Mubadalah.id – Dalam webinar yang diadakan oleh WGWC grup edisi ke-16 dengan tema, “Best Practice Penyuluh Agama Islam dalam Pendampingan Mantan Narapidana Terorisme” pada tanggal 21 April 2021 silam, menjadi sebuah catatan penting dalam melihat peran sentral penyuluh agama Islam dalam proses deradikalisasi. Melalui dua narasumber yaitu ibu Sriwanti S.Ag. M.Pd dan ibu Sri Endah Sukmawati, S. A, yang merupakan penyuluh agama, memberi cara pandang baru dalam melihat proses pendampingan dari perspektif perempuan.
Hal yang cukup menarik, karena keterlibatan peran penyuluh agama dalam proses pendampingan napiter selama ini masih sering didominasi oleh kaum lelaki. Sebagaimana ungkapan ibu Endah, yang bertugas mendampingi mantan napiter lapas Nusakambangan, bahwa mayoritas penyuluh agama sebagian besar adalah laki-laki, bahkan beliau satu-satunya penyuluh agama perempuan. hal ini tentu berpengaruh saat proses pendampingan yang juga memerlukan pendekatan khusus.
Tentu bukan hal yang mudah untuk mendampingi para napiter, yang memiliki cara pandang ekstrimis yang sudah mengakar erat dalam diri. Peran penyuluh agama Islam diperlukan dalam pendampingan dengan memberi pemahaman tentang agama Islam yang ramah bagi siapa saja. Namun untuk membangun relasi yang membuat mereka membuka diri, diperlukan suatu pendekatan yang mampu menyentuh hati, sekaligus mengajak mereka untuk berpikir kembali tentang dalil-dalil agama yang rahmatan lil alamin dari pada yang bernada keras.
Menurut ibu Endah, selama proses pendampingan penyuluh agama lebih banyak menggunakan pendekatan emosional dengan napiter, melalui obrolan-obrolan ringan yang sama sekali tidak to the point pada keyakinan radikalisme yang mereka yakini. Cara ini dilakukan penyuluh agama agar membuat mereka nyaman dan untuk membuka diri dengan orang lain. Hal ini terbukti efektif, karena secara perlahan mereka bisa membuka diri. Walaupun ini memerlukan waktu yang lama untuk bisa mengurangi rasa kecurigaan mereka pada penyuluh selama proses pendampingan.
Lain halnya dengan Bu Sriwanti, penyuluh agama Lumajang yang menggunakan pendekatan bahasa ibu untuk mendampingi simpatisan radikalisme yang masih remaja. Ia mengaku menyesuaikan diri dengan suasana dan kondisi serta keinginan dari si remaja. Melalui pendekatan ini, beliau akhirnya menperoleh informasi terkait alasan dibalik keterlibatan remaja sebagai simpatisan. Menurut beliau, peran keluarga sangat berperan besar pada remaja, yang mana pada usia ini lebih rentan terpapar radikalisme.
Dua macam pendekatan yang berangkat dari pengalaman perempuan dan ciri khas perempuan dari penyuluh agama tersebut, membuktikan peran perempuan dalam proses pendampingan terbukti efektif dalam membina para napiter. Hal ini juga diaminkan oleh bapak Ihsan Ali Fauzi, direktur PUSAD Paramadina selaku penanggap dalam webinar ini. Menurut beliau, perempuan memiliki akses yang mudah dalam membina napiter. Sebab, mempunyai sisi keibuan. Namun, perempuan juga harus terus meningkatkan kemampuan agar lebih mampu untuk menangkal radikalisme.
Sebagaimana riset yang dilakukan oleh beliau, ada dua poin yang perlu mendapatkan perhatian bersama, yaitu tentang radikalisme dan penyuluh agama. Empat kesimpulan yang diperoleh dari riset tersebut sebagai berikut. Pertama, sistem spesialisasi yang belum bekerja maksimal. Kedua, penyuluh agama dituntut merespon masalah di masyarakat, tapi tidak dibarengi dengan sumber pengetahuan yang mumpuni. Hal yang menjadi problem tersendiri bagi penyuluh. Ketiga, pemahaman tentang toleransi dan kepemimpinan masih kurang. Keempat, intensif sarana dan prasarana yang tak memadai atau tak sesuai dengan apa yang sedang mereka hadapi.
Empat kesimpulan di atas perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah dan stakeholder terkait, guna memastikan peran penyuluh agama dalam proses pendampingan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Apalagi untuk para mantan napiter yang memerlukan waktu lama untuk benar-benar terlepas dari jerat paham radikalisme. Maka diperlukan pendampingan yang berkelanjutan, baik saat masih berada dalam lapas maupun pasca di luar lapas.
Selain itu, dalam proses deradikalisasi, kita semua turut serta berperan penting dalam menyebarkan paham Islam yang rahmatan lil alamin, baik dalam kehidupan nyata maupun dunia maya. Terutama penyebaran konten Islam yang ramah dalam menangkal paham radikal yang banyak bertebaran di media sosial. Apalagi saat ini, penggunaan media sosial sangat massif digunakan oleh semua orang, tanpa mengenal batas usia. Maka sudah sepatutnya kita menjadikan media sosial sebagai cara termudah mengajak orang lain mengenal Islam yang santun dan ramah. []