Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Bahaya Keserakahan dan Belajar Hidup Lebih Bermakna Lewat Film Dokumenter “Greed – A Fatal Desire”

Salah satu cara untuk menjadi bahagia, adalah dengan memaknai kematian. Pepatah Latin kuno mengajarkan memento mori

M. Naufal Waliyuddin M. Naufal Waliyuddin
24 Januari 2024
in Film
0
Film Dokumenter

Film Dokumenter

925
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Mengisi pergantian tahun ini, sepertinya film dokumenter bisa menjadi opsi menantang. Tidak hanya menyajikan hiburan sensorik lewat audiovisual, ia juga mengajak benak penonton untuk merenung. Terutama isinya membahas perihal “maut”.

Tapi tenang saja, kontennya tidak menyodorkan gambar-gambar mayat, adegan horror, ataupun kengerian. Melampaui itu, film dokumenter ini membersamai penonton untuk bertanya perihal hidup. Juga bagaimana ketakutan akan mati bisa membuat manusia sedemikian obsesif terhadap banyak hal.

Homo Mortalis, Kita Semua Fana

Dalam narasi pembukanya, tercantum kutipan dari seorang antropolog Ernest Becker: “the idea of death, the fear of it, haunts the human animal like nothing else.”

Kengerian akan maut telah menghantui umat manusia melebihi apa pun. Mau beragama maupun atheis, kematian adalah absolut dan fakta empiris kehidupan. Berbekal rasa takut implisit ini, baik disadari atau tidak, manusia membangun banyak hal.

Sebagai (mungkin) satu-satunya makhluk yang “hidup dan sadar” bahwa dirinya ada, kita menanggung berkah sekaligus kutukan. Kita sadar bahwa kita sekarang eksis di sini—dan karenanya—suatu saat kelak akan tidak di sini lagi. Menjadi tiada (mati). Dan kesadaran itu membuat manusia menjadi gusar.

Karena takut mati dan terlupakan inilah kita ingin memiliki keturunan. Kita juga ingin menulis buku-buku hebat, membangun peradaban, budaya, mendirikan piramid, Burj Khalifa, candi Borobudur, dan lembar-lembar cerita yang menjadi sejarah.

Dalam puisi saya, pernah kerisauan eksistensial sebagai debu kosmik ini saya ilustrasikan demikian:

semesta berdansa
cakrawala menyusut
bintang-bintang menari
menuju mati
: satu penyatuan yang
menghancurkan segala belum
menjadi sudah
dan kelak hanya akan terkenang
sebagai pernah

Manusia, Organisme Kemaruk: Sebuah Paradoks

Film dokumenter ini berjudul lengkap Greed – A Fatal Desire: Money, Happiness & Eternal Life. Karya besutan Jörg Seibold ini isinya multifragmen, bergulir dari satu topik ke topik lainnya. Lewat film ini, Seibold mengajak seorang psikolog sosial sebagai narator ulung.

Namanya Sheldon Solomons. Darinya, arus cerita mengalir mulai isu kecemasan, narsisisme, obsesi pemilikan, neurosains tentang keserakahan, krisis lingkungan, hingga konsumerisme, musik, spiritualitas, serta betapa peliknya organisme bernama manusia.

Tayangan ini mempotret manusia sebagai individu yang paradoks. Manusia peduli dan penuh kasih sayang. Tapi mereka juga egosentris dan sembrono. Manusia memberi dan menciptakan. Mereka juga membunuh dan menghancurkan.

Selain itu, di sepanjang karir kesejarahan dan kebudayaan manusia, keserakahan begitu menonjol. Sifat kemaruk ini, ironisnya, justru mengantarkan manusia kepada “tragedi raja midas”. Sebuah alegori di mana apa pun yang disentuhnya akan menjadi emas, dan imbasnya, ia jadi tak bisa makan dan mati kelaparan plus dahaga akut.

Keserakahan itu tak lain adalah sempilan dari aktivitas menjauhi kematian. Manusia mengumpulkan aneka sumber daya untuk mempertahankan hidup. Hampir semua aktivitas kita sejatinya adalah menunda kemusnahan diri.

Salah satu wujud eskpresi menjauhi kematian antara lain adalah narsisisme. Kita gandrung pada diri sendiri dan mengaku sebagai pusat dunia. Istilah ini diambil dari mitologi Yunani, tokoh Narcissus. Cerminan watak kecanduan akan ego dan pantulan dirinya sendiri.

Narrator membunyikan suaranya secara puitis: “We too, like to see ourselves as the center of the world…. Are we like narcissus, addicted to our own egos?”

“Apakah kita seperti Narcissus, candu akan ego kita sendiri?”

