Mubadalah.id – Pada zaman sekarang ini fenomena kehidupan kaum perempuan di Indonesia cukup diwarnai dengan kecenderungan memilih status single atau melajang. Menurut pengamatan empiris, perilaku tersebut hanya berlaku pada sedikit perempuan, baik disengaja maupun tidak disengaja, dengan menyadari konsekuensi yang akan mereka terima. Konsekuensi yang dimaksud di sini adalah “masih eksisnya persepsi kebanyakan orang yang menilai kurang pada perempuan yang tidak memilih menikah dibandingkan dengan perempuan yang memilih menikah apapun alasannya.
Pilihan yang diambil perempuan dalam memilih hidup single alasannya cukup beragam, akan tetapi dari beberapa alasan terdapat unsur kesamaan yang dapat disimpulkan bahwa single memberikan dimensi baru dalam kemandirian seorang perempuan, baik mandiri secara finansial maupun secara mental.
Namun fenomena pilihan yang diambil beberapa perempuan tersebut sering dikaitkan dengan populasi atau jumlah perempuan sudah melebihi jumlah laki-laki sehingga tidak jarang banyak masyarakat yang menganjurkan poligami sebagai dasar untuk memecahkan masalah tersebut, yang sebenarnya hal tersebut bukan sebuah masalah (memilih single).
Urusan perkawinan tercantum dalam UU Perkawinan RI Tahun 1974 dan khusus PNS adalah PP 10 (ditambah dengan PP 45 sebagai penjelasan tambahan). Secara eksplisit, PP 10 menyatakan bahwa praktik poligami tidak dianjurkan akan tetapi tidak juga melarang atau mengharamkan, jika ditelisik lebih jauh aturan hukum tersebut bias gender dan merugikan perempuan.
Misalnya untuk seorang PNS yang menikah dengan perempuan yang tidak bisa memberikan keturunan maka diperbolehkan untuk berpoligami dan apabila istri meminta bercerai maka menurut peraturan kepegawaian sang istri tidak akan mendapat bagian nafkah dari suami. Dari fenomena tersebut seolah perempuan tidak bisa benar-benar merdeka Ketika diberi keterbatasan meskipun keterbatasan tersebut bersifat kodrati (tidak bisa memiliki keturunan).
Poligami merupakan persoalan yang semakin hangat dibicarakan akhir-akhir ini, dimana laki-laki memiliki isteri lebih dari satu. Poligami yang dilakukan zaman Rasulullah bukan disebabkan oleh pemenuhan kebutuhan biologis semata, namun terdapat tujuan melindungi perempuan yang dinikahinya. Sebab, di masa Nabi banyak janda dan anak yatim disebabkan para suami dan ayah yang gugur di medan perang.
Salah satu tujuan manusia diciptakan oleh Allah swt adalah untuk menyembah kepada Allah swt sebagaimana telah disebutkan di dalam al-qur’an surat al-zariyat ayat 56: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.
Konsep sebuah pernikahan antara laki-laki dan perempuan harus mempunyai prinsip kesalingan, agar ketentraman pernikahan tidak menjadi tanggung jawab salah satu pihak saja. Pada kenyataannya dalam sebuah pernikahan tidak jarang terdapat unsur pemaksaan, salah satunya adalah memaksa perempuan menikah dengan laki-laki yang menakut-nakuti bahkan mengancam. Salah satu contohnya suami yang menakut-nakuti isterinya bukan perempuan sholehah hanya karena tidak mengizinkan sang suami melakukan poligami.
Di zaman modern, tidak sedikit laki-laki yang melakukan poligami dengan alasan menunaikan Sunnah Rasulullah. Tidak sedikit anggapan bahwa poligami merupakan solusi mengatasi kemiskinan dan kemudharatan, Padahal konsep poligami yang dilakukan zaman Rasulullah dan zaman sekarang sangat jauh berbeda.
Dalam kapasitas manusia sebagai hamba, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Keduanya mempunyai potensi dan peluang yang sama untuk menjadi hamba yang ideal. Hamba ideal di dalam al-qur’an biasa diistilahkan dengan orang-orang yang bertaqwa (muttaqun) dan untuk mencapai derajat muttaqun ini tidak dikenal adanya perbedaan jenis kelamin, suku bangsa maupun etnis tertentu.
Al-Qur’an menegaskan bahwa hamba yang paling ideal ialah para muttaqun, sebagaimana disebutkan dalam al-qur’an surat al-hujurat ayat 13:
“wahai manusia! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh, Allah maha mengetahui, Maha teliti.”
Dalam Ayat Al-Qur’an tersebut jelas dikatakan bahwa makhluk yang paling mulia di hadapan Allah itu bukanlah laki-laki melainkan makhluk yang paling bertaqwa. Dari ayat Al-qur’an tersebut kita dapat mengambil makna bahwa perempuan yang tidak mengizinkan suaminya berpoligami bukan berarti perempuan tersebut bukan termasuk golongan perempuan sholehah, karena perempuan diciptakan oleh Allah Swt untuk menyembah hanya kepada Tuhan bukan kepada sesama manusia. Tentu poligami akan lebih banyak menimbulkan masalah dari pada solusi bagi perempuan lajang. []