• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Imam Al-Ghazali; Sang Kontroversial (2)

KH. Husein Muhammad KH. Husein Muhammad
11/06/2020
in Hikmah
0
59
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Serangan dari Dua Kubu

Bertolak belakang dengan pandangan di atas, para kritikus dan pembenci al-Imam menyebut dia sebagai: “Pembunuh Peradaban Islam” atau “Jagal Ayam bertelur Emas”. Hal ini karena al-Ghazali dianggap telah menghancurkan filsafat dan rasionalisme, sebuah dimensi pengetahuan yang menghidupkan intelektualisme dan peradaban umat manusia.

Dakwaan semacam ini umumnya dilancarkan oleh para pemikir rasionalis Islam yang progresif. Karyanya “Tahafut al-Falasifah” (Kerancuan para Filsuf), menjadi titik-kritis al-Ghazali dalam memandang filsafat. Melalui buku ini al-Ghazali mengkritik sejumlah pikiran para filosof.

Tuduhan yang sama juga dikemukakan oleh kaum tekstualis yang konservatif, akan tetapi dengan alasan yang berbeda. Sejumlah ulama ahli hadits menyerang al-Ghazali dengan sangat keras.Ali Sami Nasyar menulis :

وهوجم الغزالى هجوما شديدا من علماء المسلمين , أمثال أبى إسحاق المرغينانى وأبى الوفاء ابن عقيل والقشيرى والطرشوشى والمازرى وابن الصلاح والنووى.

Baca Juga:

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

“Al-Ghazali dihantam habis-habisan oleh sejumlah ulama, seperti Abu Ishak al-Marghinani, Abu al-Wafa Ibn Aqil, Al-Qusyairi, al-Thursyusyi, Al-Maziri, Ibn Shalah dan al-Nawawi.”

Abu Bakar al-Thurthusi, (w. 520 H), misalnya. Orang ini menyebut al-Ghazali “Mumît ‘Ulûm al-Dîn” (Orang yang membuat sekarat ilmu-ilmu agama). Dalam pernyataannya yang lebih panjang dia mengatakan:

“Abu Hamid telah banyak berdusta terhadap Nabi dalam kitabnya Ihyâ` ‘Ulûm al-Dîn. Saya tidak tahu jika ada kitab di muka bumi ini yang lebih banyak memuat kedustaan kepada Nabi, selain kitab yang dia tulis itu. Di dalam kitab tersebut al-Ghazali banyak sekali memasukkan pemikiran-pemikiran filsafat dan pikiran-pikiran Ikhwan al-Shafa (Persaudaraan Suci). Kelompok ini berpendapat bahwa kenabian merupakan sesuatu yang dapat diusahakan (muktasab).”

Tuduhan dan prasangka buruk terhadap al-Ghazali pada umumnya dikemukakan oleh para ahli hadits dan ahli fiqh tekstualis-formalis. Sebagaimana diketahui, para ahli hadits dalam kajian-kajian keagamaan, pada umumnya lebih menekankan perhatiannya pada aspek riwayat atau sanad (jalur) transmisi dari hadits Nabi.

Mereka jarang sekali melakukan analisa kritis atas matan (konten)-nya. Siapa yang menginformasikan hadits itulah yang lebih penting. Sepanjang sebuah hadits diriwayatkan oleh orang-orang terpercaya dan berakhlak mulia, maka ia akan dijadikan argumen keagamaan yang valid.

Sementara itu, para ahli fiqh lebih melihat pada bentuk legal formal sebuah teks. Logika teks atau aspek-aspek rasionalitas yang ada pada teks acap kali kurang memperoleh perhatian serius bahkan cenderung dinafikan dan harus dikalahkan ketika berhadapan dengan bunyi teks.

Tampak bahwa kecaman terhadap al-Ghazali muncul dari dua pandangan yang berlawanan. Kelompok rasionalis-progresif dan Kelompok tradisionalis-konservatif. Kelompok pertama mengkritik al-Ghazali karena dianggap anti rasionalisme, sementara kelompok kedua justru karena pembelaan al-Ghazali terhadap rasionalisme atau lebih tepat karena al-Ghazali menggunakan logika untuk memahami pengetahuan. []

(Diambil dari buku : “MENGAJI PLURALISME KEPADA MAHAGURU PENCERAHAN”, Husein Muhammad, Mizan).

KH. Husein Muhammad

KH. Husein Muhammad

KH Husein Muhammad adalah kyai yang aktif memperjuangkan keadilan gender dalam perspektif Islam dan salah satu pengasuh PP Dar al Tauhid Arjawinangun Cirebon.

Terkait Posts

Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Islam Harus

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

3 Juli 2025
Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Perceraian dalam

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

1 Juli 2025
Fikih Perempuan

Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Konten Kesedihan

    Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim
  • Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID