Fanatik, radikal, teroris, aliran garis keras, kekerasan dan berbahaya cenderung menjadi kata-kata yang paling sering kali terlintas oleh masyarakat awam ketika mendengar kata ekstrimisme. Meski ekstrimisme sering kali dimaknai dengan hal-hal yang berbau agama, namun ternyata ada banyak hal-hal di lingkungan sehari-hari dalam berkehidupan sosial yang dapat dikatagorikan sebagai tindakan ekstrim.
Ekstrimis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2019) adalah seseorang yang melampaui batas kebiasaan (hukum dan sebagainya) dalam membela atau menuntut sesuatu. Sedangkan ekstrimisme adalah sebuah pemahaman atau konsep terhadap suatu hal yang melampaui batas kebiasaan (hukum dan sebagainya) dalam membela atau menuntut sesuatu. Menurut David Cameron (Valentia, 2018) ekstrimisme adalah bentuk penyalahgunaan kegiatan berpolitik yang memanfaatkan kelompok atau organisasi minoritas.
Ekstrimisme dibagi menjadi dua bagian yaitu ekstrimisme kanan (fundamentalis agama) dan ekstrimisme kiri (komunis). Ekstrimisme kanan biasanya dihubungkan dengan konservatisme, liberalism klasik, kelompok kanan agama. Sedangkan ekstrimisme kiri dihubungkan dengan aliran sosialis atau demokrasi sosial. Ekstrimisme dilatarbelakangi ketika adanya sikap rasisme kelompok mayoritas yang menyerang kelompok minoritas. Sikap ini pada akhirnya cenderung menimbulkan terjadinya kekerasan, penindasan, ketidakadilan, dan memicu permasalahan baru.
Tak ubahnya dengan perundungan atau bullying, Menurut Roslina Verauli seorang psikolog (CNN, 2018) momshaming adalah tindakan yang dilakukan seseorang atau sekelompok untuk membuat malu seorang ibu atas pola pengasuhan terhadap anaknya seolah-olah pola pengasuhan pelaku momshaming adalah pola pengasuhan yang lebih baik jika dibandingkan korban. Seseorang yang melakukan momshaming sering kali tak sadar bahwa yang ia lakukan adalah tindakan kekerasan psikis karena efek dari tindakannya mampu mempengaruhi kesehatan mental atau psikis korban.
Biasanya pelaku momshaming atau momshamer tidak begitu peduli dengan dampak yang diterima korban momshaming akibat perundungannya. Padahal menjadi seorang ibu saja sudah berat, apalagi jika diberi beban tambahan psikis oleh momshamer. Namun sebaliknya, seorang ibu atau orang tua yang menjadi korban momshaming akan terjadi perubahan pada sarafnya dan mengakibatkan korban tersebut merasa insecure, tidak percaya diri bahkan depresi (Ika, 2018) terhadap pola parentingnya dan dapat memicu terjadinya baby blues syndrome hingga Post Partum Depression.
Selain beberapa langkah menghadapi momshaming untuk korban, yang tidak boleh dilupakan adalah konsep mubaadalah atau konsep kesalingan. Faktanya pelaku dan korban momshaming seringkali adalah sama-sama seorang perempuan. Oleh karena itu, untuk memutus budaya momshaming, perlu bagi siapapun untuk mengingat konsep kesalingan kepada pelaku maupun korban momshaming, yang mana jika tidak ingin disakiti maka jangan menyakiti.
Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini, “Dari Yahya al-Mazini ra, Rasulullah SAW bersabda: ‘Tidak diperbolehkan mencederai diri sendiri maupun mencederai orang lain’ Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Muwathta’nya (Nomor Hadits 1435)” (Kodir, 2017).
Baik pelaku atau pun korban momshaming diingatkan kembali kepada prinsip kemanusiaan yang paling dasar yaitu persaudaraan. Jika merendahkan, mencibir, menghina saja sudah masuk tindak kejahatan, apalagi tindakan momshaming yang akibatnya dapat mempengaruhi efek Baby Blues Syndrome hingga Post Partum Depression dan dampaknya dapat membuat depresi, gangguan kesehatan mental bahkan membahayakan nyawa ibu dan anaknya.
Menjadi seorang ibu tanpa dikritik saja sudah sulit, apalagi menjadi seorang ibu yang menjadi korban momshaming. Jika memang peduli terhadap pola pengasuhan yang diterapkan kepada si anak namun takut komentar kita menyakiti orang tua terutama ibunya, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah menjadi baik atau diam (tidak berkomentar). Be kind please, because every single moms has her own battle.[]