• Login
  • Register
Rabu, 2 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Patung Putri Duyung Menggunakan Kemben; Salah Patung Apa?

Zahra Amin Zahra Amin
27/03/2019
in Kolom
0
Putri Duyung Ancol

Foto: suara[dot]com

36
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Patung putri duyung dipakaikan sehelai kain, sehingga terlihat patung putri dayung menggunakan kemben. Patung itu berada di depan Putri Duyung Resort Ancol Jakarta Utara, yang kemudian viral di media sosial. Fenomena itu menjadi pertanyaan besar saya beberapa hari terakhir ini. Apa yang salah dengan cara pandang kita terhadap simbol tubuh perempuan?

Karena jika terkait kemben, maka yang ditutupi adalah payudara atau gandul mamae, yang merupakan bagian dari organ reproduksi dan alat seksual milik perempuan. Sementara Indonesia, yang dahulu kala disebut sebagai Nusantara, secara tradisi, para perempuannya mengenakan pakaian dengan bagian dada serta bahu yang terbuka.

Dan laki-laki biasa saja menanggapinya. Tidak emosional dan salah kaprah mengaitkan dengan kenikmatan seksual, birahi dan libido lelaki. Sehingga lagi-lagi saya bertanya, apa yang salah dengan persepsi kita pada fisik perempuan, jika semua hal yang terkait dengan tubuh perempuan lalu diasumsikan dengan kepuasan seksual.

Akhirnya semua tanya itu terjawab, ketika dalam satu kesempatan kegiatan Mubadalah di Semarang, saya berbincang dengan Ibu Dr. Nur Rofiah, bil. Uzm. Tanggapan beliau pada patung kemben tersebut, menurutnya ada kekhawatiran tentang perubahan cara pandang kita yang menjadi lebih seksis.

Ghodldlul bashar, yakni penundukan pandangan agar jangan melihat lawan jenis secara seksual, tapi melihat manusia sebagai makhluk spiritual dan intelektual.  Karena itu adalah jati diri yang utama. Jadi bagaimana kita bisa mengontrol cara pandang ini.

Baca Juga:

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

Novel Cantik itu Luka; Luka yang Diwariskan dan Doa yang Tak Sempat Dibisikkan

Bias Kultural dalam Duka: Laki-laki Tak Boleh Sepi, Perempuan Harus Mengisi

Bias Gender KHI dalam Persoalan Nusyuz, Mahar dan Poligami

“Kalau sudah seksis, tidak hanya patung, nanti kambing juga akan dipakaikan baju,” selorohnya di sela-sela perbincangan.

Strateginya merubah cara pandang kita, membangun kesadaran cara pandang, menundukkan, dan mengontrol cara pandang, sehingga peradaban secara intelektual dan spiritual kita sebagai manusia akan terbangun melihat dunia. Tidak hanya bertumpu pada persoalan seks, karena nanti tidak hanya patung saja yang dianggap menggoda, padahal itu adalah sebuah karya seni.

Nanti, ditambahkan Nur Rofiah, tidak hanya patung bahkan sampai pada boneka, binatang atau bayi juga harus ditutup. Mengapa bayi tidak punya kewajiban untuk menutup aurat. Sebab bayi adalah anak-anak yang harus dilindungi dan disayang. Tetapi kalau pikiran kita seksis, maka harus ikut ditutupi juga.

Dengan kondisi yang demikian itu, mengapa seolah ada pembiaran, menurut Nur Rofiah itu terkait soal relasi kuasa. Siapa yang punya otoritas maka dia nanti yang akan menentukan cara pandang orang lain. Dengan fakta seperti itu, sama saja dengan menunjukkan cara pandang seksis orang-orang di sekitar kita yang semakin kuat.

Lalu ada yang lebih bahaya lagi dari cara pandang seperti itu, yakni menyalahkan pihak lain atas kegagalan diri sendiri. Nur Rofiah mencontohkan, kalau saya maksiat artinya itu karena ada yang lain. Bukan sebab ada persoalan dari diri sendiri. Itu cara beragama yang harus diperbaiki. Beragama itu kalau ujiannya kuat, maka keimanannya juga akan semakin kuat.

Sehingga menurut penulis, ada dua tantangan ke depan:

  • Pertama, bagaimana mengubah cara pandang kita terhadap lawan jenis, baik lelaki maupun perempuan, agar tidak lagi seksis. Tetapi sama-sama sebagai manusia yang memiliki dimensi intelektual serta spiritual.
  • Kedua, terkait dengan relasi kuasa, bagaimana mendorong relasi yang setara antara lelaki dan perempuan, untuk kemudian melahirkan kebijakan yang tidak seksis dan saling membahagiakan. Dengan tujuan kemaslahatan bersama bagi laki-laki dan perempuan di masa depan.[]
Tags: ancolbias genderkembenNur Rofiahputri duyungseksualitas
Zahra Amin

Zahra Amin

Zahra Amin Perempuan penyuka senja, penikmat kopi, pembaca buku, dan menggemari sastra, isu perempuan serta keluarga. Kini, bekerja di Media Mubadalah dan tinggal di Indramayu.

Terkait Posts

Kebencian Berbasis Agama

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

2 Juli 2025
Menstruasi

Demianus si ‘Manusia Pembalut’ dan Perlawanan terhadap Tabu Menstruasi

2 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Gaji Pejabat

Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

1 Juli 2025
Anak Difabel

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

1 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Difabel

    Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama
  • Demianus si ‘Manusia Pembalut’ dan Perlawanan terhadap Tabu Menstruasi
  • Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?
  • Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan
  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID