• Login
  • Register
Jumat, 23 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Anak Muda Dalam Menghadapi Permasalahan Ekologi

Penting untuk mengupayakan sebuah perspektif yang memaknai bahwa alam berada dalam relasi yang setara dengan manusia

Efrial Ruliandi Silalahi Efrial Ruliandi Silalahi
23/02/2023
in Publik
0
Permasalahan Ekologi

Permasalahan Ekologi

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Semakin hari bumi berada dalam tingkat kepanasan yang tinggi, maka perubahan iklim menjadi tidak terhindarkan. Dengan demikian, keseimbangan ekosistem yang berjalan dengan iklim yang stabil menjadi terganggu dan menimbulkan ancaman bagi kehidupan. Sebelum akhirnya permasalahan ekologi menjadi sesuatu yang menakutkan seperti yang kita hadapi saat ini, sebenarnya permasalahan tersebut telah berlangsung lama dan menjadi pergumulan umat manusia sejak dulu. Ada begitu banyak pihak yang telah mengupayakan pembahasan dan penyelesaian permasalahan ekologi, termasuk di antaranya anak muda yang berada di komunitasnya masing-masing.

Anak Muda dan Permasalahan Ekologi

Komunitas harus mampu menampung ide gagasan anak muda serta memberikan pengalaman nyata dalam menghadapi realita yang ada, sehingga anak muda menyadari bahwa permasalahan ekologi merupakan masalah yang perlu kita gumuli secara serius. Permasalahan ekologi kita sadari betul keberlangsungannya sehingga tidak lepas dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian berkaitan erat juga dengan masalah pengelolaan sumber daya alam yang menimbulkan ketidakadilan serta kemiskinan. Oleh karena itu penting untuk membangkitkan kesadaran akan urgensi krisis ekologi yang terjadi.

Keadilan, perdamaian hingga keutuhan ciptaan menjadi kata kunci dalam tulisan ini sebagai respon atau pergumulan dari permasalahan ketidakadilan, perang, dan penghancuran lingkungan  hidup yang manusia lakukan. Berbicara mengenai keprihatinan ekologis yang dianggap tidak terlepas dari permasalahan sosial yang ada. Sebagai bagian dari masyarakat, anak muda harus menunjukkan pandangan dan keyakinan teologisnya mengenai alam dan krisis ekologi yang terjadi saat ini.

Menjadi sangat menarik dan penting bila anak muda mampu melakukan pembahasan mengenai perspektif atau pandangan teologis yang berkenaan tentang alam dan teologi penciptaan. Tujuannya agar memberikan dasar pemikiran yang tepat dalam melihat dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Sehingga penjelasan itu sendiri melibatkan pemaknaan terhadap Gusti Allah dan ciptaanNya.

Ekologi dalam Pandangan Agama-agama

Pembahasan mengenai permasalahan ekologi sebenarnya telah menjadi pembicaraan lama dalam setiap agama-agama. Secara spesifik sudah mulai untuk membicarakan tentang permasalahan ekologi yang timbul karena pengeksploitasian alam, hingga menyebabkan kerugian bagi alam dan tentunya merugikan manusia juga.

Baca Juga:

Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

Tamasya “Wisata” Kota Sampah dan Pandangan Kritis Seyyed Hossein Nasr

Membaca Ensiklik Katolik Laudato Si’ Menggunakan Perspektif Mubadalah

Lailatul Qadar adalah Pesan Pelestarian Lingkungan

Pentingnya anak muda secara khusus agar membahas pandangan mereka mengenai alam dan tanggung jawabnya dalam menghadapi krisis ekologi yang terjadi. Selain itu juga membahas dan menyajikan data-data dengan ilmiah. Sehingga menciptakan keseimbangan antara kenyataan kerusakan alam serta refleksi terhadapnya. Akibat krisis ekologi yang makin terasa oleh banyak orang sehingga semakin penting untuk bergerak bersama untuk menyikapi permasalahan tersebut.

