Kamis, 13 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan menjadi Pemimpin

    Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?

    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan menjadi Pemimpin

    Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?

    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar

Mbah War telah kaya jauh sebelum santri berjajar di hadapannya, kaya harta secukupnya, dan kaya hati seluasnya.

Thoah Jafar Thoah Jafar
20 Oktober 2025
in Figur, Rekomendasi
0
Mbah War

Mbah War

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tayangan Xpose Trans7 yang menampilkan KH. M. Anwar Manshur, atau yang terkenal dengan sapaan Mbah War, memantik reaksi keras dari kalangan pesantren. Dalam cuplikan tersebut, terlihat para santri berjalan jongkok di hadapan sang kiai, disertai narasi yang menuding bahwa para pengasuh pesantren hidup dari amplop santri dan memelihara tradisi feodal.

Tuduhan itu jelas keliru sekaligus menyinggung martabat hubungan antara santri dan guru. Dalam tradisi pesantren, relasi keduanya terbangun atas dasar adab dan kecintaan pada ilmu, bukan harta atau kedudukan. Karena itu, tidak pantas hubungan mulia itu kita sederhanakan lewat potongan gambar dan narasi dangkal.

Bagi siapa pun yang pernah berguru kepada Mbah War, tudingan semacam itu terasa menyesakkan. Rasa kecewa muncul bukan karena fanatisme, tetapi karena fitnah tersebut menyalahi kenyataan dan menutup mata terhadap sejarah hidup beliau yang sarat teladan.

Mbah War bukan sosok yang mendadak kaya karena santri. Jauh sebelum mengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, beliau sudah terbiasa hidup dari hasil keringat sendiri. Setiap pagi beliau turun langsung mengurus pekerjaan, memantau orang-orang yang bekerja dengannya, dan memastikan semuanya berjalan tertib.

Mbah War tidak menunggu bantuan atau pemberian siapa pun. Cara hidupnya teratur, hemat, dan tegas pada diri sendiri. Dari situlah tampak bahwa kemandirian bagi beliau bukan semboyan, melainkan kebiasaan yang dijalani hari demi hari.

Pesan Mbah War kepada Santri Perempuan

Setiap malam Jumat, Mbah War kerap memberi mau‘izhah (nasihat) kepada santri putri. Pesannya sederhana namun dalam maknanya, “Jadilah perempuan yang cerdas, terutama dalam hal-hal yang hanya dialami perempuan, seperti haid, nifas, kehamilan, dan menyusui. Sebab kelak kamu akan menjadi ibu bagi anak-anakmu. Maka yang paling memahami urusan perempuan adalah perempuan itu sendiri.”

Nasihat itu mencerminkan pandangan beliau tentang pentingnya kemandirian perempuan dalam ilmu dan kehidupan. Bagi Mbah War, kecerdasan perempuan menjadi bekal agar mereka mampu menapaki hidup dengan bijak tanpa bergantung pada siapa pun. Di pesantren, beliau menempatkan pendidikan perempuan sejajar dengan laki-laki karena keduanya memikul tanggung jawab yang sama terhadap masa depan umat.

Dalam mendidik santri, Mbah War selalu menanamkan semangat belajar yang berpijak pada kerja keras. Ia kerap mengutip dawuh KH. Idris Kamali dari Kempek, Cirebon, gurunya semasa di Tebuireng, “Al-fahmu ba‘dal hifzhi. (Pemahaman datang setelah hafalan).”

Bagi beliau, ilmu tidak berhenti pada hafalan. Pemahaman lahir dari ketekunan dan proses berpikir yang sungguh-sungguh. Hafalan tanpa pemahaman hanyalah suara tanpa makna, sedangkan pemahaman tanpa kesungguhan tak akan menumbuhkan ilmu yang hidup.

Tentang semangat menuntut ilmu, beliau sering menasihati, “Kalau kamu hanya mondar-mandir tanpa kesungguhan belajar, kamu tidak akan menjadi orang alim. Ilmu tidak bisa diwariskan begitu saja. Ibarat ayahmu makan sampai kenyang, bukan berarti kamu ikut kenyang.”

Beliau juga berpesan, “Belajarlah dengan tekun, bekerja dengan rajin dan benar untuk anak serta keluargamu. Tidak perlu berpuasa secara berlebihan.”

Penghargaan terhadap Ilmu dan Guru

Setiap nasihat beliau mencerminkan pandangan hidup yang seimbang: ilmu harus kita jemput dengan usaha, rezeki diraih lewat kerja keras, dan semuanya kita jalani dengan hati yang tulus. Kemandirian bagi Mbah War berarti kesediaan untuk berjuang dan memberi manfaat tanpa berharap balasan.

Karena itu, tudingan bahwa kiai hidup mewah dari amplop santri sama sekali tidak berdasar. Sepanjang hidupnya, Mbah War tidak pernah menuntut penghormatan atau memanfaatkan santri demi keuntungan pribadi.

Amplop yang santri bawakan saat sowan justru sering beliau salurkan untuk membantu santri yatim, kegiatan pendidikan, dan kebutuhan pondok. Kedermawanan itu tidak disiarkan, tetapi dirasakan. Tidak tampak di layar, namun hidup dalam kenangan mereka yang pernah bersentuhan dengan beliau.

Terlebih, Allah Swt. berfirman:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujādilah: 11)

Hormat santri kepada kiai bukan bentuk feodalisme, melainkan penghargaan terhadap ilmu dan guru. Sowan adalah silaturahmi batin, bukan urusan duniawi.

Tak heran jika kalangan pesantren di seluruh Indonesia merasa tersinggung oleh tayangan tersebut. Fitnah semacam itu bukan hanya menyesatkan, tetapi juga mencederai nama baik lembaga yang telah mendidik generasi bangsa dengan disiplin, kasih sayang, dan adab.

Bagi siapa pun yang mengenal Mbah War, tudingan itu sungguh menyakitkan. Tidak ada kemewahan dari amplop santri; yang ada hanyalah keberkahan dari kerja keras, ketulusan, dan ilmu yang menuntun hidup.

Mbah War telah kaya jauh sebelum santri berjajar di hadapannya, kaya harta secukupnya, dan kaya hati seluasnya. Kekayaan beliau tidak terukur dari amplop, harta, atau sorotan kamera, melainkan dari ilmu, keteladanan, dan keberkahan yang terus hidup di hati para santrinya. Wallahu a‘lam bis-shawab. []

 

Tags: Mbah WarmediaPonpes LirboyoTrans7Ulama Nusantaraviral
Thoah Jafar

Thoah Jafar

Pengasuh Ponpes KHAS Kempek Cirebon

Terkait Posts

Kekerasan di Sekolah
Publik

Kekerasan di Sekolah, Kekacauan di Media: Saatnya Membaca dengan Bijak

21 Oktober 2025
Trans7
Publik

Merespon Trans7 dengan Elegan

20 Oktober 2025
Banjir informasi
Publik

Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

20 Oktober 2025
Feodalisme di Pesantren
Kolom

Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

18 Oktober 2025
Budaya Pondok Pesantren
Publik

Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

17 Oktober 2025
Lirboyo
Publik

Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

16 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Film Pangku

    Dipangku Realitas: Tubuh dan Kemiskinan Struktural dalam Film Pangku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?
  • Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal
  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID