Mubadalah.id – Tujuh puluh enam tahun sudah, Indonesia merayakan kebebasannya usai lepas dari belenggu kolonialisme yang sekian lama merenggut kedaulatannya sebagai bangsa yang fitrahnya merdeka, seperti juga fitrah bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.
Merayakan kemerdekaan Indonesia hari-hari ini bisa dilakukan dengan terus menerus melakukan otokritik terhadap diri kita sendiri: terhadap negara yang kebijakan-kebijakan dan pemangkunya belum sepenuhnya memerdekakan warganya, terhadap sistem yang alih-alih menjadi jangkar keadilan bagi ketimpangan justru menjadi alat yang mempertebal dinding ketakadilan, juga kepada sesama warga negara yang semangat relijiositasnya kerap tampil dalam sikap-sikap menabur kebencian ketimbang menebar kedamaian.
Realitasnya, masih banyak orang di negeri ini yang hari-harinya jauh dari kata merdeka. Terutama perempuan dan kelompok-kelompok rentan yang tiap hari barangkali kenyang dengan sikap dan tudingan-tudingan nyinyir berbalut agama, hanya untuk merendahkan martabat kemanusiaannya.
Perempuan dan kelompok rentan sering didikte pilihan-pilihan ketubuhannya. Tak jarang kita mendengar bahwa fitrah perempuan hanyalah untuk hamil dan melahirkan, maka perempuan yang infertil atau memang memilih untuk tak hamil dan tak melahirkan, dianggap jauh dari kata sempurna, atau bahkan dituding melanggar fitrah-Nya. Tubuh manusia kerap dilihat hanya sebagai benda yang berproduksi semata, sehingga fungsi-fungsi kita seolah menjadi tak lebih beda dari robot belaka.
Padahal di balik tubuh yang terlihat secara kasat mata, keutuhan kita sebagai manusia juga mewujud dalam keseluruhan kesadaran dan pengalaman-pengalaman kita yang tak kasat mata.
Farid Zahi, seorang pemikir muslim asal Maroko, menyatakan dalam karyanya, jasad wa aṣ-ṣūrah wa al-muqaddas fi al-Islām bahwa segala perwujudan bermula dari tubuh. Tubuh adalah sesuatu hal yang given, ia merupakan lokus, titik-titik perjumpaan, yang membentuk fondasi kehidupan, gerakan, tindakan dan kesadaran. Tubuh adalah prasyarat utama dari seluruh keberadaan, eksistensi, ia pula yang membentuk pusat hakikat dan persepsi kita akan segala hal.
Sehingga fitrah tak sakadar seonggok daging, lapis-lapis kulit, tulang dan otot-otot yang membentuk kita secara biologis, tetapi akal dan kesadaran ketubuhan kita, perjumpaan-perjumpaannya dengan berbagai lapis pengetahuan dan pengalaman, juga adalah apa-apa yang membentuk kita sebagai manusia. Dus, fitrah kita adalah berbagai kesadaran dan pengalaman ketubuhan kita yang sejatinya merdeka dari dikte-dikte manusia lainnya.
Fitrah kita adalah akal untuk melihat, merenung, memaknai, memberi arti dan memilih berbagai hal yang kita alami dan jumpai saban dari. Fitrah kita adalah kehendak iman untuk belajar menangkap pendar-pendar cahaya-Nya yang mewujud dalam keragaman manusia beserta pengalaman ketubuhannya. Fitrah manusia adalah ragam realitas yang memperkaya kemanusiaan kita.
Allah menegaskan dalam satu ayat-Nya:
وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ النَّاسَ أُمَّةً وَاحِدَةً ۖ وَلَا يَزَالُونَ مُخْتَلِفِينَ
Wa-lau syā’a Rabbuka la-ja’ala an-nāsa ummatan wāḥidatan wa-lā yazālūna mukhtalifīna
Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka tetaplah berbeda-beda. (Q.S. Hūd: 118)
Keragaman manusia adalah bagian dari fitrah penciptaan yang Allah berikan kepada kita, keragaman itu tak saja diejawantah oleh Allah dalam perbedaan kelompok beragama, tetapi juga dalam jutaan identitas lain yang demikian beragam di dunia. Setiap manusia memiliki pengalaman dan pemaknaan atas tubuhnya yang tentu saja tak tunggal, tak mungkin kita membuatnya menjadi seragam.
Tak mungkin pula kita memaksa tubuh orang lain untuk mengikuti apa yang kita katakan. Tubuh orang lain beserta pilihan-pilihan hidupnya adalah fitrahnya, seperti bahwa setiap perenungan dan pilihan hidup yang kita ambil adalah fitrah dan tanggung jawab kita sendiri.
Akan sangat sia-sia jika umat beragama justru menghabiskan begitu banyak waktu dan tenaga keimanan dan penghayatan ketuhanannya dengan menyangkali keindahan fitrah ini, memendam begitu banyak amarah dan kebencian terhadap keragaman yang ada, lalu abai untuk berzikir dalam pikir yang sungguh-sungguh dalam menangkapi spektrum cahaya ilahi melalui wajah-wajah keragaman yang telah Tuhan ciptakan di setiap jengkal realitas di bumi ini. []