Mubadalah.id – Pernah mendengar istilah “Time is Money” atau biasa diterjemahkan waktu adalah uang, mungkin ungkapan tersebut sudah relevan di telinga sebagian masyarakat. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa waktu sebegitu dihargai sama dengan menghargai uang? apakah ada filosofi waktu tertentu? Apakah ada alasan tersendiri dibalik itu?
Padahal jelas-jelas antara waktu dan uang merupakan dua hal yang berbeda satu sama lainnya. Mungkin salah satu alasan yang dapat diterima logika berkaitan dengan hal tersebut, dalam filosofi waktu seringkali ia dianggap sepele oleh sebagian kalangan, sementara jika waktu telah hilang maka tidak akan bisa kembali selamanya meskipun kita menginginkannya. Alasan inilah yang menjadikan waktu begitu berharga bahkan jauh lebih dari sekedar uang.
Bahkan ada ungkapan dalam Islam yang mengatakan “Al-waqtu kassaifi in lam taqtha’hu qatha’aka”. Waktu bagaikan pedang, jika tidak dipergunakan dengan baik, maka ia tidak segan melukai. Ini menunjukan betapa pentingnya filosofi waktu bagi kehidupan, jika kita tidak bisa memanfaatkannya maka bersiaplah kehilangan kesempatan yang berharga. Dalam Al-qur’an sendiri terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan waktu. Seperti QS. Al-‘Asr[103] :1-3
﴿ وَالْعَصْرِۙ ١ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ٢ اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ࣖ ٣ ﴾
Demi masa(1) sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian(2),kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran(3).
Meskipun QS.Al-‘asr ini tergolong ke dalam surah pendek, akan tetapi isi kandungan surah ini mengajak manusia untuk lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan sesuatu yang bermanfaat. Selain surah Al-‘asr, terdapat pula beberapa ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan waktu.
Semisal wa shubhi (demi waktu shubuh), wad dluhâ (demi waktu dhuha), wal laili (demi waktu malam). Ditambah pula penggunaan huruf qasam (sumpah) dalam beberapa contoh redaksi ayat Al-Qur’an di atas menegaskan kembali tentang urgensi dari filosofi waktu itu sendiri yang jarang manusia ketahui.
Dikatakan juga dalam sebuah syai’r
اَلاَ لَيْتَ الشَّبَبَا يَعُوْدُ يَوْمًا فَأُخْبِرَهُ بِمَا فَعَلَ الْمُشِيبُ
Jika sekiranya masa muda dapat kembali walaupun sehari, maka akan aku ceritakan suatu penyesalan di masa tua
Secara eksplisit syair di atas menggambarakan bagaimana beratnya penyesalan dari waktu yang telah terlewatkan bukan perihal harta, tahta ataupun materi, tapi justru kesempatan yang dimiliki yang tak pernah dihargai sebab waktu tak bisa diambil alih kembali oleh siapapun dan bagaimanapun.
Filosofi Waktu menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib
Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan, al-dun-ya tsalâtu ayyâm. Perihal kehidupan dunia sebenarnya hanya berkutat pada filosofi waktu tiga hari.
Pertama, yaumun qad madlâ walaisa bi `âdin (hari kemarin, hari yang sudah berlalu dan tidak mungkin kembali) Semua pasti sudah melewati masa ini atau biasa disebut dengan masa lalu. Masa lalu bukan hanya berbicara tentang sebuah penyesalan, tetapi sebenarnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari masa lalu untuk persiapan di masa yang akan datang.
Kedua, yaumun wa anta fîhâ, wa lâ tadrî anta bâqin am râhil (hari dimana anda berada sekarang yang mana Anda tidak tahu, apakah Anda masih akan hidup atau justru sebaliknya). Ini yang biasa disebut sebagai masa sekarang, masa yang sedang dijalani semua orang dengan tetap berusaha melakukan yang terbaik di setiap kesempatan serta menghargai apa yang dimiliki agar tidak timbul penyesalan dikemudian hari.
Ketiga, yaumul ghad wa `alaika minal amal (hari esok, hari yang akan datang dan harus punya cita-cita serta harapan mulia). Menatap masa yang akan datang harus disertai sikap optimisme sebab nantinya akan melahirkan sebuah nilai dalam menggapai impian dan cita-cita.
Demikian filosofi waktu menurut sahabat Ali bin Abi Thalib. Semoga bermanfaat. []