Mubadalah.id – Dalam ibadah haji, menarik sekali untuk diperhatikan mengapa Tuhan memilih seorang perempuan, bernama Siti Hajar sebagai simbol. Siti Hajar diidentifikasi dengan sejumlah identitas sosio-kultural-politik.
Siti Hajar adalah perempuan, berkulit hitam, seorang budak belian dan berkasta (kelas) rendah. Seluruh identitasnya adalah rendah dalam pandangan masyarakatnya ketika itu. Cara pandang yang membedakan status manusia seperti ini adalah hal yang tidak masalah dari aspek kemanusiaan pada saat itu di banyak kebudayaan dunia.
Siti Hajar adalah seorang perempuan yang amat sabar, tabah, bertanggung jawab dan mencintai atas kehidupan orang lain. Ali Syari’ati mengatakan:
“Ia seorang ibu yang mencinta, sendirian, mengelana, mencari dan menanggungkan penderitaan dan kekhawatiran, tanpa pembela dan tempat berteduh, terlunta-lunta, terasing dari masyarakatnya, tidak mempunyai kelas, tidak mempunyai ras dan tidak berdaya. Ia seorang yang kesepian, seorang korban seorang asing yang terbuang dan dibenci” (Ali Syari’ati, Haji, hlm.47).
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا ࣖ
“Dan sungguh, Kami (Allah), memuliakan Anak-anak Adam. Kami bawa mereka di daratan dan lautan. Kami beri mereka anugerah dari hal-hal yang baik dan Kami unggulkan mereka dari ciptaan Kami yang lain.” (QS. al-Isra’ ayat 70)
Nabi saw bersabda: “Tuhan tidak menilai kebaikan orang dari tubuh dan wajah kamu, melainkan menilai dari hati dan tindakan/perbuatanmu.”
Perjuangan Siti Hajar
Dan adalah menarik pula bahwa kisah itu menyebutkan bahwa Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, bapak para Nabi itu, tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri. Juga tidak mengutamakan kepentingan dirinya. Tetapi juga untuk seorang anak manusia yang tidak berdaya, seorang bayi, yang kelak menjadi manusia. Lalu menjadi Nabi dan Rasul (utusan) Tuhan.
Melalui peran Hajar itu, Tuhan ingin mengajarkan kepada manusia tentang nilai-nilai dan sikap-sikap yang luhur dan mulia. Yakni menolong, membantu dan memperhatikan orang-orang yang lemah atau dilemahkan.
Maha Suci dan Maha Agung Allah, sungguh sangat menakjubkan, sampai hari ini air Zam-zam terus mengalir deras, tanpa pernah kering, meski ia di bumi tandus dan kering kerontang.
Air itu bersih dan jernih. Bermiliar orang dari seluruh dunia telah meminumnya tanpa memasaknya lebih dulu. Air Zam-zam melambangkan sumber kehidupan yang bersih, sehat dan halal. Ini mengarahkan dan memberikan petunjuk kepada manusia agar mencari sumber kehidupan yang bersih dan halal.
“Tuhan adalah Maha Bersih dan hanya merestui makanan yang bersih (halal),” kata Nabi. []