Mubadalah.id – Islam merupakan agama dakwah, mengajarkan kepada umatnya untuk mengamalkan seluruh nilai-nilai Islam dalam praktik kehidupan, perilaku sehari-hari, dan bergaul dengan sesama manusia. Soekarno menyebut Islam sebagai agama perbuatan, bersumber dari al-Qur’an dan perbuatan Rasulullah yang dibimbing langsung hatinya oleh Allah SWT.
Salah satu kemuliaan bulan Ramadan karena di bulan tersebutlah al-Qur’an yang turun pada malam Nuzulul Qur’an. allah, melalui malaikat Jibril mewahyukan kepada seorang hamba yang agung, yaitu Nabi Muhammad SAW. Dalam sejarah, Nabi Muhammad telah melewati proses pembersihan, penjernihan, dan pemurnian hatinya sebelum menerima wahyu yang agung, kalam Allah, yaitu al-Qur’an.
Soekarno menyampaikan amanat yang begitu mendalam dan sesuai dengan keadaan umat Islam hari ini. Di Istana Negara pada 10 Januari 1966 Soekarno mengingatkan kembali kepada umat Islam akan pentingnya mengambil semangat, spirit, dan api Islam bagi kelangsungan kehidupan masyarakat sebagai bangsa dan umat beragama.
Api Islam dan Bangsa yang Kuat
Api Islam merupakan prinsip, nilai, semangat, dan spirit yang ada dalam agama Islam. Setiap umat Islam yang menangkap, mengambil, dan menjalankan prinsip-prinsip Islam akan mampu memberikan sumbangan besar bagi kehidupan suatu bangsa. Negara yang berkebangsaan seperti Indonesia akan kuat dengan penerapan prinsip-prinsip Islam yang benar-benar tertangkap dan umat Islam pahami.
Jika suatu bangsa dan masyarakat ingin sentosa, sejahtera dan kuat maka carilah dan ambillah api Islam. Api Islam bukan abu dari kayu yang dibakar, bukan celaknya, bukan sorbannya, bukan tabirnya. Tapi semangat Islam, prinsip Islam adalah keadilan, kemanusiaan, dan kemajuan.
Umat Islam di Indonesia tidak lepas dari hal-hal tersebut. Banyak yang mengambil abunya, celaknya. Hanya mengagungkan simbol-simbol Islam, tapi tidak menangkap maksudnya, artinya dari sebuah simbol tersebut. Akibatnya umat Islam hanya menerapkan Islam sebatas tenggorokan, tidak sampai pada hatinya.
Perselisihan umat Islam, benturan, dan gontok-gontokan seperti yang terjadi saat ini, memperlihatkan bahwa kita kerap menjadikan simbol sebagai maksud dari ajaran Islam. Hingga menyebabkan sesama umat Islam mudah untuk saling mengkafirkan, bahkan menyesatkan. Beberapa kasus yang tersaji di media hari ini menampilkan bahwa simbol Islam menjadi ukuran atau standar untuk menilai kedalaman pengalaman Islam.
Islam, Bukan Sebatas Simbol
Tidak sulit mencari kasus orang-orang yang berpenampilan Islami, memakai jubah, sorban, celak, namun melakukan pelanggaran yang dilarang oleh negara dan agama. Kasus pelecehan seksual tidak sedikit dilakukan oleh orang yang kita nilai telah kuat dalam berislam, di pesantren, guru agama di sekolah, guru ngaji di madrasah.
Bahkan dalam persoalan yang lebih besar, seorang yang kita nilai taat dalam berislam telah memanfaatkan simbol Islam untuk kepentingan politik, menjadi pejabat yang koruptif, bahkan kekuasaan mereka gunakan untuk merebut atau merampas hak orang lain. Kasus tersebut kerap menimpa orang yang taat dalam beragama. Namun setelah perkara selesai, orang itupun kembali diagung-agungkan.
Pergeseran tersebut (dari memahami Islam secara simbol menjadi Islam secara prinsip) harus kita lakukan untuk mempersiapkan bangsa yang kuat. Masyarakat Islam menjalankan Islam sebagai prinsip dalam kehidupan akan dapat memberikan makna, sehingga beribadah dan menjalankan ajaran Islam tidak kering dari arti dan nilainya. Tidak berhenti dan mengamalkan simbolnya yang menyebabkan umat Islam tertutup terhadap peradaban baru. Yakni kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Nuzulul Qur’an berarti Mengambil Api Qur’an
Peristiwa malam Nuzulul Qur’an merupakan kejadian agung bagi umat Islam. Al-Qur’an menjadi pedoman bagi kehidupan kaum muslimin, dalam beribadah, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maka al-Qur’an tidak hanya kumpulan kata-kata yang tidak bermakna, tidak memiliki pesan, jiwa, spirit, dan semangat bagi pembacanya.
Ayat al-Qur’an yang turun di negeri Makkah memuat pesan dan nilai universal, ketauhidan, keadilan, kemanusiaan, dan kesetaraan. Sedangkan ayat yang turun di Madinah memuat aturan-aturan, etika beragama dan bermasyarakat, serta hubugan antar umat beragama.
Nilai-nilai tersebutlah api Qur’an, yang harus menjadi rujukan umat Islam, panduan dan pedoman dalam menjalani kehidupan dalam berbangsa maupun bermasyarakat. Jika kita telah mampu mengambil dan menangkap apinya, maka kita akan dapat membawa umat manusia kepada puncak kebenaran dan kebahagiaan.
Jika kita tidak mampu menangkal apinya, maka al-Quran hanya akan menjadi bacaan, sebatas lidah, tenggorokan dan tidak sampai ke dalam hati kita. Sementara api Qur’an tidak kita ambil, tidak kita tangkap dan kita amalkan dalam kehidupan. Itulah sebabnya ada di antara penghafal Qur’an, tapi menindas manusia, membunuh manusia lain, dan gemar mencaci maki sesama umat Islam.
Artinya api Qur’an tidak tertangkap dan tidak sampai ke hati pembacanya. Sehingga perbuatan manusia yang hanya sibuk dengan membaca ayat-ayat Qur’an, tapi enggan mengambil apinya hanya akan menjadikan agama ini lipservice. Di dalam masjid memutar-mutar tasbih. Tapi tidak dapat mengamalkan apinya,. Yakni api Qur’an.
Soekarna menyadari bahwa Islam dan al-Qur’an yang turun pada malam Nuzulul Qur’an itu, banyak diamalkan kaum muslimin pada masa itu jauh dari apinya. Sibuk berdzikir, tapi tidak menyadari bahwa tetangganya sedang kelaparan. Naik haji berkali-kali tapi tidak peduli dengan sesama umat Islam. Terus menyumbang untuk kemewahan masjid, tapi tidak memperhatikan sesama yang pengangguran. Soekarno tampaknya paham betul bagaimana umat Islam di Indonesia lebih mementingkan simbol Islam daripada prinsip Islam. []