Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

2 Karakteristik Orang Religius yang Perlu Diwaspadai: Perspektif Psikolog Rollo May

Ada gejala umum orang tua dari latar belakang religius yang ‘kesurupan Tuhan’ sehingga mendiktekan segala alur dan tahap-tahap perilaku untuk sang anak

M. Naufal Waliyuddin M. Naufal Waliyuddin
7 Februari 2024
in Buku
0
Orang Religius

Orang Religius

871
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Menjadi orang religius tidak serta-merta membuat seseorang menjadi pribadi yang menyenangkan. Ada banyak batu sandungan di sana-sini. Kepatuhan buta, rasa superioritas, hingga keterpelesetan egoistik sering membumbui karakter individu yang religius. Lebih tragis lagi, ini tidak saja menjangkit secara individual, tetapi bahkan bisa membengkak menjadi gejala kolektif.

Dalam pandangan psikologi eksistensial, ada suguhan menarik dari Rollo May terkait hal itu dan penting untuk kita perhatikan. Dalam bukunya Manusia Mencari Dirinya (terj. Afthonul Afif, 2019), ia menggarisbawahi dua karakteristik menonjol dalam diri pribadi yang religius.

Pertama: Punya Gairah Lebih Besar

Berbeda dari warga agnostik, atheis atau individu biasa yang sering kali datar-datar saja, orang yang religius bagi Rollo May cenderung memiliki “gairah” yang lebih besar. Mereka punya kecenderungan semangat yang lebih besar ketimbang rerata orang untuk melakukan sesuatu terhadap diri mereka sendiri dan kehidupan mereka (hlm. 258).

Sikap demikian memancarkan bukti rasa kepercayaan diri orang dalam hal makna dan nilai hidup. Di kutub positif, ini dapat menjadi kontribusi konstruktif dalam membentuk kematangan individu. Poin tersebut tentu saja berbenih manis pada pola pikir pertumbuhan (growth mindset) dan keberagamaan seseorang.

Sementara di kutub negatif, tendensi demikian juga bisa memunculkan duri: merasa superior dan merendahkan orang yang tak se-bergairah dirinya. Dengan kata lain, seseorang rentan mengidap sindrom “si paling benar” (self-righteous).

Konsekuensi mentalitas semacam itu mengantarkan pada hubungan sosial yang tidak sehat, hingga sangat mungkin mengarah pada tindak diskriminasi, bahkan—dalam dosis kolektif yang fatal—pembantaian massal.

Kedua: Hak Suci untuk Dipedulikan

Mereka yang religius kerap merasa “punya hak suci untuk dipedulikan”. Rollo May menilai sikap mental ini sebagai salah satu penghambat terbesar bagi perkembangan orang. Ini dapat mencegah individu untuk mencapai kematangan dan integrasi kepribadian. Jika tidak terpenuhi, mereka merasa tidak kita hargai dan sering menunjukkan sikap permusuhan (hostility).

Kondisi seperti itu, di level yang lebih dalam, mengindikasikan sikap kebergantungan akut. Tidak jarang pribadi religius sudah terbiasa belajar bahwa kebahagiaan dan kesuksesan akan mengikuti “sikap manis” mereka, berupa “ketundukan” dan “patuh”. Seolah-olah mengesankan ekspektasi berbunyi, “kan saya sudah taat, religius, saleh, jadi orang lain harus membantu dan peduli dengan hidup saya.”

Di sinilah terjadi gesekan dan benturan dengan realitas. Karena kebahagiaan dan keberhasilan bukanlah doorprize dari kebajikan. “Kebahagiaan dan kesuksesan hidup adalah kebajikan itu sendiri,” ucap Spinoza. Dengan kata lain, anda tidak berbuat baik agar bahagia dan sukses, tetapi menjadi bahagia dan sukses adalah perbuatan baik itu sendiri.

Kemarahan Terpendam

Pada titik itu, tidak aneh jika orang religius kemudian merasakan amarah dan kebencian yang tertahan. Perasaan ini tersembunyi dan mereka pendam ketika orang-orang di sekitar mereka nyatanya tidak peduli dengannya.

Kemarahan terpendam inilah yang ikut mewarnai dinamika bagi tuntutan-tuntutan untuk dipedulikan. Rollo May memberi ilustrasi:

“orang ini diam-diam seolah sedang mengatakan: ‘Aku dijanjikan mendapat perhatian jika aku patuh: lihatlah betapa patuhnya aku, tapi mengapa aku tidak dipedulikan?’”

Kepercayaan semacam ini sering pula memicu tumbuhnya perasaan bahwa seseorang memiliki hak untuk berkuasa atas orang lain. Orang jenis ini, dalam aneka wujud dan levelnya di masyarakat, akan melakukan berbagai cara untuk berkuasa atas sesamanya.

Gejala Pengalihan (Transference)

Salah satu strategi mereka dalam menebar jaring keberkuasaan atas orang lain adalah transference. Semacam taktik pengalihan dengan menautkan diri kepada sosok-sosok ideal seperti para nabi, pendeta, kyai, pastur, rabi, atau siapa saja yang dianggap memiliki kuasa dan kehormatan lebih tinggi dibanding diri sendiri (hlm. 264). Dan ini tidak berhenti di ranah keagamaan saja, tetapi juga di sektor politik, sosial sehari-hari, hingga kebudayaan luas.

