Mubadalah.id – Dalam beberapa hari belakangan suasana jalan akan jauh lebih ramai daripada biasanya karena arus mudik lebaran semakin padat. Kepadatan lalu lintas tersebut berimbas pada tingginya risiko kecelakaan yang patut para pemudik waspadai. Meski banyak Langkah antisipasi yang telah berbagai pihak lakukan, namun fakta menunjukkan bahwa data kecelakaan pada musim mudik lebaran cukup tinggi.
Pada tahun 2023 lalu saja, data dari Kementerian Perhubungan menyebutkan jumlah kecelakaan saat mudik Lebaran mencapai angka 3.561 kasus. Yaitu dengan korban meninggal dunia 534 orang, korban luka berat 444 orang, dan korban luka ringan 4.938 orang. Meski menurun berbanding data di tahun 2022, tetapi kisaran angka tersebut masih terbilang tinggi.
Selain penyebabnya oleh kepadatan jalan raya, banyaknya jumlah kecelakaan saat pemudik juga akibat perilaku pemudik itu sendiri. Hulu masalah utamanya terkadang sangat sepele, ingin cepat sampai tujuan. Namun, dalam perjalanannya, syarat-syarat keselamatan kerap terabaikan. Misalnya tidak mengenakan sabuk pengaman, hingga menyetir dengan kecepatan yang melebihi regulasi.
Prinsip Mubadalah
Dalam konteks praktik ideal berlalu lintas, kita sejatinya bisa menerapkan prinsip-prinsip mubadalah dengan tujuan menciptakan lingkungan jalan yang aman dan bertanggung jawab. Pertama, jika merujuk konsep keselamatan di dalam Islam ditekankan sebagai suatu kewajiban. Di mana seharusnya pengguna jalan raya tidak hanya mengutamakan keselamatan diri sendiri, ia juga harus memprioritaskan orang lain.
Sebab hal tersebut merupakan bagian dari menjalankan ajaran agama. Oleh karena itu, pengemudi harapannya mengikuti segala aturan dan peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Yakni untuk melindungi diri sendiri dan sesama pengguna jalan.
Tidak hanya sekadar mentaati aturan lalu lintas saja, konsep mengendalikan hawa nafsu juga menjadi aspek penting dalam berkendara. Meskipun keinginan untuk cepat sampai tujuan adalah hal yang wajar. Pengemudi harus kita ingatkan untuk tidak tergesa-gesa atau terburu-buru sehingga mengorbankan keselamatan.
Bila pemudik berada dalam satu rombongan, satu sama lain harus saling mengingatkan. Jika terlalu cepat, harus ada yang menegur agar supir tidak terlalu mengebut, atau jika terlihat pengemudi mengantuk, jangan kita paksakan untuk meneruskan perjalanan.
Meski tindakan tadi terksesan sepele, namun sikap pengendalian diri dalam berlalu lintas ini penting agar keselamatan seluruh pihak dapat terjaga. Dengan mempraktikkan prinsip mubadalah saat mudik, dan mengendalikan hawa nafsu dalam berkendara, harapannya pemudik dapat menciptakan perjalanan yang aman dan lancar bagi diri mereka sendiri serta pengguna jalan lainnya.
Pentingnya Internalisasi Ajaran Islam dalam Berlalu Lintas
Walau asas berlalu lintas amatlah penting dalam menjamin keselamatan di jalan raya, sayangnya, realitas di masyarakat kita menunjukkan ketidaksesuaian antara keyakinan keagamaan dan perilaku berkendara.
Banyak Muslim Indonesia yang serius secara ritual ibadah. Menjalankan kewajiban-kewajiban agama dengan penuh pengabdian, namun pada saat yang sama, ketika ia berkendara, sikap egoisnya mencuat dan mengabaikan keselamatan orang lain di jalan raya. Ironisnya, tindakan yang ia lakukan di jalan raya sering kali bertentangan dengan ajaran-ajaran agama yang kita anut.
Salah satu contoh yang mencolok adalah ketidakpatuhan terhadap aturan lalu lintas yang kerap berujung pada kecelakaan fatal. Misalnya, berbaju gamis rapi atau mengenakan baju koko serta sarung berharga mahal untuk pergi ke masjid atau pengajian. Namun ketika di jalan raya, mengemudikan motornya secara ugal-ugalan.
Tak jarang menyalakan klakson serampangan karena terburu-buru ingin cepat sampai tujuan. Belum lagi karena tidak ingin jilbab lepek atau pecinya tertekan, dengan gampangnya penggunaan helm terabaikan.
Padahal banyak pengendara tadi yang mungkin rajin dalam menunaikan ibadah harian. Namun di jalan raya, perilaku berkendara mereka sering kali jauh dari sikap bertanggung jawab dan saling menghormati sesama pengguna jalan.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara aspek ritual dan praktik keagamaan dengan perilaku sehari-hari di jalan raya. Hal itu mencerminkan kurangnya pemahaman akan nilai-nilai keselamatan dan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sesama.
Kini dengan bulan Ramadan yang sudah terlewati, di mana umat Muslim sudah berpuasa hampir sebulan penuh sebagai bentuk pengendalian diri dan meningkatkan kesadaran spiritual. Prinsip-prinsip yang diajarkan selama bulan suci ini seharusnya juga tercermin dalam perilaku berkendara.
Berpuasa tidak hanya tentang menahan diri dari makan dan minum. Tetapi juga menahan diri dari perilaku yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain itu mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan bersama di jalan raya.
Dengan demikian, melalui kesadaran akan nilai-nilai spiritual yang kita tanamkan selama Ramadan, harapannya umat dapat menginternalisasi prinsip-prinsip kesalingan dan keselamatan dalam berkendara, sehingga menciptakan suasana mudik yang lebih aman dan minim risiko kecelakaan. []