas peserta tersebut.
“Belajar dari gugat cerai oleh para perempuan, yang sadar dan mandiri. Laki-lakinya nangis darah sekalipun, minta tidak dicerai, mereka tetap menceraikan dan meninggalkanya. Kasus ini banyak di Lampung,” tambahnya.
“Bagaimana mubadalah menjawab kekhawatiran ini?” tanyanya kepada saya.
“Justru mubadalah sebagai perspektif kesalingan relasi, ingin menguatkan keduanya, agar laki-laki, dengan apapun yang dimiliki, tidak mencampakkan dan menistakan perempuan, sebagaimana dilakukan beberapa laki-laki. Begitupun perempuan, dengan kesadaran dan pencapaian apapun, tidak lalu menghina dan merendahkan laki-laki. Keduanya harus saling mengakui, menghargai, bekerjasama, dan tolong menolong,” jawab saya menenangkan.
“Problemnya, banyak di antara perempuan yang memandang laki-laki hanya sebagai makhluk fisik, materi, dan ekonomi. Sehingga ada pemeo: ada uang abang sayang, tidak ada uang, abang ditendang. Ini masalah yang harus kita selesaikan bersama,” Bu Nyai Nur Rofi’ah mulai masuk menjawab.
“Begitupun problem kita bersama, ketika banyak laki-laki menganggap perempuan sebagai makhluk fisik seksual semata, sehingga jika tidak lagi memuaskan, akan mencari lagi yang lebih muda, dengan menceraikan istri yang tidak lagi menarik, atau mempoligaminya. Ini juga problem,” tambah Bu Nyai.
“Padahal Islam itu justru mendudukkan laki-laki dan perempuan sebagai manusia yang tidak hanya fisik, tetapi intelektual dan spiritual. Sehingga cara pandang mubadalah dan keadilan hakiki justru bagaimana menguatkan relasi keduanya untuk sama-sama meningkat dari sekedar relasi fisik, ke tahap intelektual, untuk saling mendayagunakan akal budi masing-masing, dan juga tahap spiritual untuk mengasah jiwa, hati, dan perasaan masing-masing.”
“Dengan cara pandang ini, insha Allah, tidak akan terjadi untuk saling mencampakkan atau menistakan, tetapi justru saling mengakui, menghargai, menguatkan, bersama-sama menguatkan daya dorong untuk kebaikan (amar ma’ruf) dan daya tahan dari keburukan (nahy munkar),” tegas Bu Nyai.
Saya pun menambahi dengan hasil penelitian yang sudah dibukukan menjadi “Doctrine of Athena” (2013), oleh John Gerzema dan Micheal D’Antonio, bahwa kepemimpinan masa depan, yang akan lebih memberi kesejahateraan maksimal kepada warga adalah justru perempuan, atau jikapun laki-laki, akan lebih banyak menggunakan karakter kepemimpinan perempuan. Negara-negara Skandinavia adalah contoh bagaimana ketika banyak perempuan mengisi parlemen dan eksekutif, jsutru kebijakan-kebijakan untuk kesejahteraan warga meningkat drastis.
Buku ini merupakan hasil survey terhadap 64.000 orang di 13 negara. Dari survey ini, data-data menunjukkan bahwa kepemimpinan, kesuksesan, kesejahteraan, moralitas, dan kebahagiaan lebih dekat dengan sifat-sifat dan nilai-nilai feminin. Para responden juga mayoritas lebih memilih para pemimpin yang memiliki sifat-sifat dan karakter feminin dalam mengelola pemerintahan maupun perusahaan.
Secara umum, buku ini menawarkan gagasan bahwa nilai-nilai feminin mampu menyelesaikan problem dunia paling sulit dan mampu membangun kehidupan masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Nilai-nilai feminin yang dimaksud, misalnya, kasih sayang, berbagi, komunikatif, merawat, dan mendidik. Berbanding dengan nilai-nilai maskulin seperti menguasi, mendominasi, mengontrol, memaksa, dan mendoktrin. Nilai-nilai feminin, menurut buku ini, akan menggantikan adagium politik dunia yang selama ini menyatakan: “pemenang mengambil semuanya” (The winner takes all). Melainkan, pemenang sejati adalah yang mampu memaafkan, menguatkan, dan berbagi dengan semuanya.
Buku ini mendefenisikan tidak saja emosi, empati, dan berbagai sebagai feminin, tetapi juga kerjasama, loyalitas, komitmen, fleksibilitas, kreatifitas, orisinalitas, ekspresif dan artikulatif sebagai feminin. Buku ini dengan meyakinkan meramal bahwa ke depan yang akan memimpin, baik di dunia politik maupun bisnis, adalah orang-orang yang memiliki sifat dan karakter feminin, perempuan maupun laki-laki.
So, buku ini, sedikit banyak bisa menjawab kekhawatiran beberapa laki-laki terhadap kepemimpinan perempuan. Tentu saja, yang dimaksud adalah kepemimpinan yang selalu mengimplementasikan sifat-sifat kasih sayang, berbagi, kerjasama, dan kesalingan. Yang demikian adalah justru visi Islam yang paling paripurna, yaitu rahmatan lil ‘alamin, atau menebar kasih-sayang ke segenap semesta alam.[]