Mubadalah.id – Selain tauhid, ada banyak disiplin ilmu dalam Islam, di antaranya tasawuf, filsafat, fikih, aqidah, dan lain sebagainya. Sependek kajian saya terhadap ilmu-ilmu keislaman, setidaknya ada dua ilmu yang dianggap sebagai puncak dari segala ilmu, yakni kalau tidak tawasuf, ya filsafat. Saya sendiri memandang bahwa baik tasawuf dan filsafat memang menjadi ilmu yang mempunyai peranan yang sangat penting, sebagai upaya kita dalam memahami ilmu itu sendiri, memahami Islam dan kehidupan.
Namun begitu, tanpa niat mengenyampingkan peranan besar tasawuf dan filsafat, saya justru meyakini bahwa puncak dari segala ilmu, Islam dan kehidupan adalah tauhid. Secara sederhana tauhid itu bermakna satu, bersatu, menyatu. Maka tauhid itu titik temunya adalah Allah Yang Maha Satu. Sebagai satu-satunya sumber kebenaran (Al-Haq). Bahkan ilmu-ilmu keislaman itu semua pada intinya didesain agar kita dapat mengenal Allah Yang Maha Satu (Esa).
Sehingga kalau kemudian kita kontekstualisasikan maknanya, bahwa tauhid merupakan ikhtiar sungguh kita untuk mengenal dan ‘menyatu’ dengan Allah. Sebab selain Allah itu makhluk, semua ciptaan Allah itu tidak ada, ‘yang ada’ itu hanya Allah, makhluk itu sejatinya tidak ada. Yang ada itu hanya Allah Yang Maha Ada, bahkan Allah itu ada sebelum ada istilah ada dan tidak ada. Maka mempelajari tauhid itu merupakan perenungan ke arah bahwa kita harus yakin kepada Allah, bahwa Allah itu ada dan Allah itu satu.
Demikian maka Islam sejatinya adalah agama tauhid. Agama yang menjunjung tinggi hakikat Allah. Bahwa Allah saja yang patut disembah dan dimuliakan. Dan itu artinya bahwa spiritualitas tauhid harus menjadi ruh dalam menegakkan kemanusiaan di muka bumi. Dan kita sebagai manusia, di mata Allah itu sama alias sederajat tanpa peduli jenis kelamin, agama, suku dan identitas sosial lainnya. Sebab yang menentukan kualitas seseorang itu kualitas takwanya. Sementara yang tahu kualitas takwa seseorang hanya Allah saja.
Untuk itulah kita tidak boleh mempermainkan kaliimatut tauhiid dengan sembarang, misalnya untuk kepentingan mengeruk uang, membodohi umat, kepentingan politik praktis, berbuat makar dan apalagi sampai membenci umat agama lain. Orang yang bertauhid adalah orang yang mempunyai spirit mempersatukan, bukan mencerai-beraikan. Orang yang bertauhid adalah orang yang tak akan silau dengan harta dunia, jabatan dan segala perilaku hubbud dunya (gila dunia) lainnya.
Seseorang dengan kualitas tauhid yang tinggi itu adalah dia yang hanya menggantungkan hidup kepada Allah, berserah diri dan pasrah kepada Allah. Makna ini didapat dari makna Islam yang berarti berserah diri dan pasrah kepada Allah. Kita tunduk dan patuh kepada Allah, sebagai Tuhan yang merahmati sekalian alam, sebagai karakter Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Sehingga ketika Allah dan Islam saja rahmatan lil ‘alamin, sudah sepatutnya kitapun berupaya untuk dapat meneladani kebaikan Allah dan ruh Islam yang merahmati.
Jadi sebagai manusia, sebagai makhluk ciptaan Allah, kita tidak perlu takut kepada siapapun, tidak boleh minder, dan tidak perlu merasa iri dengan apa-apa yang dimiliki oleh orang lain. Kita harus mampu mengkonkritkan spirit tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Keyakinan tauhid kita harus mewujud dalam ucapan dan perbuatan kita. Jangan sampai keyakinan tauhid kita hanya berhenti dalam ucapan. Termasuk spirit tauhid kita harus menjadi benteng agar terhindar dari perilaku zalim korupsi dan intoleransi.
Sejarah Islam mencatat, seseorang bernama Abdurrahman Ibn Muljam, adalah sosok yang mengaku Muslim, dia dapat menghafal Al-Qur’an, berpuasa di siang hari, dan istikamah shalat tahajud ketika sepertiga malam. Tapi ternyata keyakinan tauhidnya palsu. Dia justru orang yang menjadi paling biadab, sampai tega membunuh sahabat dan menantu terbaik Nabi saw, yakni Ali bin Abi Thalib ketika sedang mendirikan shalat shubuh.
Akhirnya, mari kita perkuat ketauhidan kita, agar kualitas keislaman dan kehidupan kita bisa lebih baik. Berhijrah dan bertobatlah dengan sabar serta tekun sebagaimana kita belajar Islam harus dengan sabar dan tekun. Belajar Islam itu berproses, tidak boleh instan.
Kalau sudah demikian, nilai diri kita masing-masing, sebelum menilai orang lain, apakah kita masih sering dirundung gelisah, kecewa, marah, takut? Orang dengan kualitas tauhid yang baik akan dapat mengelola potensi gelisah, kecewa, marah dan takut dengan hasil yang justru membuahkan kebaikan. Sampailah nanti pada kesimpulan bahwa orang yang ahli sabar dan tauhid adalah orang yang ahli dalam segala hal. Wallaahu ‘alam. []