Shalat Iedul Fitri sembunyi sembunyi saja agar tidak menimbulkan perpecahan umat. Demikian nasehat Imam Syafi’i terkait dengan pelaksaan shalat Idul Fitri. Perbedaan waktu Idul Fitri sudah terjadi sejak puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Bahkan juga telah terjadi sejak imam imam madzhab, termasuk masa Imam Syafi’i. Saat Covid-19, perbedaan waktu shalat iedul fitri pasti terjadi kembali, menyusul kemungkinan dilaksanakannya iedul fitri secara sendiri sendiri atau berjama’ah secara terpisah pisah dalam jumlah yang banyak.
Bolehkah shalat iedul fitri sendirian di rumah? Gimana caranya?
Pertama tama perlu ditegaskan bahwa shalat iedul fitri adalah “Sunnah” artinya berpahala jika dilakukan, tidak berdosa jika ditinggalkan. Pelaksanaan shalat iedul fitri secara jama’ah, juga sunnah. Jika jama’ah banyak membludak (seperti terlihat dalam tradisi di Indonesia dimana jama’ah iedul fitri lebih banyak dari jama’ah jum’at), sementara masjid sempit, maka dilaksanakan di luar masjid, seperti di lapangan, atau mushalla-mushalla lebih baik.
Shalat iedul fitri boleh dilaksanakan sendiri sendiri dan juga boleh berjama’ah. Khutbah dalam shalat iedul fitri tidak wajib, melainkan bagian dari kesunnahan shalat iedul fitri. (al Muhaddab, 167).
Maka jika shalat iedul fitri dilaksanakan sendiri sendiri, ya tidak perlu khutbah, tetapi boleh juga mengkhutbai diri sendiri. Ini bagus bagi orang yang suka mengkhutbahi orang lain berlama lama, sekali kali mengkhutbai diri sendiri, betah apa ndak berlama lama juga.
Intinya shalat iedul fitri adalah Sunnah, boleh dilakukan sendiri sendiri atau jama’ah, boleh juga dilakukan oleh musafir, hamba sahaya (dulu) dan juga oleh perempuan. Karena iedul Fitri adalah Sunnah, maka ia tidak boleh mengancam dan membahayakan sesuatu yang wajib, seperti menjaga kehidupan, melindungi persatuan, dan menjaga keutuhan ukhuwwah.
Lalu apakah iedul fitri ditinggalkan aja, untuk menjaga agar Covid 19 tidak menular dan tertularkan yang membahayakan hidupnya dan orang lain? Ya tidak perlu ditinggalkan, kerjakan aja di rumah, sebagaimana shalat jum’at boleh dikerjakan sendiri di rumah.
Sang Maha Guru Imam Syafi’i mengatakan “jika ada dua atau sekelompok orang melihat “bulan” pada hari ke 29 Romadhon, dan mereka belum diterima kesaksiannya oleh Negara, maka mereka itu boleh berbuka esok harinya dan melaksanakan shalat iedul fitri untuk mereka sendiri, baik berjamaah atau sendiri sendiri, secara tertutup (jangan terbuka), sebab jika terbuka maka akan menjadi lahan untuk memecah umat muslim” akibat perbedaan waktu shalat ied itu. (al Um J.2, hlm 482)
Kutipan ini menegaskan bahwa kesatuan umat jauh lebih penting dari pada melaksanakan ibadah terbuka yg justru berpotensi memecah kesatuan umat. Hal ini sejalan dengan kaidah fiqih “kewajiban tidak boleh dilanggr kecuali dengan melakukan kewajiban yang lain”. Iedul fitri merupakan sunnah, jangan sampai mengorbankan hal yang diwajibkan, yaitu menjaga umat dan menjaga kehidupan umat manusia secara keseluruhan. []