• Login
  • Register
Sabtu, 7 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Beragam Cara untuk Mengajak Orang untuk Saling Berbuat Baik

Ibnu Rusyd menyebut tiga tingkatan dengan kategori dan istilah yang berbeda. Pertama, al-khithabiyyun (orang-orang yang diajak dengan cara pidato). Istilah ini mengacu kepada orang awam.

Redaksi Redaksi
13/01/2024
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Cara

Cara

649
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ada banyak cara dilakukan seseorang untuk menarik orang agar mengikuti agama, keyakinan, ideologi, atau madzhabnya. Ali bin Abi Thalib mengatakan: “Khathibun naas bi qadri ‘uquulihim (Ajaklah manusia dengan cara yang sesuai dengan akal mereka).”

Imam al-Ghazali menyebut tiga tingkatan pengetahuan orang: al-awam (orang umum), al-khawash (orang-orang khusus, terpelajar, rasionalis), dan khawashul khawash (orang-orang istimewa, para bijak bestari).

Ibnu Rusyd menyebut tiga tingkatan dengan kategori dan istilah yang berbeda. Pertama, al-khithabiyyun (orang-orang yang diajak dengan cara pidato). Istilah ini mengacu kepada orang awam.

Kedua, al-jadaliyyun (orang-orang yang suka berdebat). Mereka adalah para teolog (mutakallimin). Ketiga, al-burhaniyyun (orang-orang yang suka berpikir). Mereka adalah para filsuf.

Imam al-Ghazali

Imam al-Ghazali pernah menyinggung soal fenomena sosial ini secara kritis. Ia mengatakan: “Banyak orang yang berpendirian bahwa keyakinan atau iman hanya berasal dari pembicaraan ilmu kalam (teologi) dan dalil-dalil teoretis yang spekulatif.”

Baca Juga:

Ragam Bentuk Relasi Nabi Saw bersama Non-Muslim

Piagam Madinah: Fondasi Toleransi dalam Kehidupan yang Beragam

Suami Istri Saling Ridla (Taradlin)

Ajarkan dan Latih Anak untuk Berperilaku Baik dan Menghargai Orang Lain

Menurutnya, cara ini adalah suatu bentuk kebodohan manusia. Iman, keyakinan keagamaan, adalah suatu cahaya yang dipancarkan Allah Swt dalam jiwa hambaNya sebagai karunia dan hidayah. Keyakinan bisa datang dari kesadaran batin yang kukuh dan bisa juga dari tingkah laku agung para agamawan.

Imam al-Ghazali tampaknya lebih memuji cara yang terakhir ini. Nabi Muhammad Saw lebih banyak menggunakan cara ini.

“Suatu hari,” kata sufi besar ini, “seorang Arab Badui datang kepada nabi sambil menyampaikan kata-kata kasar dan menantang. Ketika orang itu tertumbuk pada sosok nabi yang santun, penuh senyum, tenang, dan memancarkan cahaya kenabian, ia tertegun dan terpesona.”

Kemudian ia bergumam, “Demi Tuhan, ini bukan wajah seorang pembohong. Tidak lama kemudian, ia meminta nabi mengajarkan Islam, dan ia pun memeluknya.”

Aisyah Ra., istri nabi yang cantik dan cerdas, pernah membuat kesaksian ketika ditanya orang tentang pribadi suaminya itu. Ia mengatakan: “Kama khuluquhul Qur’an (Perilakunya adalah al-Qur’an).”

Kitab suci umat Islam ini juga telah menyatakan “Wa innaka la’alaa khuluqin ‘azhiim (Kamu memang orang yang berbudi luhur).” Inilah makna keteladanan. []

Tags: beragamBerbuat BaikCaraMengajakorangsaling
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Fikih Ramah Difabel

Menggali Fikih Ramah Difabel: Warisan Ulama Klasik yang Terlupakan

5 Juni 2025
Batas Aurat Perempuan

Dalil Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Berkurban

    Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memaknai Istilah “Kurban Perasaan” Pada Hari Raya Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hari Raya dalam Puisi Ulama Sufi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha
  • Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang
  • Makna Wuquf di Arafah
  • Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID