Mengapa perempuan harus hadir di media sosial? Sebaris tanya itu kemarin mengemuka dari peserta yang hadir dalam sesi halaqoh virtual Perempuan Ulama 2020 “Dakwah di Medai Sosial dan Penguatan Literasi Pesantren”, yang digelar pada Kamis, 10 September 2020 oleh Pusat Studi Pesantren Jakarta. Selain saya, ada Buya KH Husein Muhammad dan Ibu Nyai Hj. Affah Mumtazah yang menyampaikan pendapat.
Dan ini jawaban saya atas pertanyaan di atas. Pertama, representasi perempuan harus hadir di media sosial, selain sebagai aktualisasi dan ruang berekspresi, juga karena menghadirkan wajah perempuan yang bahagia itu penting. Agar, apapun peran kehidupan yang dimainkan oleh perempuan, memastikan sistem kehidupan telah memberinya ruang aman serta nyaman bagi perempuan untuk berproses sebagai apa atau siapa.
Kedua, banyak narasi yang melemahkan perempuan, muncul di media sosial dalam bentuk konten, meme, atau tulisan. Meski kadang menimbulkan rasa kesal, tetapi tidak harus dilawan dengan kontra narasi, atau disikapi dengan marah-marah. Namun bagaimana menghadirkan narasi alternatif yang memberi kesan positif dan baik bagi perempuan, tanpa harus memusuhi mereka yang berbeda.
Misal jika ada narasi yang mengatakan bahwa perempuan sholihah itu di rumah, dan tidak boleh bekerja karena surga perempuan ada di dalam rumah. Maka, kita hadirkan perempuan bekerja juga merupakan istri sholihah, di mana ia bisa membagi waktu, membangun relasi dan komunikasi yang baik dengan pasangan, serta tetap dicintai oleh keluarga. Surga perempuan berada dimanapun ia bisa memberi manfaat bagi sekitarnya.
Ketiga, lima pengalaman biologis (menstruasi, hamil, melahirkan, nifas dan menyusui) dan sosiologis perempuan (subordinasi/penomerduaan, streotype/pelabelan, marjinalisasi/peminggiran, beban ganda dan kekerasan berbasis gender) penting untuk dihadirkan dalam setiap kebijakan apapun di negara ini, dari level desa hingga ke nasional.
Maka, melalui suara perempuanlah, yang kadang dianggap bising, berisik, tetapi lebih sering pula kita temui sunyi dan diam perempuan para penyintas, adalah potret kemajuan suatu negeri. Ibu yang bahagia, istri yang sejahtera, anak-anak perempuan yang diperlakukan secara adil dan setara, dengan cucuran banyak cinta serta kasih sayang, adalah cermin bagaimana peradaban semakin maju. Sebab, pembatasan peran perempuan adalah langkah mundur peradaban.
Terakhir, sebagai closing statement saya juga menyampaikan. Apapun pilihan jalan hidupmu perempuan, sebagai ibu rumah tangga, single parent, lajang, perempuan bekerja, pengusaha, petani, pedagang, pemimpin, dan atau pekerja migran Indonesia, selama pilihan itu berangkat dari kesadaran, pengalaman dan pengetahuan perempuan, maka berbahagialah, dan nikmati setiap prosesnya. Karena support system terbesar sebelum orang terdekat dan keluarga adalah dirimu sendiri. []