Hal tersebut merupakan upaya berharga yang anak muda lakukan dalam rangka menyikapi permasalahan ekologi yang ada. Setidaknya anak muda telah memberikan perhatian terhadap isu yang seluruh umat manusia hadapi saat ini. Dengan demikian, maka anak muda juga terakui turut memberikan sumbangsih dengan mengupayakan penyelesaian masalah ekologi tersebut.

‘Ekologi Dalam’ Sebagai Perspektif Progresif

Dalam tulisan ini, saya hendak membagikan pemikiran Arne Naess yang merupakan seorang filsuf dari Norwegia. Beliau menciptakan istilah ‘ekologi dalam’. Ia terkenal sebagai tokoh intelektual yang menginspirasi dalam gerakan lingkungan pada akhir abad kedua puluh. Dalam perkembangan pemikiran ekologi, terdapat pemetaan yang berupaya Arne Naess sampaikan.

Melalui penyampaiannya itu, Ia menggolongkan kecenderungan yang ada dalam gerakan ekologis ke dalam dua pembagian yang kita sebut Ekologi Dangkal (Shallow Ecology). Ia menjelaskan sebagai pemahaman atau pendekatan ekologi yang melihat bahwa alam perlu kita lestarikan, agar mengatasi permasalahan sumber daya alam atau kerusakan alam perlu kita atasi karena mengancam kelancaran hidup manusia.

Sedangkan Ekologi Dalam (Deep Ecology) merupakan pemahaman atau pendekatan ekologis yang tidak berangkat dari segi manusianya dahulu. Melainkan menekankan tentang biotic community dan pengakuan bahwa adanya kesatuan esensial segala makhluk di bumi.

Dalam pengertian sederhana, ekologi dalam berupaya melihat alam dan nilainya secara utuh. Bukan berdasarkan fungsinya saja bagi manusia. Sehingga, pemaknaan ekologi yang demikian menjadi alam bernilai dan berharga, serta membuat alam dan manusia ditempatkan pada kesetaraan relasi sebagai yang sama berharganya sebagai ciptaan Gusti Allah.

Ekologi Dangkal

Sedangkan Ekologi Dangkal (Shallow Ecology) mempunyai kemiripan dengan antroposentrisme. Antroposentrisme sendiri merupakan suatu keyakinan atau paham bahwa manusia merupakan pusat dari alam semesta. Pemahaman ini melihat alam hanya sebatas nilai kegunaannya bagi manusia, sehingga usaha yang dilakukan untuk melestarikan alam hanya sebatas pada keperluan manusia untuk menghindari ancaman krisis ekologi yang memberikan dampak buruk bagi manusia semata.

Dapat kita simpulkan bahwa alam dan manusia berada dalam ketidaksetaraan relasi. Pandangan semacam inilah yang kemudian menghasilkan sikap eksploitatif dalam diri manusia terhadap alam hingga kerusakan ekologi menjadi semakin parah tiap harinya.

Sebagai penutup dari tulisan ini, maka penting untuk mengupayakan sebuah perspektif yang memaknai bahwa alam berada dalam relasi yang setara dengan manusia. Antroposentrisme memiliki kecenderungan untuk menyangkal integritas ciptaan dan manusia itu sendiri bukanlah penguasa ciptaan. Sehingga pemahaman seperti ini keliru dan harus kita tinggalkan. []

Tags: Anak MudaEkologiIsu LingkunganKeadilan EkologisPerubahan Iklim
Efrial Ruliandi Silalahi

Efrial Ruliandi Silalahi

Suka Menonton Film dan Pemburu Buku Gratisan

Terkait Posts

Memahami Disabilitas

Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

23 Mei 2025
Peran Aisyiyah

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

20 Mei 2025
Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

20 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hj. Biyati Ahwarumi

    Hj. Biyati Ahwarumi, Perempuan di Balik Bisnis Pesantren Sunan Drajat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah KB Hanya untuk Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin: Telaah Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membaca Bersama Obituari Zen RS: Karpet Terakhir Baim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Filosofi Santri sebagai Pewaris Ulama: Implementasi Nilai Islam dalam Kehidupan Sosial
  • Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin: Telaah Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab
  • Membaca Bersama Obituari Zen RS: Karpet Terakhir Baim
  • Yuk Belajar Keberanian dari Ummu Haram binti Milhan…!!!
  • Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version