• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Fenomena Tren Hijab, Sudah Berjilbab, Tapi Masih Sering Disalahkan

Ghadhul bashar bukan sebatas penundukan mata. Tetapi lebih pada kontrol atas cara pandang kita terhadap lawan jenis

Aisyah Aisyah
29/07/2023
in Publik, Rekomendasi
0
Tren Hijab

Tren Hijab

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Beberapa hari yang lalu, aku sempat melihat teman perempuanku membuat status. Sebuah video santri laki-laki yang menjelaskan tentang tren hijab seorang perempuan dengan narasi judul “Tren Hijab Sakaratul Maut”. Yang sangat mengusikku adalah tentang bagaiamana kemudian temanku, sebagai perempuan justru ikut membagikan video tersebut dan mengajak perempuan lain agar mendengarkan dengan baik nasihat santri tersebut.

Di dalam video itu, sang laki-laki mencoba menerangkan tren hijab dengan melilitkan ujung hijab di leher. Dengan narasi demikian dia membuat judul hijab sakaratul maut. Dengan celoteh bercandanya ia berkata: “Jika malaikat gabut akan menarik hijabnya sampai meninggal.”

Belum lagi dengan narasi perempuan  yang menampakkan bagian dadanya alias tidak tertutup seperti memberi santapan-santapan untuk kucing yang lapar. Indikasi ini seolah-olah mengiyakan perempuan sebagai objek seksual dan secara tidak langsung dia membongkar cara pandang mereka (laki-laki) yang begitu merendahkan perempuan.

Meskipun jika kita melihat secara sepintas, bahasa yang ia gunakan adalah bahasa jawa krama yang konotasinya sopan dan nampak memuliakan perempuan, namun jika mendengarkan lebih teliti banyak diksi yang sangat tidak ramah perempuan.

Perempuan sebagai Manusia Penuh

Menuntut perempuan berpakaian dan mengikuti tren hijab dengan baik karena khawatir laki-laki akan berpandangan dan berpikir liar. Berarti sama saja menganggap perempuan sebagai objek seksual karena melihat perempuan sebagai makhluk fisik saja. Padahal dalam konsep Islam, menurut Nur Rofi’ah tatanan manusia adalah utuh. Perempuan sebagai makhluk Tuhan juga menjadi makhluk spiritual dan intelektual sebagaimana laki-laki.

Sebagai makhluk spiritual karena memiliki hati. Sebagai fisik karena memiliki tubuh dengan kekhasannya. Dan sebagai makhluk intelektual karena perempuan juga memiliki akal. Dengan ketiga komponen tersebut, perempuan secara utuh merupakan makhluk yang bertanggung jawab penuh atas dirinya kepada Tuhan.

Baca Juga:

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Membantah Ijma’ yang Melarang Perempuan Jadi Pemimpin

Tafsir Hadits Perempuan Tidak Boleh Jadi Pemimpin Negara

Kepenuhan ini menjadikan laki-laki dan perempuan sebagai khalifah fiil ardh yang bertugas menciptakan kemaslahatan di muka bumi dengan kesempurnaan pemberian Tuhan atas mereka. Karenanya sangat disayangkan jika keduanya sama-sama diberikan akses untuk menjadi khalifah yang baik. Namun dengan rasa previlage-nya menjadikan salah satu berbuat hal-hal yang tidak maslahat.

Siapa yang Harus Ghadul Bashar?

Kita pasti sering mendengar perintah yang tertuju pada perempuan untuk Ghadul Bashar atau menundukkan pandangan. Lalu apakah makna ghadhul bashar sendiri? Jika melihat pendapat Nur Rofi’ah yang mengutip Dr. Amrah Kasim, bashar bukanlah makna fisik seperti mata melainkan kondisi mental saat memandang sesuatu.

Jika demikian, maka ghadhul bashar bukan sebatas penundukan mata. Tetapi lebih pada kontrol atas cara pandang kita terhadap lawan jenis. Yang menjadi masalah ialah ketika hanya pihak perempuan yang harus ghadhul bashar. Padahal jika menelisik dalam al-Qur’an, perintah ini terdapat dalam surat an-Nur ayat 30 dan 31 yang berorientasi pada keduanya yakni laki-laki dan perempuan.

Jika cara berpakaian perempuan dan tren hijabnya menjadi sumber dalil laki-laki untuk melakukan tindakan-tindakan kekerasan, lalu bagaimana dengan perempuan yang telah berusaha berpakaian tertutup, tapi tetap jadi korban pelecehan seksual? Inilah yang kemudian perlu direkontruksi agar perempuan tidak selalu mendapatkan sterotipe negatif hanya berdasar pada cara perempuan berpakaian dan berpenampilan,

Kesalingan dalam Mewujudkan Ghadhul Bashar

Interaksi laki-laki dan perempuan membutuhkan konsep kesalingan yang baik antar keduanya. Ghadhul bashar pada kasus tren hijab ini setidaknya perlu direkontruksi karena sama-sama menjadi sebuah perintah untuk memandang manusia bukan sebagai dasar objek seksual.

Perempuaan harus menundukkan mindset negatifnya kepada laki-laki begitupun laki-laki harus menundukkan mindset negatifnya pada perempuan. Islam menuntun keduanya untuk membangun relasi kemitraan dalam ranah penjagaan tubuh dari berbagai kemungkinan hal negatif yang akan terjadi.

Kemudian dari cara berpakaian. Perubahan untuk saling berpakaian baik atau libasuttaqwa juga menjadi tanggung jawab laki-laki dan perempuan sebagai bentuk ketakwaannya kepada Allah. Keduanya berupaya menggunakan pakaian yang baik karena statusnya sebagai hamba bukan karena paradigma masyarakat lain atas dirinya. []

Tags: Ghadhul BasharKesalinganObjek SeksualperempuanTren Hijab
Aisyah

Aisyah

Aisyah Mahasiswa PascaSarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terkait Posts

Peran Aisyiyah

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

20 Mei 2025
Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

20 Mei 2025
Bangga Punya Ulama Perempuan

Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

20 Mei 2025
Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version