Mubadalah.id – Idulfitri secara literal bermakna kembali ke fitrah. Yakni kembalinya manusia pada kondisi awal saat dilahirkan, menjadi manusia yang bersih, suci, tanpa noda dan dosa. Ini karena selama satu bulan mereka dididik dalam madrasah Ramadan untuk berproses menjadi bersih dari dosa.
Tetapi ada pandangan lain yang memaknai Idulfitri sebagai kembalinya manusia kepada kondisi awal saat pertama diciptakan. Sebuah hadis menyebutkan :
كل مولود يولد على الفطرة بمعنى أن الله خلق الناس وفطرهم على الإسلام ، فكل مولود يولد خاليا عن دواعي الضلالة ، فلو ترك كل مولود وشأنه لهدته فطرته إلى أن للكون ربا مدبرا واحدا أحدا .
Artinya: “Setiap manusia lahir dalam kondisi fitrah. Yaitu bahwa Allah menciptakan manusia dan menjadikannya menerima dan pasrah kepada Allah. Jadi setiap yang dilahirkan berada dalam keadaan bersih dari hal-hal yang menyimpang dari sikap tersebut. Andaikata pun dia meninggalkan kondisi tersesat, jiwa aslinya akan membimbingnya ke arah pengakuan bahwa semesta ini diciptakan oleh Tuhan Yang Esa”.
Dengan kata lain makna kembali kepada fitrah ialah kembalinya manusia kepada kondisi primordialnya, sebagai eksistensi ciptaan dan hamba Allah yang pasrah kepada-Nya. Al-Qur’an menyatakan :
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ
Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”, (QS. al-Araf ayat 172).
Idulfitri Secara Genuin
Demikianlah. Maka Idulfitri secara genuin bermakna kembalinya manusia kepada komitmen Awal. Yakni ber-Tauhid, Mengesakan Tuhan.
Apakah konsekuensi dari komitmen Tauhid ini?. Ialah menjadikan hanya Allah satu-satunya eksistensi yang paling besar, kuasa, mulia, pengasih dan penyayang. Keyakinan ini membawa keharusan bagi kita untuk memandang dan memperlakukan sebagai setara atau sama. Tak seorang pun boleh merendahkan dan menghina orang lain. Manusia tidak boleh menjadi hamba dari selain Allah dan hanya untuk mencintai-Nya, tidak untuk mencintai selain Allah Swt.
Ini tentu saja bermakna bahwa manusia, laki dan perempuan adalah hamba Allah dalam posisi yang setara. Tidak ada keunggulan satu atas yang lain kecuali tingkat kesetiaan kepada Allah yang dalam bahasa al-Qur’an kita sebut sebagai takwa. “Sesungguhnya manusia yang paling terhormat di mata Allah adalah orang yang paling bertakwa”.
Pemahaman ini membawa implikasi serius, bahwa menghormati atau memuliakan siapapun sama dengan menghormati milik Allah. Sebaliknya merendahkan atau bahkan melakukan kekerasan terhadap siapapun hanya karena identitas jenis kelaminnya merupakan pelanggaran terhadap milik Tuhan.
Syeikh Syamsi Tabrizi dalam 40 kaidah Cintanya menyatakan :
لقد خلق هذا العالم على مبدأ التبادل، فكل امرئ يكافأ على كل ذرة خير يفعلها، ويعاقب على كل ذرة شر يفعلها.
Artinya: “Alam semesta Allah Swt bangun di atas landasan prinsip hubungan timbal-bali dan kesalingan. Tak ada setitik kebaikan atau setitik keburukan pun yang tak berbalas setimpal”.
Pernyataan tersebut bermakna “Siapa yang memberi akan diberi. Siapa yang mencinta akan dicintai. Siapa yang membenci akan dibenci. Dan apapun yang kita lakukan akan kembali kepada kita”. Ini sesungguhnya hukum keadilan. []