• Login
  • Register
Rabu, 1 Februari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Tokoh Profil

Menilik Konsep Hermeneutika Amina Wadud

Pemikiran dan kajian Amina Wadud membahas seputar isu feminis dan gender. Hermeneutika yang ditawarkan oleh Wadud merupakan hermeneutika feminis yang menempatkan al-Quran sebagai pondasi dan obyek utamanya.

Rabiatul Adawiyah Rabiatul Adawiyah
16/02/2021
in Profil, Rekomendasi
0
Hermeneutika

Hermeneutika

563
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Hermeneutika menjadi salah satu diskursus keilmuan yang belakangan ini menjadi sebuah kajian yang sering dibahas. Hermeneutika sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu hermeneuein yang artinya menafsirkan. Banyak tokoh hermeneutika yang pemikirannya menjadi bahasan khusus dalam dunia intelektualitas. Diantaranya adalah Schleiermacher, Dilthey, Gadamer dan Habermas.

Tokoh hermeneutika yang juga tidak kalah menarik adalah Amina Wadud. Amina Wadud sendiri merupakan salah satu tokoh feminis yang pemikirannya seringkali menimbulkan kontroversi. Terlepas dari polemik yang terjadi mengenai pemikiran Amina Wadud, penulis berusaha membahas sedikit mengenai pemikiran dan sudut pandang Amina Wadud terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang membicarakan perihal perempuan.

Pemikiran dan kajian Amina Wadud membahas seputar isu feminis dan gender. Hermeneutika yang ditawarkan oleh Wadud merupakan hermeneutika feminis yang menempatkan al-Quran sebagai pondasi dan obyek utamanya.

Amina Wadud mengklasifikasikan penafsiran yang membahas mengenai perempuan ke dalam tiga kategori. Kategori pertama ialah tafsir tradisional. Pada kategori tafsir tradisional ini menggunakan metodologi atomistik yakni penafsiran yang dimulai dengan pembahasan dari ayat pertama pada surat pertama kemudian beralih pada ayat kedua surat pertama hingga seterusnya.

Tafsir tradisional dalam upayanya menafsirkan Al-Qur’an, mayoritas ditulis atau ditafsirkan oleh kaum pria sehingga penafsirannya dianggap meniadakan pengalaman, perspektif dan kebutuhan perempuan. Pada kategori ini oleh Wadud dirasa kurang dalam kaitannya ‘ramah gender’.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Mufassir Perempuan dalam Khazanah Keilmuan
  • Gus Yahya Menolak Feminisme: Andai Ia bukan Ketum PBNU
  • Feminisme Islam dan Setelahnya
  • Benarkah Gus Yahya Menolak Feminisme?

Baca Juga:

Mufassir Perempuan dalam Khazanah Keilmuan

Gus Yahya Menolak Feminisme: Andai Ia bukan Ketum PBNU

Feminisme Islam dan Setelahnya

Benarkah Gus Yahya Menolak Feminisme?

Kategori kedua adalah kategori reaktif. Kategori ini menggambarkan reaksi pemikir modern terhadap pengalaman yang dialami perempuan baik secara individu ataupun masyarakat, dan celakanya hal tersebut dianggap berasal dari al-Quran. Mereka (para pemikir modern) meniadakan analisis yang komprehensif terhadap al-Quran. Maka kategori kedua ini oleh Wadud juga dianggap tidak sesuai dengan wacana feminis islam, karena bertolak belakang terhadap al Qur’an, yang mana al-Quran adalah sumber utama dan ideologi Islam.

Kategori ketiga ini merupakan kategori penafsiran yang ditawarkan oleh Amina Wadud, ialah metode holistik. Metode holistik adalah metode yang mempertimbangkan kembali penafsiran Al-Qur’an seraya mengaitkannya dengan isu-isu sosial, ekonomi, politik, moral dan juga mengenai isu perempuan. Selain itu, Wadud juga menaruh ‘pengalaman perempuan’ dalam interpretasi yang dilakukannya.

Dalam menganalisis ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai perempuan, Wadud menguraikannya menjadi lima metode. Pertama, menganalisis ayat tersebut sesuai konteksnya. Kedua, menganalisis ayat tersebut sesuai konteks pembahasan topik-topik yang sama dalam Al-Qur’an. Ketiga, menganalisis ayat tersebut menggunakan unsur gramatikal dan sintaksis yang sama dalam Al-Qur’an. Keempat, menganalisis dari sudut prinsip al-Quran yang menolaknya. Kelima, menganalisis ayat tersebut menurut konteks Al-Qur’an sebagai weltanschauung.

Sebagai contoh surat an Nisa’ ayat 1. Wadud menitikberatkan pada tiga kata kunci yakni: min, nafs, dan zawj. Ketiga kata kunci ini oleh Wadud dikaji ulang menggunakan kajian hermeneutika. Hasil dari analisisnya adalah bahwa al-Quran tidak menyebutkan bahwa Allah memulai penciptaan dengan nafs Adam, seorang laki-laki.

