• Login
  • Register
Minggu, 11 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Sindrom Ratu Lebah tak Sebatas Ada di Dunia Kerja

Dalam lingkungan kekerabatan atau lingkaran sosial, perempuan dengan status lebih senior kerap berupaya menjatuhkan perempuan yang lebih muda atau dari segi kuasa lebih rendah dibanding dirinya, dengan tujuan untuk mempertahankan status sosial mereka.

Hasna Azmi Fadhilah Hasna Azmi Fadhilah
09/07/2021
in Personal, Rekomendasi
0
Ratu Lebah

Ratu Lebah

360
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebagai figur publik yang punya sederet prestasi, Maudy Ayunda bisa dikatakan sebagai salah satu role model anak-anak muda tanah air. Terlebih beberapa waktu lalu, ia berhasil lulus dari Stanford University, kampus ternama di Amerika sekaligus dunia.

Namun, apa yang dicapai Maudy tersebut nyatanya tidak menjamin perempuan berusia 26 tahun itu aman dari nyinyiran warga net. Salah satu akun bahkan menganggap bahwa gelar dan raihan akademis Maudy tak banyak berarti, karena toh nanti ia akan lebih sibuk di area domestik dan akan berpasangan dengan laki-laki yang mungkin memintanya untuk menjadi ibu rumah tangga.

Kesinisan atas prestasi Maudy mungkin sekilas dianggap angin lalu, karena kita dalam kehidupan sehari-hari kerap menjumpai sindiran sejenis, bahkan dari sesama perempuan sendiri. Pernah nggak kalian menang perlombaan, mencatatkan prestasi dalam suatu bidang, atau perkembangan karier bagus, alih-alih mendapatkan ucapan selamat, kolega perempuan atau teman kalian justru menyampaikan remeh temeh di luar konteks.

Misalnya saja, “eh, aku kasih tahu ya kalau terlalu banyak juara ini itu, laki-laki nanti pada nggak berani deketin kamu lho.”

“Jangan terlalu fokus ke karier, nanti keluarga nggak keurus.”

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

“Ngapain pinter-pinter, IPK bagus nggak ngaruh banget kok habis lulus.”

Meski sindiran seperti ini umum sekali dilontarkan, tapi jika konteksnya itu untuk menurunkan, bahkan menjegal pencapaian-pencapaian sesama perempuan, tindakan tersebut dalam psikologi bisa digolongkan sebagai sindrom ratu lebah.

Sindrom ratu lebah sendiri mendorong pelakunya untuk mengejek, mengucilkan, bahkan bertindak buruk pada saingannya agar ia tak terlihat menonjol atau turun prestasi. Hal ini disebabkan karena perempuan ‘ratu lebah’ merasa tersaingi oleh perempuan lain karena beragam hal, mulai dari karier, kecerdasan, bentuk fisik, hingga perhatian dari lawan jenis. Sehingga, mereka tak segan-segan untuk menjatuhkan perempuan lain dengan tujuan untuk mempertahankan ‘singgasana’nya.

Sindrom ini pertama kali diteliti dan didefinisikan oleh sekelompok psikolog di Universitas Michigan pada tahun 1973. Istilah tadi menggambarkan seorang perempuan dalam posisi otoritas yang memandang atau memperlakukan bawahan lebih kritis jika mereka perempuan, terutama jika lingkungan dia bekerja didominasi oleh para pria.

Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher disebut-sebut sebagai contoh riil ratu lebah di dunia birokrasi. Saat ia menduduki tahta pemerintahan negeri Ratu Elizabeth, ia tak pernah terlihat mempromosikan atau mendukung karier sesama perempuan di kabinetnya.

