Mubadalah.Id– Berikut ini biografi Sinta Nuriyah Wahid. Seorang yang bersahaja dan penuh dedikasi. Kata orang bijak, mendengar adalah proses utama untuk memahami. Sebagian besar orang mau mendengar untuk menjawab, lalu mendebat. Bukan untuk memahami. Padahal, pengertian dan kesadaran, hanya bisa jika kita mau memahami. Dan ini diawali oleh kesediaan dan keahlian untuk mendengar.
Ilmu dan teladan ini yang aku dapat dari seorang Ibu Agung, Sinta Nuriyah Wahid, yang saat ini, 18 Desember 2019, menerima anugerah Doktor Honoris Causa, dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Saat itu, di penghujung tahun 1999, menginjak gerbang 2000, aku bersama istri dan satu anak pertama, baru pulang dari studi S2 di Malaysia, tanpa kejelasan rumah tempat tinggal, apalagi pekerjaan. Tentu saja, rumah mertua indah jadi sandaran, menggeser kamar depan punya Mama (ayah istri), untuk kami tempati.
Oleh guru dan kyaiku, Buya Husein, aku diajak bertemu Ibu Sinta, ke rumah Ciganjur, untuk diskusi terbatas anggota Forum Kajian Kitab Kuning, yang dipimpin beliau, menngenai konten, sumber, dan pemikiran Syekh Nawawi Banten dalam kitab Uqud al-Lujjayn.
Aku bukan anggota. Aku santri yang nderek kyai Husein. Setelah diperkenalkan, dan diberi kesempatan bicara, aku melihat wajah Ibu yang teduh, tenang, penuh senyum, dan mendengar dengan seksama. Tidak nampak risih dengan orang baru, santri kampung, belum punya prestasi, apalagi nama sama sekali.
Aku saat itu, bukan siapa siapa di jagat silat pesantren, NU, aktivisme sosial maupun gender, organisasi mahasiswa, apalagi intelektualitas akademik. Aku hanyalah santri kyai Husein yang nganggur gur.
Tetapi, sekalipun dengan seabreg prestasi, posisi ibu negara, takdir darah biru, Ibu Sinta mau mendengar, bahkan memanggil untuk memahami apa yang aku ucapkan dan sampaikan. Duh, tersanjung, terkesima, dan terkulai.
“Faqih, problem banyak laki-laki itu belum mendengar perempuan, apalagi memahami, sudah mencap dan menulis berjilid jilid tentang perempuan”, suatu kali berbisik. “Mari biasakan saling mendengar untuk saling memahami”, dawuhnya.
Sejak saat itu, benih benih mubadalah, seperti yang aku tulis dalam bab tentang jejak sejarah di buku Qiraah Mubadalah, tersemai. Pertemuan berikutnya, bolak balik istana Jakarta, istana Bogor, dan Ciganjur, aku terus diasah mengenai karakter kesalingan, kerjasama, melayani, dan terutama mendengar untuk memahami.
Di hampir setiap pertemuan, biasanya seharian dan semalaman, sering sampai jam 00.00 lebih, hanya Ibu yang konsisten duduk tidak meninggalkan ruangan. Kecuali untuk shalat, dan mudamawah dzikir antara Magrib dan Isya. Sisanya, jiwa dan pikiran Ibu hadir penuh dan utuh, mendengar dan berbicara, tentu tetap dengan khas banyolan keluarga Gus Dur.
“Dandan itu bagian dari keindahan yang dianjurkan Tuhan, laki-laki dan perempuan dituntut untuk indah, sebagai bagian dari keindahan Tuhan. Mbokyo perempuan dandan jangan dianggap menggoda toh, Sebaiknya kita saling menghormati, satu sama lain”.
“Boleh nggak ya, mengartikan istri tawanan suami, dalam sebuah hadits, sebagai metafora, bahwa istri berusaha menawan hati suami, begitupun sebaliknya, suami menawan di hati istri”.
Demikianlah, benih benih mubadalah ditabur, ditanam, disemai, dan dibesarkan. Seperti yang aku catat, buku Qiraah Mubadalah berhutang besar kepada sosok agung, Ibu Sinta Nuriyah Wahid.
Selamat atas anugerah doktor bu, semoga terus menginspirasi kami semua, manusia dan semesta.[]