Al-Quran hanya menyebutkan bahwa Allah memulai penciptaan dari suatu yang tunggal, yakni nafs. Penggunaan unsur gramatikal dan sintaksis sebagai alat analisis hermeneutika juga digunakan dalam penafsiran ayat satu surat an nisa’ ini. Kata min diartikan sebagai ‘dari jenis yang sama’. Sehingga pendapatnya ini menolak tafsiran yang mengartikan min sebagai ‘dari’ atau ‘penyarian dari sesuatu’.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pemikiran Amina Wadud menitik beratkan pada unsur kebahasaan , prior text dan kontekstualisasinya. Bahasa sangat berperan penting dalam wacana hermeneutika ini. Perbedaan unsur bahasa penafsir dapat menyebabkan perbedaan pembacaan makna. Unsur kebahasaan ini juga dianggap penting terlebih untuk menganalisis persoalan dimensi ghaib, yang dalam hal ini kaitannya dengan penciptaan manusia.

Kemudian mengenai prior text. Prior text adalah latar belakang, persepsi dan keadaan individu si penafsir. Hal ini dapat dikatakan sebagai subyektifitas penafsir. Dalam hermeneutika Amina Wadud, prior text berperan penting karena Amina Wadud sebagai penafsir berinteraksi dengan teks sesuai dengan situasi, kondisi dan konteks yang terjadi pada perempuan. Ayat-ayat Al-Qur’an memang tidak berubah tetapi pemahamannya dapat berubah mengikuti penafsiran si penafsir. Maka penafsir menempati posisi yang penting dan utama dalam diskursus keilmuan tafsir.

Pemikiran Amina Wadud inilah membanting budaya patriarki yang melanggengkan ketidakadilan gender. Ketidakadilan gender yang bersembunyi dibalik dalil-dalil agama, dalil-dalil yang semestinya sesuai dengan misi Islam yakni Islam Rahmatan Lil alamin. Islam sebagai Rahmat alam semesta.

Selaras dengan apa yang dikatakan Mansour Fakih dalam bukunya Analisis Gender dan Transformasi Sosial bahwa tafsiran agama dapat mempengaruhi bahkan melanggengkan ketidakadilan gender maupun sebaliknya, maka Amina Wadud kiranya mengambil langkah yang tepat. Pemikirannya dan pengkajian ulang terhadap tafsir agama dirasa dapat menjadi salah satu problem solving atas wacana penafsiran yang misoginis dan tidak ramah gender. []

 

Tags: amina wadudfeminismeHermeneutikaMuslimah Feministafsir qur'anTokoh Inspiratif
Rabiatul Adawiyah

Rabiatul Adawiyah

Seorang Mahasiswi.

Terkait Posts

Akhlak Manusia

Akhlak Manusia Sebagai Ruh Fikih

1 Februari 2023
Aborsi Korban Perkosaan

Ulama Bolehkan Aborsi Korban Perkosaan

31 Januari 2023
Tradisi Tedhak Siten

Menggali Makna Tradisi Tedhak Siten, Benarkah Tidak Islami?

29 Januari 2023
Fatwa KUPI

Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis

28 Januari 2023
Kampus Cantik

Akun Instagram Kampus Cantik, Sebuah Bentuk Glorifikasi Seksisme Bagi Perempuan

27 Januari 2023
Toxic Parents

Toxic Parents dan Akibatnya pada Pengasuhan Anak

26 Januari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • keluarga

    7 Prinsip Dalam Berkeluarga Ala Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Relasi Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Melihat Keterlibatan Perempuan dalam Tradisi Nyadran Perdamaian di Temanggung Jawa Tengah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Saat Nabi Saw Tertawa Karena Mendengar Cerita Kentut dari Salma

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Akhlak Manusia Sebagai Ruh Fikih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pandangan Abu Syuqqah Tentang Isu Kesetaraan Gender
  • Mematri Wasiat Buya Husein Muhammad
  • Kisah Saat Nabi Saw Apresiasi Kepada Para Perempuan Pekerja
  • Pertemuan Mitologi, Ekologi, dan Phallotechnology dalam Film Troll
  • Kisah Saat Nabi Saw Tertawa Karena Mendengar Cerita Kentut dari Salma

Komentar Terbaru

  • Refleksi Menulis: Upaya Pembebasan Diri Menciptakan Keadilan pada Cara Paling Sederhana Meneladani Gus Dur: Menulis dan Menyukai Sepakbola
  • 5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia pada Cerita Singkat Kartini Kendeng dan Pelestarian Lingkungan
  • Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama pada Relasi Mubadalah: Muslim dengan Umat Berbeda Agama Part I
  • Urgensi Pencegahan Ekstrimisme Budaya Momshaming - Mubadalah pada RAN PE dan Penanggulangan Ekstrimisme di Masa Pandemi
  • Antara Ungkapan Perancis La Femme Fatale dan Mubadalah - Mubadalah pada Dialog Filsafat: Al-Makmun dan Aristoteles
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist