Mubadalah.id – Minggu lalu, salah satu murid saya mengikuti lomba pidato di Kabupaten. Saat itu, saya menjadi penanggung jawab untuk membuatkan teks dan melatih ala-ala. Kebetulan saya ingin membahas tentang budaya flexing.
Saya kira, di era yang makin ramai dengan media sosial. Orang-orang makin terpaku dengan konten-konten influencer yang senang hati memamerkan seisi rumahnya yang mewah, baju-bajunya yang mahal, atau mainan anak yang seharga ratusan jutaan.
Pada teks pidato tersebut, saya turut menyampaikan bahwa, budaya flexing sangat merugikan banyak orang. Bagi orang yang flexing sendiri – meski merasa yang mereka lakukan hanya untuk konten semata – apa yang mereka lakukan bisa disebut sebagai menyombongkan atau membanggakan diri.
Pelaku Flexing
Mereka haus akan eksistensi, butuh mendapatkan validasi dari banyak orang. Ingin memperoleh banyak pujian dan perhatian. Berharap pada manusia akan ketenaran dan popularitas. Tanpa sadar, apa yang mereka lakukan akan semakin membuatnya terbuai dengan dunia.
Padahal, sikap flexing telah mendapatkan kecaman dari Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya,
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ.
“Tidak akan masuk surga orang yang ada kesombongan seberat biji sawi di dalam hatinya.” [HR. Muslim]
Barangkali para pelaku flexing tidak melihat dan memperhatikan dampak yang para penggemarnya rasakan. Ia hanya fokus kepada diri sendiri, kepentingan pribadi, dan bersikap bodoh kepada mereka yang kurang mampu.
Mereka tidak paham, bahwa yang ia perbuat bisa membawanya pada ketidakpuasan duniawi, semakin ingin membeli ini itu yang sebenarnya tidak begitu penting, hanya untuk sekedar pamer, dan menyombongkan diri.
Perilaku flexing yang mereka lakukan pun akhirnya menciptakan kondisi lalai dan lupa, bahwa jauh di atas mereka, ada Tuhan yang derajatnya tiada ambang batas.
Korban Flexing
Bagi korban budaya flexing, alias penonton konten-konten pamer harta, khususnya bagi mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, biasa merasa haus akan keinginan-keinginan yang tidak begitu memiliki urgensi terhadap kebutuhan sehari-hari. Mereka rela menghabiskan banyak uang demi barang-barang yang sedang tren atau viral.
Mereka sudi membuang gaji yang harusnya bisa ditabung agar bisa menyuguhkan diri dengan kesenangan-kesenangan sesaat. Bahkan parahnya lagi, mereka tidak segan-segan mempertaruhkan nyawa dan harga diri demi memenuhi impian-impian kosong.
Rasa-rasanya mereka begitu berani mengambil resiko besar demi keinginan sekejap mata. Tentu penyebab mendasarnya adalah konten-konten media sosial yang begitu menggiurkan. Ketika melihat satu konten, tumbuh perasaan ingin yang tidak terlalu dalam. “Aku ingin memiliki barang itu juga.” Batinnya.
Akhirnya mereka membeli barang itu begitu saja. Ketika barang sudah sampai rumah, mereka pun tidak menggunakannya dengan baik, atau bahkan hanya tergeletak begitu saja. “Hanya untuk punya-punyaan saja, biar mengikuti tren seperti di TikTok.” Lanjutnya.
Ibnu Az Zubair pernah berkhutbah di Makkah, lalu ia mengatakan,
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَقُولُ « لَوْ أَنَّ ابْنَ آدَمَ أُعْطِىَ وَادِيًا مَلأً مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ إِلَيْهِ ثَانِيًا ، وَلَوْ أُعْطِىَ ثَانِيًا أَحَبَّ إِلَيْهِ ثَالِثًا ، وَلاَ يَسُدُّ جَوْفَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ »
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Seandainya manusia diberi lembah penuh dengan emas, maka ia masih menginginkan lembah yang kedua. Jika diberi lembah kedua, ia pun masih menginginkan lembah ketiga. Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah. Allah tentu menerima taubat bagi siapa saja yang bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6438)
Lingkaran Setan
Secara tidak langsung, masyarakat telah menjadi korban. Mereka dihantui rasa keinginan terus menerus. Mereka tidak paham bagaimana menyetir hasratnya dengan baik. Bahkan rasanya jadi candu untuk terus mengikuti tren-tren viral yang menyajikan ratusan hingga ribuan konten flexing.
Naasnya, tidak semua masyarakat lahir dan tumbuh di kalangan menengah ke atas. Kegilaan budaya flexing hadir menghantui masyarakat yang memiliki keadaan ekonomi terbalik. Tembakan kekacauan makin ekstrem karena lingkaran setan terus berputar.
Lingkaran setan : menonton konten flexing – tumbuh keinginan – tak punya uang – menghalalkan segala cara – beli – dapat barang – menonton konten flexing – tidak puas (dan begitu seterusnya)
Pembahasan ini belum selesai, pada tulisan selanjutnya saya akan mengisahkan salah satu kasus tentang dentuman budaya flexing yang menghancurkan tatanan masyarakat. (Bersambung)