Mubadalah.id – Mengapa kita harus belajar toleransi dari One Piece? Karena siapa sih yang tidak mengenal Serial Manga One Piece yang banyak penggemarnya ini. Manga yang Eiichiro Oda ciptakan ini telah meraih Guinness World Record untuk kategori salinan terbanyak untuk seorang penulis komik tunggal.
Bahkan memecahkan rekor sebagai manga paling laris sepanjang sejarah melebihi komik-komik besar lainnya seperti Detective Conan, Naruto, Dragon Ball, dan deretan manga besar lainnya.
Uniknya, beragam macam isu yang terangkat dalam serial One Piece begitu banyak mengangkat berbagai macam isu-isu sosial kemasyarakaratan. Mulai dari perbudakan, ketidakadilan, pemerintah yang korup, penindasan, bahkan banyak menyinggung soal keragaman. Karena alasan di atas kita belajar dari One Piece.
Soal terakhir inilah yang menjadi poin penting yang akan saya di sini. Saya pernah mendapatkan sebuah cuplikan menarik yang menayangkan adegan memorable dan sangat membekas kuat di kepala.
Kira-kira begini, “Karena kebodohan kalian, kalian pun takut pada mereka yang berbeda!” Ungkapan tersebut muncul pada episode 962 dari sosok Kozuki Oden, salah seorang tokoh dalam serial anime One Piece yang berperan sebagai pemimpin di negeri Wano (sebuah pulau yang menutup diri dari dunia luar, bahkan tidak terjamah oleh pemerintah).
Pasalnya pernyataan itu lahir dari sebuah adegan yang menayangkan beberapa penduduk Wano yang menemukan seekor kucing, anjing dan Kappa yang terdampar. Di mana berasal dari suku Mink yang bisa berbicara.
Karena mereka menganggap sebagai fenomena yang benar-benar berbeda dan aneh dari umumnya, “hewan kok bisa ngomong”, mungkin begitu dugaannya. Maka para penduduk pun menangkap dan akan bersiap menyiksanya, bahkan akan membakarnya.
Protes pada Ekslusivitas Perbedaan Ras
Dari konteks itulah pernyataan Oden lahir sebagai bentuk protes pada ekslusivitas perbedaan ras yang terjadi. Tidak hanya itu, terkait perbedaan ras dan suku, Oda menggambarkan sebuah serial yang penuh dengan ras-ras unik yang berbeda satu sama lain, ada ras raksasa, manusia mungil atau kurcaci, suku lengan panjang, suku kaki panjang, suku leher panjang, suku tiga mata, suku mink, manusia ikan, shandia, Wotan, Modified Human, Kinokobito, Lunarian, dan lainnya yang tersebar di banyak pulau yang mereka tempati. Ada ras unggul dan ras rendah yang biasanya berstatus sebagai budak.
Terdapat cita luhur yang perlu kita gali dari manga ini. Yakni dalam rangka penyemaian sikap toleransi dalam menghadapi keragaman. Menyikapi perbedaan bukan sebagai ancaman yang mesti kita bumi-hanguskan. Intinya menumbuhkan sebuah pemahaman bahwa perbedaan seperti warna yang semakin banyak warna mengitari, maka semakin banyak pula rona keindahan yang tampak.
Satu hal yang perlu kita garisbawahi bahwa keragaman budaya, ras, dan suku, bukan hanya ada dalam dunia fiksi dan imaji saja, tapi benar-benar hidup dan eksis dalam kehidupan nyata. Misalnya kita kaitkan dengan Indonesia.
Negara yang menyandang sebagai negara dengan komunitas muslim terbesar di dunia itu tercatat memiliki sekitar 1340 suku bangsa yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia sebagaimana Badan Pusat Statistik laporkan pada tahun 2010, belum lagi kekayaan budaya dan bahasanya.
Keragaman adalah Keniscayaan
Dari konteks tersebut, kemudian saya teringat dengan sebuah ayat yang sering terdengar sana-sini dalam banyak forum.
يا أيها الناس إنا خلقناكم من ذكر وأنثى وجعلناكم شعوبا وقبائل لتعارفوا، إن أكرمكم عند الله أتقاكم.
“Wahai Manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu adalah orang yang paling bertakwa”. (QS. Al-Hujarat ayat 13)
Ayat tersebut mengajarkan bahwa eksistensi keragaman adalah keniscayaan yang tidak dapat kita ganggu-gugat keberadaannya. Dengan kata lain, menolak perbedaan sama dengan melawan kehendak dan ketentuanNya.
Dalam konteks keindonesiaan yang terpenuhi dengan banyak perbedaan. Baik keanekaragaman suku, budaya, ras, bahasa, dan juga agama. Isu SARA sering kali dibentur-benturkan. Sehingga tidak sedikit yang tersulut emosi, dan terjadilah kekerasan berbasis SARA.
Salah satu faktor yang menjadi pemicu gesekan pertikaian berbasis SARA adalah karena tidak mengenal. Karena tidak mengenal berarti tidak mengetahui, karena tidak mengetahui berarti tidak ada komunikasi atau dialog satu sama lain. Segala bentuk ketidaktahuan atau tidak saling mengenal maka rentan akan memantik permusuhan.
النَّاسُ أَعْدَاءُ مَا جَهِلُوْا
“Manusia menjadi musuh atas apa yang tidak diketahuinya”
Pepatah Arab tersebut cukup mewakili ketika kembali pada apa yang dialami Oden saat menjumpai masyarakatnya yang begitu eksklusif, Secara tersirat hal tersebut mengingatkan bahwa jangan-jangan kita bersifat ekstrem pada mereka yang berbeda, karena kita tidak saling mengenal atau kita yang kurang jauh mainnya, ternyata masih banyak jenis suku dan ras yang berbeda di luar sana.
Padahal tujuan ideal dari perbedaan yang ada merupakan upaya untuk saling mengenal. Tidak heran bila ada pepatah bijak yang bilang “tak kenal maka tak sayang” bagaimana mau menumbuhkan sikap kasih dan sayang jika mengenal saja begitu enggan?
Ini bukan hanya berlaku pada SARA, tapi juga berlaku pada segala bentuk perbedaan, termasuk pandangan keagamaan, betapa pun berbedanya sebuah pendapat yang diyakini dengan keyakinan arus utama, bukan berarti halal dipersekusi dan dipinggirkan. Kasus-kasus peminggiran aliran Syi’ah dan Ahmadiyah, juga Baha’i misalnya atau beberapa kelompok minoritas lainnya saya rasa adanya jarak yang merentang jauh satu sama lain karena ketidaktahuan dan tidak saling mengenal satu sama lain.
Meneladani Sikap Gus Dur
Tidak berlebihan rasanya apa yang dikatakan Gus Dur, “semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin tinggi toleransinya”. Dengan kata lain, semakin banyak kita mengenal perbedaan, maka semakin terbiasa kita dengan kemajemukan yang niscaya itu.
Segala bentuk perbedaan yang ada, kesemuanya mewarnai keindonesiaan yang majemuk semakin berona. Pelangi yang indah bukan karena warnanya yang seragam tapi lantaran ragam rupa warna yang dimilikinya. Begitu pun Indonesia bak pelangi yang akan tampak menawan jika warna perbedaan itu saling bersanding satu dengan damai. []