• Login
  • Register
Minggu, 4 Juni 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menjaga Jiwa Perempuan dari Kehamilan Berbahaya Dibolehkan

Bagaimana sebenarnya Fikih Islam dan Peraturan Negara mengintervensi kejadian sosial ini, untuk melindungi jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya? Mari kita telisik hukumnya!

Nuansa Garini Nuansa Garini
27/08/2022
in Personal
0
Jiwa Perempuan

Jiwa Perempuan

342
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Berdasarkan lembar fakta yang Guttmacher Institute terbitkan, bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ada perkiraan, pada 2018 telah terjadi 1,7 juta kejadian aborsi di pulau Jawa. Aborsi ini mereka lakukan dengan tiga metode yang kita ketahui: jamu sebanyak 40%, bedah sebanyak 6%, pil 16%, dan lainnya 39%, dengan mempertimbangkan untuk menjaga jiwa perempuan.

Komnas Perempuan juga mendokumentasikan pada CATAHUnya, angka kekerasan seksual yang terekam selama 2016-2020 terjadi sebanyak 24.786 kasus. Di antara kasus kekerasan, 7344 di antaranya kasus pemerkosaan. Korban pemerkosaan anak, tentu mendapat pendarahan dan kesulitan berlapis bahkan menyebabkan kehamilan berbahaya.

Daftar Isi

    • Fikih dan Aturan Negara
  • Baca Juga:
  • Keadilan Gender Dalam Kacamata Hukum
  • Membaca Muqaddimah Kitab Al Busyro; Sayyidah Khadijah adalah Teladan Perempuan Kita
  • Prinsip Kesetaraan Dalam Islam
  • Instrumen Hukum Gagal Memenuhi Keadilan bagi Perempuan
    • Pendapat Para Ulama

Fikih dan Aturan Negara

Bagaimana sebenarnya Fikih Islam dan Peraturan Negara mengintervensi kejadian sosial ini, untuk melindungi jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya? Mari kita telisik hukumnya pertama-tama dengan mendatangkan ayat al Qur’an sebagai landasan awal syari’at. Dalam surat Al Isra’ ayat 31, Allah menjelaskan secara eksplisit:

وَلاَ تقتلوا النَّفْسَ التي حَرَّمَ الله إلاَّ بِالحَقِّ وَ مَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهِ سُلْطَانًا فَلَا يُسْرِفْ فِي القَتْلِ إِنَّهُ كَانَ مَنْصُوْرَاً ( الإسراء : 31)

Yang artinya adalah: “dan jangan kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa yang dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang mendapat pertolongan.”

Baca Juga:

Keadilan Gender Dalam Kacamata Hukum

Membaca Muqaddimah Kitab Al Busyro; Sayyidah Khadijah adalah Teladan Perempuan Kita

Prinsip Kesetaraan Dalam Islam

Instrumen Hukum Gagal Memenuhi Keadilan bagi Perempuan

Ayat di atas menjelaskan haramnya membunuh atau al qatlu. Kecuali untuk alasan yang dibenarkan syari’at. Al Qatlu secara ringkas bahasa berarti membunuh, Al Qatlu juga bermakna menghilangkan kehidupan. Kehidupan hilang dengan dua cara, “Al Qatlu dan Maut”.

Al Qatlu berarti menghancurkan fisik yang menyebabkan hilangnya ruh. Berbeda dengan Al Qatlu maut berarti perginya ruh yang diiringi kerusakan jasad setelahnya. Pada praktiknya Al Qatlu terjadi dalam dua dimensi: melakukan di dalam kandungan (atau aborsi) dan setelah kelahiran.

Pendapat Para Ulama

Ulama Mazhab Hanafi berpandangan bahwa melakukan aborsi hanya bisa sebelum janin berusia 120 hari. Yakni sebelum tertiupkannya ruh dan karena alasan syar’i. Salah satu alasan syar’i yang Ulama Mazhab Hanafi kemukakan adalah demi menjaga jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya. Mereka berpendapat, mendahulukan nyawa Ibu dan keselamatannya lebih utama daripada janin, karena Ibu merupakan sumber asal.

Sementara Ulama Mazhab Syafi’i, Muhammad Ibnu Abi Said berpendapat tindakan melakukan aborsi legal pada bentuk janin yang masih nuthfah dan alaqah yang terbentuk dalam 80 hari. Majelis Ulama Indonesia sendiri melegalkan aborsi yang bersifat darurat ataupun hajat, boleh sebelum janin berusia 40 hari, hal ini sesuai dengan pertimbangan kaidah fikih berikut:

دَرْءُ المَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَى جَلْبِ المَصَالِحِ

yang bermakna: menghindarkan kerusakan (hal negatif) diutamakan daripada mendatangkan kemaslahatan dan

الحَاجَةُ قَدْ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُوْرَوْةِ

Artinya: Hajat terkadang dapat menduduki keadaan darurat.

Begitupun hukum positif Indonesia pada dasarnya melarang tindakan aborsi. Seperti termaktub dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana pasal 346 yang berbunyi “seseorang yang dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya atau menuruh orang lain untuk itu, hukumnya penjara selama-lamanya empat tahun.”

Namun pada praktiknya, Indonesia juga memiliki aturan yang melegalkan aborsi untuk beberapa perkara kesehatan dan keselamatan jiwa perempuan. Seperti termaktub dalam Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992, dan Peraturan Pemerintah 61 Tahun 2014.

Melihat konteks di atas, berdasarkan tafsiran dan kebijakan ulama, dan dukungan Undang-undang Indonesia, menjaga jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya adalah boleh. []

 

 

Tags: AborsiFatwafikihhukumislamJiwa PerempuanKongres Ulama Perempuan IndonesiaMUI
Nuansa Garini

Nuansa Garini

Licence Sastra Arab, Al Azhar Mesir Anggota dari kopiah.co Alumni DKUP Fahmina

Terkait Posts

Gaya Hidup Minimalis

Gaya Hidup Minimalis dalam Al-Qur’an

3 Juni 2023
Korban Kekerasan Seksual

Laki-laki Bisa Menjadi Korban Kekerasan Seksual

1 Juni 2023
Nilai Perempuan

Bergantung pada Status, Nilai Perempuan Lebih dari Itu Part II

31 Mei 2023
Bidadari Surga

Bolehkah Kita Semua Memimpikan Bidadari Surga?

30 Mei 2023
Women's March Jakarta

Women’s March Jakarta 2023: Sudahi Bungkam, Lawan!

30 Mei 2023
Nilai Perempuan

Bergantung pada Status, Nilai Perempuan Lebih dari Itu Part I

27 Mei 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Perkembangan Islam di Gorontalo

    Peran Putri Owutango dalam Perkembangan Islam di Gorontalo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah Laki-laki Lebih Unggul dari Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membaca Muqaddimah Kitab Al Busyro; Sayyidah Khadijah adalah Teladan Perempuan Kita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gaya Hidup Minimalis dalam Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menilik Relasi Gender dalam Agama Budha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Keadilan Gender Dalam Kacamata Hukum
  • Gaya Hidup Minimalis dalam Al-Qur’an
  • Benarkah Laki-laki Lebih Unggul dari Perempuan?
  • Membaca Muqaddimah Kitab Al Busyro; Sayyidah Khadijah adalah Teladan Perempuan Kita
  • Prinsip Kesetaraan Dalam Islam

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist