• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Novel Dua Barista: Budaya Patriarki yang Masih Melekat

Novel Dua Barista menceritakan tentang kisah poligami yang dialami oleh seorang Ning bernama Mazarina, dan seorang khodimah bernama Meysaroh

Khoerotul Awaliah Khoerotul Awaliah
12/01/2024
in Buku, Rekomendasi
0
Novel Dua Barista

Novel Dua Barista

825
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Novel Dua Barista karangan Najhaty Sharma ini merupakan terbitan dari Telaga Aksara. Novel ini terbit pada tahun 2020 dengan tebal 495 halaman. Cerita dalam novel ini mengisahkan tentang kisah poligami seorang Gus dan Ning dari Pondok Pesantren.

Memang banyak novel dengan kisah-kisah berlatar belakang pondok pesantren yang bercerita tentang kisah poligami. Tak jauh berbeda dengan novel Dua Barista ini. Akan tetapi yang menjadi fokus dalam novel ini bukan hanya dari masalah poligami. Namun, kritik sosial yang ada di dalamnya.

Sekilas Tentang Novel Dua Barista

Novel Dua Barista menceritakan tentang kisah poligami yang dialami oleh seorang Ning bernama Mazarina dan seorang khodimah bernama Meysaroh. Bagi orang yang pertama kali akan membaca novel ini pasti tidak menyangka. Ternyata isi dari novel tersebut mengenai poligami.

Awalnya aku juga mengira jika kisah dalam novel Dua Barista ini tentang kehidupan seorang yang bekerja sebagai barista di Kafe. Namun ternyata aku keliru, justru novel Dua Barista ini mengangkat tema yang sensitif tentang poligami.

Kisah ini bermula dari Mazarina, seorang Ning putra kiai Manshur Huda. Ia adalah sosok perempuan yang cantik, cerdas, dan alim. Mazarina menikah dengan Gus Ahvash yang merupakan putra tunggal dari kyai Solahuddin pengasuh Pondok Pesantren Salaf Al-Amin Tegalklopo.

Baca Juga:

Menanggapi Konten Misleading Terkait Budaya Patriarki dan Perempuan Independen

Drama Korea Lady Ok: Kisah Perjuangan Perempuan Melawan Patriarki

Dilema Anak Perempuan Pertama: Bertahan di Tengah Patriarki dalam Keluarga

Subordinasi Perempuan dalam Film Bila Esok Ibu Tiada

Masalah datang di umur pernikahan yang ke empat tahun. Setelah empat tahun menikah, mereka belum juga dikaruniai keturunan. Hingga diagnosa dokter menyatakan bahwa Mazarina mengidap tumor rahim yang sudah besar yang akan berpotensi menjadi kanker rahim. Oleh karena itu harus dilakukan tindakan pengangkatan rahim. Hal tersebut tentu saja membuat Mazarina dan Gus Ahvash terpukul karena harapan mereka untuk memiliki keturunan pupus sudah.

Kyai Solahuddin dan istrinya juga merasakan kesedihan karena mereka sudah sangat menunggu kehadiran cucu dari putra semata wayangnya. Cucu yang mereka harapkan akan menjadi penerus kepemimpinan pesantren Al-Amin. Keinginan mertua Mazarina untuk memiliki cucu tidak dapat terwujud dari dirinya. Maka Ia mengikhlaskan ketika sang Mertua meminta Gus Ahvash untuk menikah kembali agar memperoleh keturunan sebagai penerus pesantren.

Akhirnya, terjadilah pernikahan antara Gus Ahvash dan seorang khodimah bernama Meysaroh atas pilihan dari Mazarina sendiri. Sama halnya seperti Mazarina, Meysaroh juga ikhlas menjadi madu karena tadzim kepada kiai.

Namun, perjalanan rumah tangga mereka tak berjalan mulus karena Gus Ahvash melakukan poligami atas permintaan dari orang tuanya sedangkan hatinya tidak terlalu condong kepada Meysaroh sehingga seakan-akan Meysaroh hanya dijadikan sebagai tempat reproduksi untuk mendapatkan keturunan.

Budaya Patriarki yang Masih Melekat

Novel Dua Barista ini menceritakan budaya di pesantren yang masih kental yaitu budaya patriarki. Contohnya saja dalam novel ini yaitu bagian yang menceritakan bahwa Gus Ahvash berhak menikah lagi hanya karena istrinya tidak bisa memberikan keturunan. Selain itu ada bagian yang menceritakan bahwa keturunan yang akan meneruskan pesantren dari anak kandung.

Novel ini juga menyinggung tentang seorang perempuan hendaknya pintar dalam kerja domestik seperti halnya Meysaroh. Ia sangat pandai dalam semua pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci dan pekerjaan dapur lainnya.

Sedangkan ada tokoh perempuan lain yaitu Mazarina. Ia tidak terlalu lihai dalam urusan dapur namun sangat berbakat dalam mengajar atau membimbing santri. Mazarina adalah sosok perempuan yang cerdas. Selain itu, ia juga pandai dalam berbisnis.

Hal-hal seperti di atas tentu saja menggambarkan bagaimana budaya patriarki masih sangat melekat sekali dalam masyarakat. Menganggap bahwa semua perempuan harus pandai dalam kerja-kerja domestik. Memang banyak juga masyarakat di sekitar tempat tinggalku termasuk dalam pesantren yang masih mempertahankan budaya seperti ini.

Rasanya novel ini memang mengangkat kisah dari kehidupan nyata di kebanyakan pesantren. Di antaranya keseharian yang ada di pesantren sampai pada cerita tentang budaya patriarki yang masih melekat.

Ketimpangan Gender dampak Budaya Patriarki

Lalu apa sih sebenarnya budaya patriarki itu? Mengutip dari laman kompas.com bahwa budaya patriarki merupakan sistem sosial di mana keadaan laki-laki lebih dominan dari perempuan. Dalam arti lain, laki-laki memegang kekuasaan yang lebih tinggi. Baik dalam hal otoritas, partisipasi sosial, politik, kedudukan, dan lainnya.

Budaya patriarki ini akan memunculkan ketimpangan gender bahkan masalah lainnya. Seperti dalam Novel Dua Barista ini. Anggapan bahwa perempuan yang sempurna itu hanya mengurus rumah tangga saja, harus bisa memasak, dan kerja-kerja domestik yang lain. seperti Meysaroh.

Selain itu adanya pemikiran bahwa perempuan kodratnya adalah melahirkan keturunan juga merupakan salah satu bentuk ketimpangan gender. Bukan berarti seorang istri yang tidak bisa memberikan keturunan pantas untuk dimadu.

Budaya patriarki yang ada di masyarakat bisa memunculkan berbagai dampak negatif. Seperti marginalisasi yaitu proses peminggiran yang muncul dari perbedaan jenis kelamin. Subordinasi, juga bisa menjadi dampak dari sistem patriarki ini. Misalnya yaitu anggapan bahwa perempuan hanya memiliki peran dalam hal domestik dan reproduksi saja. []

 

 

 

Tags: Budaya PatriarkiKetimpangan GenderMarginalisasiNovel Dua BaristaSubordinasi
Khoerotul Awaliah

Khoerotul Awaliah

Masih belajar

Terkait Posts

Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Herland

Herland: Membayangkan Dunia Tanpa Laki-laki

16 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Perempuan Fitnah

Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

15 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version