Tindakan itu menyingkapkan kelemahan seseorang yang tak bisa bertanggung jawab atas diri sendiri. Di sisi lain, banyak kita jumpai orang-orang yang menunggangi hierarki semacam itu untuk memanipulasi dan menundukkan pihak liyan. Pada gilirannya mereka bersikap manipulatif. Ada yang mengatasnamakan berkah, ada juga yang mengendarai ‘budaya kualat’. Ringkasnya, mereka gemar merujuk figur penting demi kepentingan udelnya sendiri.

Merembet ke Parenting

Menariknya, Rollo May tidak berhenti di situ. Ia menarik garis pola sejenis ke dalam ranah pengasuhan (parenting). Ada gejala umum kalangan orang tua dari latar belakang religius yang ‘kesurupan Tuhan’ sehingga mendiktekan segala alur dan tahap-tahap perilaku untuk sang anak. Hal ini semakin serius dan parah mengingat banyak doktrin religius yang mengagungkan posisi orang tua agar kita patuhi.

Rollo May menulis:

“Ketika seseorang melihat dirinya sendiri sebagai juru bicara dan rekan Tuhan, tidak ada batas bagi kemungkinan-kemungkinan untuk mengklaim dan menyombongkan kekuatan diri sendiri di hadapan orang lain.” (hlm. 256).

Para orang tua jenis ini sering kali bersandar pada keyakinan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi orang beriman untuk menyerahkan diri ke dalam arahan orang tua. Itu karena kehendak orang tua (dinilai) adalah perpanjangan tangan dari “kehendak Tuhan”. Di titik inilah banyak intervensi, mulai dari pemilihan jodoh, jenjang karier, pengaturan hobi, dll. Dan konflik pun pecah. Kehendak anak sebagai manusia seutuhnya akhirnya dikesampingkan.

Tumbuhnya anak-anak menjadi pribadi yang bebas sering membuahkan kecemasan mendalam bagi orang tuanya. Anak bebas = orang tua cemas. Sementara konflik bermunculan dan semakin kompleks. Ini karena anak muda yang berjuang demi kebebasannya sering dihantui rasa bersalah (guilty) jika dia tidak patuh pada arahan orang tua.

Sedangkan untuk menjadi pribadi yang utuh, mandiri, dan terintegrasi kepribadiannya, seseorang perlu bergantung pada kekuatannya secara personal. Bukan dengan menautkan diri ke orang lain yang dianggapnya lebih mampu—baik itu orang tua, kyai, pendeta, dan siapa pun.

Sikap Realistis yang Meredup sehingga Merepotkan

Beranjak dari situ, satu hal lagi yang tak kalah penting. Telah ada semacam pola umum di kalangan religius: banyak dari mereka telah menghapus sikap realistis terhadap uang. Rollo May mencermati, di banyak lingkungan keagamaan, membincangkan perihal uang dianggap “tidak terpuji”.

Tentu di saat bersamaan mereka pun sadar, kalau Tuhan tidak akan mengirimkan slip gaji lewat burung merpati. Namun begitu, masih banyak orang religius yang bersikap demikian sehingga menggantungkan diri dengan berekspektasi pada ‘kasih Tuhan’ lewat santunan orang lain.

Karena mereka sudah (merasa) patuh, diam-diam mereka mengharapkan kehidupan materi dan finansialnya dimudahkan—tanpa bekerja mencari uang. Meski terasa halus dan tak kentara, ini mengisyaratkan sebuah sikap pamrih tapi malu-malu untuk mengaku.

Melihat ini, perlu kita kenang lagi satire Albert Camus berikut:

“It is a kind of spiritual snobbery that makes people think they can be happy without money.”

Adalah sebuah keangkuhan spiritual saat orang berpikir bahwa mereka bisa bahagia tanpa uang.

Rollo May lanjut mengutip Spinoza untuk menampar kita:

“Barang siapa mencintai Tuhan secara sungguh-sungguh, tidak boleh baginya berharap dicintai kembali oleh Tuhan.”

Mudah-mudahan sanggup mewaspadai aneka kecenderungan ini. []

Tags: agamaKeberagamaanKesadaran BeragamaManusia ModernPerilaku KeagamaanpsikologiRelasi horizontal sesama manusia
M. Naufal Waliyuddin

M. Naufal Waliyuddin

Redaktur metafor.id. Peneliti swadaya seputar generasi muda dan sosial keagamaan. Alumni Tasawuf Psikoterapi dan Interdisciplinary Islamic Studies. Pegiat literasi dan seni yang kerap menulis dengan nama pena Madno Wanakuncoro.

Terkait Posts

Film PK
Film

Menyoal Esensi Beragama, Film PK Mengajarkan Soal Cinta dan Kemanusiaan

1 Oktober 2025
Penghormatan Kepada Ibu
Keluarga

Pentingnya Penghormatan kepada Ibu, Meski Beda Agama

26 September 2025
Panggung Maulid
Pernak-pernik

Panggung Maulid: Ruang Kreatif Gen Z Menyemai Cinta Rasulullah

7 September 2025
Pendidikan Agama
Hikmah

Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

5 September 2025
Deligitimasi Otoritas
Aktual

Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

3 September 2025
Hari Kemerdekaan
Publik

Hari Kemerdekaan dan Problem Beragama Kita Hari Ini

20 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID