• Login
  • Register
Minggu, 2 April 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Rujukan Metodologi

Metode Mubadalah untuk Hadits-Hadits; Ayyuma Rajulin dan Ayyuma Amra’atin

Faqih Abdul Kodir Faqih Abdul Kodir
18/03/2020
in Metodologi
0
(sumber gambar timbal-balik.com)

(sumber gambar timbal-balik.com)

256
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Dalam berbagai pertemuan atau wawancara, banyak orang bertanya bagaimana menggunakan metode mubadalah untuk penelitian teks. Terakhir, rombongan mahasiswa paskasarjana UIN Bandar Lampung berjumlah 30 orang, yang dipimpin Dr. Siti Mahmudah, datang ke Cirebon khusus untuk ‘Ngaji Mubadalah’.

Lalu beberapa hari lalu ada yang datang ke rumah, seorang dosen UIN Makasar, Ummi Farhah yang sedang S3 kajian hadits di IIUM (Kuala Lumpur Malaysia). Sebelumnya ada yang sedang menulis skripsi dan tesis, ada juga yang sedang disertasi, berkonsultasi perihal yang sama.

Sebenarnya, di buku Qira’ah Mubadalah sudah dijelaskan secara detail tentang interpretasi yang holistik antara mabadi, qawaid, dan juz’iyyat. Ini bisa menjadi salah satu yang digunakan untuk penelitian lanjutan.

Juga, ada penjelasan mengenai peta teks yang mantuq (eksplisit) dan mafhum (implisit) dalam hal mubadalah, dan seterusnya. Ini pun bisa digunakan bersama dengan interpretasi holistik di atas, atau cukup untuk deskripsi peta kandungan Alqur’an, kitab hadits, atau kitab-kitab fiqh tertentu, tanpa melakukan interpretasi holistik.

Ada juga penjelasan tiga langkah-langkah interpretasi yang mengikuti konsep interpretasi holistik tersebut, untuk menemukan makna yang bisa disalingkan dan digunakan bersama untuk laki-laki dan perempuan. Atau yang bisa langsung bypass, adalah dengan menghilangkan subyek-obyek, lalu mengaitkan predikatnya sebagai makna yang selaras dengan qawaid maupun mabadi.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Ini Jumlah Mahar Pada Masa Nabi Muhammad Saw
  • Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri
  • Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya
  • Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan

Baca Juga:

Ini Jumlah Mahar Pada Masa Nabi Muhammad Saw

Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri

Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya

Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan

Semua langkah di atas, atau salah satunya bisa digunakan untuk, misalnya menelusuri makna-makna teks-teks hadits menggunakan lafal ayyuma rajulin (أيما رجل) dan ayyuma amra’atin (أيما امرأة). Yang pertama secara literal artinya “siapa pun laki-laki”, yang kedua “siapa pun perempuan”.

Penelitian mubadalah bisa untuk menggali: kapan kata rajulin diartikan ulama klasik sebagai jenis kelamin laki-laki atau pria dan kapan diartikan seseorang (أحد) yang netral dan bisa untuk perempuan. Hal yang sama juga dengan kata mar’atun: kapan untuk perempuan dan kapan untuk seseorang yang netral.

Bisakah keduanya, ditemukan makna (moral etis) yang sekaligus dipakai untuk laki-laki dan perempuan, baik bagi teks yang ada rajulun maupun yang ada mar’atun. Kapan bisa dan kapan tidak, mengapa? Mungkinkah ditarik pada makna yang lebih mendasar (qawaid dan mabadi)?

Yang pasti, banyak bab-bab awal kitab hadits Sunan Abu Dawud menggunakan kata rajulun untuk ‘seseorang’ yang netral bukan laki-laki. Lalu mungkinkah, kata mar’atun juga dicari makna sehingga merujuk pada ‘seseorang’ yang netral bukan hanya perempuan?

Dalam pencarian kamus Maknaz untuk 6 kitab hadits dan Musnad Ahmad, setidaknya, ada 61 hadits yang mengandung kata ayyuma rajulun untuk hal-hal yang terlihat tidak hanya soal ‘laki-laki’, tetapi pada seseorang. Dan ada 55 hadits yang mengandung kata ayyuma mar’atin, yang jika dengan Qira’ah Mubadalah, seharusnya bisa ditemukan makna yang lalu merujuk pada seseorang, bukan hanya ‘perempuan’.

Penelitian terhadap 61 dan 55 hadits ini bisa menjadi artikel ilmiah sendiri, bisa jadi skripsi bahkan tesis dan disertasi, jika dijelaskan dengan contoh-contoh yang lain untuk menemukan teori atau konsep lain (tambahan, kurangan, atau kritik) terhadap metode Qira’ah Mubadalah.

Ini sekedar saran untuk mereka yang ingin menggunakan Qira’ah Mubadalah sebagai metodologi untuk kajian teks dalam kerja-kerja akademik mereka. Teks bisa diganti dari hadits menjadi fiqh, Kompilasi Hukum Islam (KHI), atau buku tertentu seperti teks budaya, puisi, novel, dan atau yang lain. []

Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir, biasa disapa Kang Faqih adalah alumni PP Dar al-Tauhid Arjawinangun, salah satu wakil ketua Yayasan Fahmina, dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan ISIF Cirebon. Saat ini dipercaya menjadi Sekretaris ALIMAT, Gerakan keadilan keluarga Indonesia perspektif Islam.

Terkait Posts

Eisegesis

Tafsir Eisegesis Atas Pernyataan Menteri Agama

1 November 2022
Hadits dalam Perspektif Mubadalah

Hadits dalam Perspektif Mubadalah

28 Oktober 2022
Mengapa Fiqh Aborsi Sebagai Alternatif Kesehatan Reproduksi?

Mengapa Fiqh Aborsi Sebagai Alternatif Kesehatan Reproduksi?

16 Oktober 2022
Islam dan Perspektif Keadilan Hakiki bagi Perempuan

Islam dan Perspektif Keadilan Hakiki bagi Perempuan

11 Oktober 2022
Strategi Al-Qur’an Memanusiakan Perempuan

Strategi Al-Qur’an Memanusiakan Perempuan

4 Oktober 2022
Garis Maslahat

Garis Maslahat, Metode Berpikir untuk Mencapai Kemaslahatan

7 Juni 2022
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Kehilangan Sosok Ayah

    Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah Harus Menjadi Tujuan Bersama, Suami Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah Adalah Sarana untuk Melakukan Kebaikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ini Jumlah Mahar Pada Masa Nabi Muhammad Saw
  • Mahar Adalah Simbol Cinta dan Komitmen Suami Kepada Istri
  • Ketika Anak Kehilangan Sosok Ayah dalam Kehidupannya
  • Keheningan Laku Spiritualitas Manusia Pilihan Tuhan
  • Menikah Harus Menjadi Tujuan Bersama, Suami Istri

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist