Mubadalah.id – Dalam perspektif mubadalah, prinsip keadilan dan kemaslahatan menjadi panduan bagi pemaknaan ulang terhadap hadits-hadits yang terkait dengan relasi laki-laki dan perempuan.
Karena sampai saat ini masih banyak pemaknaan hadits yang menimbulkan ketimpangan relasi laki-laki dan perempuan. Ketimpangan yang menyalahi prinsip-prinsip dasar yang telah dibangun oleh al-Qur’an dan hadits.
Karena itu, pemaknaan ulang terhadap seluruh teks-teks hadits relasi laki-laki dan perempuan harus dilakukan, untuk menemukan cita keadilan sosial Islam dalam tataran realitas yang nyata.
Sebagai contoh, hadits yang melarang perempuan untuk bepergian:
“Tidak dihalalkan bagi perempuan yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk bepergian tanpa ditemani mahram (keluarga dekat), sejauh jarak tempuh perjalanan tiga hari tiga malam” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)“.
Hadits ini harus kita pahami sebagai upaya mewujudkan perlindungan kepada orang-orang lemah dari kemungkinan-kemungkinan kejahatan yang muncul. Perempuan pada saat itu termasuk katagori orang-orang lemah yang memerlukan perlindungan.
Karena itu, bila bepergian jauh harus ditemani oleh keluarga dekatnya, atau yang dikenal dengan konsep mahram. Keluarga dekat biasanya memiliki jalinan emosional yang cukup kuat, sehingga perlindungan dan keamanan bisa diberikan.
Bahkan kemungkinan terjadinya sesuatu yang buruk terhadap perempuan bisa ia hindari dengan kehadiran kerabatnya, atau mahramnya. Jaminan perlindungan di masyarakat Arab pada saat itu masih bersifat kerabat atau kabilah.
Berbeda dengan sekarang, jaminan setiap orang atau warga negara sudah berubah menjadi sistim sosial dan berada dalam tanggung-jawab negara.
Artinya, makna hadits mengenai kewajiban mahram bukan merupakan pelarangan terhadap perempuan untuk melakukan bepergian. Tetapi perintah untuk melindungi perempuan dari kemungkinan terjadinya kejahatan ketika ia bepergian.
Menafikan Prinsip Keadilan
Karena pelarangan ini menafikan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam memperoleh kesempatan dan akses yang sama terhadap aktivitas kehidupan, tanpa membedakan jenis kelamin, ras, maupun bangsa.
Karena itu, ketika Nabi mendengar ada seorang perempuan yang bepergian sendirian untuk menunaikan ibadah haji, beliau tidak melarang perempuan tersebut. Tetapi justru menegur suaminya dan menyatakan kepadanya: “Susullah dan temani isterimu” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).
Ini adalah pernyataan tegas dari Nabi bahwa inti persoalannya terletak pada jaminan dan perlindungan keamanan, bukan pada pelarangan bepergian.
Jika persoalannya adalah perlindungan, maka seluruh komponen masyarakat dianjurkan untuk bersama-sama mewujudkan perlindungan dan pengamanan kepada seluruh warga.
Sungguh sangat naif sekali, jika terjadi sesuatu yang menimpa perempuan. Kemudian perempuan yang menjadi korban untuk tidak boleh keluar melakukan aktivitas dengan alasan keamanan. []