Yang menarik untuk dinyatakan adalah bahwa kesaksian dalam hal-hal spiritual, keimanan, dan yang menyangkut hubungan vertikal hamba dengan Khaliknya sama sekali tidak membedakan laki-laki dan perempuan.
Mubadalah.id – Al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 282 sesungguhnya hanya satu dari sekian banyak ayat dalam al-Qur’an yang bicara tentang kesaksian. Kata “Syahadah” (kesaksian) dalam berbagai bentuk derivasinya disebutkan al-Qur’an tidak kurang dari 140 kali.
Jenis kesaksiannya pun banyak. Ada yang terkait dengan keimanan, keislaman, ketuhanan, kenabian, kesaksian akan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah.
Lalu soal kesaksian kebenaran janji dan ancaman Allah, kesaksian akan datangnya bulan Ramadan, kesaksian dalam transaksi perdagangan dan segala sesuatu yang terkait dengan harta kekayaan.
Kemudian, kesaksian dalam masalah perkawinan, seperti ruju’, wasiat, hudud, li’an, dan sebagainya. Pelaku kesaksian pun tidak terbatas pada manusia, melainkan juga rasul, jin, malaikat, bahkan Allah SWT.
Bahkan ada juga saksi “bisu” seperti anggota badan dan patung. Semua ini akan tampak jika kita membaca keseluruhan ayat al-Qur’an tentang kesaksian.
Tidak Satu Pola
Yang menarik untuk dinyatakan adalah bahwa kesaksian dalam hal-hal spiritual, keimanan, dan yang menyangkut hubungan vertikal hamba dengan Khaliknya sama sekali tidak membedakan laki-laki dan perempuan.
Hanya dalam soal-soal hubungan antar manusia saja masalah gender yang mengemuka. Itu pun hanya ada secara eksplisit dalam QS. al-Baqarah ayat 282 tentang kesaksian dalam transaksi utang piutang.
Sementara ayat lain yang menyebut angka saksi, yakni empat orang untuk kasus perzinaan (QS. an-Nisa ayat 15 dan an-Nur ayat 4).
Lalu, dua orang untuk saksi wasiat (QS. al-Maidah ayat 106) dan ruju’ (QS. ath-Thalaq ayat 2). Semuanya tidak menyebutkan bahwa ayat itu hanya berlaku untuk laki-laki.
Bahwa dalam pemahaman fiqh kemudian ada yang melakukan pembatasan, itu soal lain. Yang jelas al-Qur’an sendiri tidak eksplisit menyatakan demikian.
Bahkan dalam hal menolak tuduhan zina, kesaksian istri yang merasa tidak berzina. Namun tidak bisa menghadirkan empat orang saksi diterima kesaksiannya seorang diri setelah empat kali bersaksi dengan menyebut nama Allah bahwa dirinya benar dan suaminya salah.
Empat kali sumpah istri yang menolak tuduhan zina ini sama jumlahnya dengan empat kali sumpah suami yang melontarkan tuduhan kepada istrinya tanpa ada saksi mata selain dirinya.
Bahkan dalam kasus yang demikian kesaksian istri langsung diterima dalam arti tuduhan zina atasnya menjadi gugur. Demikianlah al-Qur’an menjelaskan hal ini secara gamblang dalam QS. an-Nur ayat 6-8. Soal siapa yang benar di antara keduanya, adalah Allah Yang Maha Tahu.
Melihat variasi ayat kesaksian dapatlah kita katakan bahwa kesaksian perempuan dalam al-Qur’an tidak boleh kita patok dalam satu pola, yakni bahwa kesaksian perempuan bernilai setengah kesaksian laki-laki. Sebagian besar ayat kesaksian malah tidak mempersoalkan gender. []