Tiga Obsesi Manusia: Uang, Kebahagiaan, dan Hidup Abadi

Manusia selalu termotivasi untuk memiliki banyak hal. Ini tertanam juga di bagian otak secara evolusioner. Bagi spesies homo sapiens, mengumpulkan sebanyak mungkin sumber daya adalah siasat bertahan hidup. Karenanya di era sekarang pun banyak manusia terobsesi menumpuk kekayaan. Bicara secara psikologis, ini menamsilkan bahwa dengan mengumpulkan sebanyak mungkin memberi kesan seolah-olah mereka dapat hidup selamanya.

Di tahap ini persoalan merembet ke budaya konsumerisme. Sheldon Solomons, selaku psikolog sosial, menjelaskan kalau tidak ada salahnya dengan menjadi konsumen. Untuk tetap hidup, seseorang tentu butuh mengonsumsi. Namun demikian, akan menjadi masalah jika manusia sudah “terkonsumsi oleh konsumsi” (consumed by consumption).

Manusia tetap membeli sesuatu sampai tetes terakhir napas hidupnya. Di sinilah sepatu-sepatu branded menumpuk di rak, koleksi pakaian berlebihan di lemari, aneka riasan wajah, pajangan dinding, hingga kendaraan yang jumlahnya lebih dari ukuran pantat dan luas tubuhnya.

Mulai muncul masalah baru: ketimpangan. Menjadi kaya memang bukan sebuah dosa. Akan tetapi, seperti ujar Filsuf dan Musisi Afrika di film ini, “jika kamu menyetir Mercedez Benz atau Rolls-Royce di sebuah lingkungan di mana tetangga miskin dan orang-orang kelaparan hingga nyaris mati, maka itulah hal terburuk yang dapat dilakukan manusia.”

Dokumenter ini secara apik dan halus mengajarkan penontonnya pada gaya hidup sederhana dan merasa cukup (content). Dalam Islam banyak orang sudah tahu konsep syukur dan qana’ah. Ini berjalan seiring tantangan global agar melestarikan lingkungan. Bahwa untuk menggapai hidup berkelanjutan (sustainable development goals), kita perlu belajar pada banyak tradisi orang rimba, ajaran spiritualitas yang tidak kemaruk, dan mengantarkan pada kebahagiaan.

Memaknai Kematian

Dan salah satu cara untuk menjadi bahagia, adalah dengan memaknai kematian. Pepatah Latin kuno mengajarkan memento mori. Ingatlah bahwa suatu saat jasadmu akan lapuk. Dan kau mungkin kelak terlupakan. Karena itu, maknai hidup dengan mengerjakan hal-hal baik yang membuatmu tenang, damai, dan syukur-syukur jika beruntung, bisa pula dikenang orang banyak.

Sastrawan Albert Camus pernah menulis: “there is only one liberty, to come to terms with death, therafter anything is possible.” Dengan sadar akan kematian, seseorang dapat bebas, dan menjadikan segalanya mungkin.

Paribahasa Latin juga mempertegasnya dengan carpe diem (Inggris: seize the day). Lebih spesifik lagi, Nabi Muhammad pun menggarisbawahi ciri orang paling cerdas adalah mereka yang paling banyak mengingat mati dan menyiapkan bekal menghadapinya.

Dari dokumenter ini, banyak anasir nilai yang menyusup ke relung batin. Ia juga menyentuh empati penonton agar juga tidak berbuat kerusakan di muka bumi, tempat anak cucu kita tinggal kelak. Sebab sebagaimana ujar teolog Jerman, Dietrich Bonhoeffer, bahwa “puncak ujian moral masyarakat terlihat dari dunia seperti apa yang akan diwariskan pada anak cucunya”.

Ihwal demikian pun tampak kecil namun tegas di film. Jörg Seibold menyiratkan pesan itu secara tersembunyi lewat kalimat akhirnya: “dedicated for my kids and all other children”.

Melalui film dokumenter ini, yang sudah tersedia secara terbuka di kanal Youtube DW Documentary, seolah ingin mengajarkan kita untuk lebih sadar pada kematian dan mengisi hidup agar lebih bermakna dan manfaat. []

Tags: film dokumenterkebahagiaankematianmanusiaRenungan
M. Naufal Waliyuddin

M. Naufal Waliyuddin

Redaktur metafor.id. Peneliti swadaya seputar generasi muda dan sosial keagamaan. Alumni Tasawuf Psikoterapi dan Interdisciplinary Islamic Studies. Pegiat literasi dan seni yang kerap menulis dengan nama pena Madno Wanakuncoro.

Terkait Posts

ODGJ
Personal

ODGJ Bukan Gila, Mereka Hanya Hilang Kesadaran

26 September 2025
Terjebak dalam Kehidupan
Personal

Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

13 September 2025
Mereset Hidup
Personal

Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

3 September 2025
Bersaudara dengan Alam
Aktual

GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

2 September 2025
Kemerdekaan Jiwa
Personal

Dari Lembah Nestapa Menuju Puncak Kemerdekaan Jiwa

22 Agustus 2025
Hakikat Merdeka
Hikmah

Kemuliaan Manusia dan Hakikat Merdeka dalam Surah Al-Isra Ayat 70

19 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID