Mubadalah.id – Sidang itsbat sudah digelar dan merupakan rutinitas tahunan bagi kemenag setiap menentukan awal bulan hijriah/qomariah ini.
Seperti kita ketahui bahwasannya dalam menentukan awal bulan dan akhir bulan hijriiah dalam islam khususnya indonesia itu menggunakan 2 metode yang keduanya sangat dibutuhkan dalam melakukan penentuan awal dan akhir bulan.
Hisab (menghitung) dengan metode falaknya dan rukyat (melihat) dengan melihat langsung seberapa ukuran bulan yang lahir(hilal) dan sekaligus mencocokan hasil perhitungan falak tadi.
Menaggapi perbedaan awal dan akhir bulan, perbedaan awal puasa dan lebaran sering menjadi persoalan yang membuat ummat merasa berbeda, ditambah lagi tahun 2021 dan 2022 yang akan datang menurut badan falakiah akan kembali terjadi perbedaan ormas kembali dalam menentukan awal bulan. Ini bukan hanya masalah keilmuan, tapi juga masalah kedewasaan para pemimpin ummat dalam menyatukan bangsa.
Salah satu ormas menyatakan bahwa metode yang mereka gunakan hanyalah dengan metode Hisab, dikarenakan jika sudah tau kapan ijtimak matahari dan bula pada menit berapa jam berapa, kita sudah tidak usah melihat lagi. Namun juga diormas sebelah menyatakan rukyat juga perlu karena akan membuktikan kebenaran hitungan tersebut yang walaupun tidak akan jauh berbeda.
Sebetulnya, salah satu permasalahan juga ada ditafsir hadits tentang menentukan awal bulan berikut ini :
صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ وَانْسُكُوا لَهَا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا ثَلَاثِينَ فَإِنْ شَهِدَ شَاهِدَانِ فَصُومُوا وَأَفْطِرُوا
“Berpuasalah kalian karena melihat hilal, dan berbukalah kaliat karena melihatnya, dan sembelihlah peliharaan kaliat karena melihatnya pula. Jika hilal itu tertutup dari pandangan kalian, maka sempurnakanlah tiga puluh hari jika ada dua orang saksi maka berpuasalaha dan berbukalah kalian“.(Hadits Bukhari).
Antara lafad رَأيُ dalam رُؤْيَة terjadi perbedaan karena ada yang menafsirkan رَأيُ itu artinya bayangan, atau tergambar, terfikirkan, terhitung, sehingga sesuatu yang sudah dihitung tergambar tidak usah kita meliht lagi apalagi dizaman yang sudah canggih ini, naun ada juga metode rukyat yang mana berbeda dari hisab, karena rukyat itu berbeda lafad dari رَأي – رَأيُ- رُؤْيَة Roa- Royun-Ruyatun. Itu semua beda makna dan Ruyatun disini artinya melihat langsung dengan panca indra ke orbit bulan. Sehingga disini menjadi tidak konjungsi antara penafsiran namun ini bukan masalah yang besar hanya saja sebagai khilafiyah tafsir.
Tapi jika kita kaitkan ke mubadalah makan akan dirumuskan bahwa antara hisab dan rukyah dizaman sekarang harus seimbang dan dipakai dua-duanya, karena kedua metode tersebut dapat sekali membantu keakuratan dalam menentukan awal bulan bagi ummat, karena tidak akan mengetahui kapan waktu konjungsi bulan dan matahari tanpa hisab, dan tidak akan tahu keakuratan hasil hitungan tanpa rukyat, oleh karenanya hisab dan rukyah adalah ilmu yang kesinambungan satu sama lain yang mana keduanya sama-sama membantu dalam masyarakat untuk beribadah.