Gambaran lain yang memperlihatkan fenomena sama dapat kita saksikan melalui lakon utama film “Devil Wears Prada”, Miranda Priestly yang diperankan oleh aktris senior Meryl Streep. Miranda, seorang penyunting majalah fesyen yang bossy, egois, dan haus akan kekuasaan dalam film adaptasi karya Lauren Weisberger itu, ia suka sekali menindas bawahannya dengan mengajukan banyak permintaan yang tak masuk di akal hingga membuat staf perempuan di lingkungan kantornya merasa menderita dan tak menikmati kehidupan.

Meski diamini banyak pihak, teori sindrom ratu lebah ditolak oleh beberapa figure public perempuan, termasuk oleh Sheryl Sandberg yang bekerja sebagai chief operating perusahaan raksasa Facebook. Menurut pengamatan Sheryl, perempuan sejatinya tidak lebih kejam dari laki-laki. Konsep semacam sindrom ratu lebah ini muncul karena lingkungan sosial kita berekspektasi perempuan untuk lebih sopan, ramah dan ringan, dan suportif kepada sesama perempuan. Padahal dalam realitanya, tidak ada ekspektasi yang sama dalam dunia kaum adam.

Di sisi lain, walau dianggap kurang relevan saat ini karena isu-isu gender dapat didiskusikan lebih terbuka melalui media sosial. Tapi banyak pihak yang menganggap sindrom psikologis itu masih banyak ditemui, tak hanya sebatas pada lingkungan kerja semata.

Dalam lingkungan kekerabatan atau lingkaran sosial, perempuan dengan status lebih senior kerap berupaya menjatuhkan perempuan yang lebih muda atau dari segi kuasa lebih rendah dibanding dirinya, dengan tujuan untuk mempertahankan status sosial mereka.

Seperti gunung es, fenomena sejenis bukan kondisi yang serta merta terjadi. Banyak perempuan berlaku seperti tadi karena langgengnya seksisme yang mereka dapatkan sebelum meraih posisi puncak. Sehingga bisa disimpulkan, apa yang mereka tunjukkan sejatinya adalah bentuk balas dendam di masa lalu. Seperti yang diungkapkan oleh Naomi Ellemers, seorang profesor dari Universitas Utrecht di Belanda. Ia memperoleh kesimpulan tersebut berdasarkan riset yang melibatkan polisi wanita di Belanda.

Sikap-sikap bossy yang ditunjukkan mereka kepada bawahan nyatanya adalah bentuk diskriminasi lampau yang mendorong mereka melakukan hal yang sama di kemudian hari. Jadi seksisme yang mereka terima dijadikan tradisi yang dilanggengkan oleh sistem.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa bila kita tidak ingin seksisme dan diskriminasi terhadap sesama perempuan berlarut-larut, kita perlu membangun sikap suportif dan menghargai satu sama lain. Terlebih dalam Islam sendiri perintah untuk saling menghargai tersampaikan secara jelas dalam QS Al Hujurat 11:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik…”

Nah, tentu ke depan bila kita tidak ingin sindrom ratu lebah merajalela, yuk dari sekarang biasakan untuk saling mendukung sesama perempuan yang berbuat baik, bukan malah ramai-ramai menjatuhkan dan membuatnya rendah diri. []

Tags: GenderkeadilankerjasamaKesalinganKesetaraanperempuanSindrom Ratu LebahSisterhoodSolidaritas
Hasna Azmi Fadhilah

Hasna Azmi Fadhilah

Belajar dan mengajar tentang politik dan isu-isu perempuan

Terkait Posts

Pekerja Rumah Tangga

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

11 Mei 2025
Membaca Kartini

Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

10 Mei 2025
Neng Dara Affiah

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

10 Mei 2025
Kisah Luna Maya

Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai

9 Mei 2025
Waktu Berlalu Cepat

Mengapa Waktu Berlalu Cepat dan Bagaimana Mengendalikannya?

9 Mei 2025
Vasektomi untuk Bansos

Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

9 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pekerja Rumah Tangga

    Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?
  • Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia
  • Menyusui adalah Pekerjaan Mulia

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version