Mubadalah.id – Sebagai permohonan untuk dikabulkannya sebuah hajat, tak jarang seseorang menyanggupi akan melakukan sebuah perkara jika hajatnya terpenuhi. Hal ini disebut dengan nadzar, “jika saya lulus tes perguruan tinggi, saya akan salat sunnah empat puluh rakaat”, begitu kira-kira contoh lafal nadzar.
Sementara jika terdapat pembatalan nadzar, yang itu merupakan bentuk ingkar janji kepada Allah swt. Untuk mendapatkan ampunan dari-Nya, maka pembatal nadzar harus menunaikan puasa kafarat (sanksi) sebagai ganti dari sesuatu yang telah disanggupi.
Namun terkadang, tidak menunaikan nadzar meski hajat yang dituju telah terpenuhi, sehingga lebih baik untuk memilih puasa kafarat. Menurut pandangan fikih, tidak menunaikan nadzar ini boleh-boleh saja, jika membatalkan nadzar lebih baik dan lebih maslahat. Tentang kebolehan ini ulama berpijak pada firman Allah swt. QS. al-Nur [24]: 22
وَلَا يَأۡتَلِ أُوْلُواْ ٱلۡفَضۡلِ مِنكُمۡ وَٱلسَّعَةِ أَن يُؤۡتُوٓاْ أُوْلِي ٱلۡقُرۡبَىٰ وَٱلۡمَسَٰكِينَ وَٱلۡمُهَٰجِرِينَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِۖ وَلۡيَعۡفُواْ وَلۡيَصۡفَحُوٓاْۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغۡفِرَ ٱللَّهُ لَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٌ ٢٢
“Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat (nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
Pada ayat itu, sahabat Abu Bakar ra. disuruh mencabut sumpah sekaligus tekadnya untuk tidak membiayai sepupunya sendiri. Tetap berhubungan baik dengan kerabat merupakan salah satu hal yang mendorong agar tekad tersebut dibatalkan.
Kendati demikian, pelanggaran tetaplah pelanggaran. Sehingga harus menjalankan sanksi sebagaimana ketentuan yang sudah tertuliskan. Ulama fikih sepakat dalam menentukan jangka waktu tiga hari sebagai salah satu penunaian puasa kafarat ini. Dalil yang dijadikan pijakan adalah QS. Al-Maidah [5]: 89
…فَمَن لَّمۡ يَجِدۡ فَصِيَامُ ثَلَٰثَةِ أَيَّامٖۚ ذَٰلِكَ كَفَّٰرَةُ أَيۡمَٰنِكُمۡ إِذَا حَلَفۡتُمۡۚ وَٱحۡفَظُوٓاْ أَيۡمَٰنَكُمۡۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ٨٩
“…Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).”
Adapun terkait dengan teknis pelaksanaannya, ada dua pendapat ulama, tentang apakah puasanya harus tiga hari dengan berurutan, atau boleh tidak berurutan. Menyikapi dua pendapat ini, Imam al-Thabary dalam Jami’ al-Bayan, juz 10, cenderung lebih memilih puasa kafarat dengan berurutan, dengan alasan berhati-hati dalam memilih hukum, dan upaya keluar dari perbedaan.
Sementara itu, al-Thabary juga menukil pendapat Abu Ja’far, sekaligus menyampaikan tafsir yang konsisten bagi ayat di atas. Ia menuturkan bahwa seyogianya, kita tidak mengambil hukum dengan sesuatu yang tidak ada di mushaf al-Quran, sehingga yang dihasilkan adalah puasa kafarat tiga hari dengan cara apapun.
Karena memang dalam mushafnya tertulis tsalatsati ayyaamin (tiga hari), tanpa ada redaksi berurutan. Argumen ini sebagai penguat pendapat puasa kafarat tiga hari, entah berurutan, maupun terpisah.
Bukan hanya itu, berkaitan dengan dua pendapat ini Imam al-Syafi’i juga memiliki dua fatwa berbeda. Syekh Zakariya al-Anshari mencatat dalam Ghayat al-Wushul bahwa puasa kafarat yang dilakukan untuk melunasi sanksi kafarat harus berurutan menurut qoul qodim Imam al-Syafi’i, sementara itu dalam fatwa barunya, Imam al-Syafi’i memberikan fatwa bahwa puasa kafarat itu tidak harus dilakukan dengan berurutan.
Al-Hasil, dalam masalah memenuhi nadzar kita perlu mempertimbangkan mana yang lebih baik antara memenuhi ataukah membatalkan. Jika yang lebih baik adalah membatalkan, maka harus menjalani sanksi, atau kafarat. Salah satunya dengan puasa kafarat tiga hari, entah dengan berurutan atau tidak. Wallahu a’lamu bis shawab. []